Nyalon di Purrel

Anakku akhirnya nyalon juga.. setelah sekian lama urusan potong rambut selalu di handle sama eyang uti nya, akhirnya kemarin tanggal 27 maret 2011, tania ngerasain juga motong rambut di salon Purrel Kids lengkap dengan ritual seperti keramas, di gunting dan terakhir di blow..untuk ritual yang terakhir ini aku sama ayah udah khawatir karena tania takut banget sama suara hairdyer tapi ternyata alhamdulillaaahhh semuanya lancar dan tania nurut selama ritual nyalonnya.


pertama dateng, tania langsung di ajak keramas sama om nya ( hairstylist) dari purrel dan tania memilih menggunakan shampoo strawbery dibanding shampoo lainnya. selama keramas dia menikmati banget karena emang keramasnya pakai air hangat jadi si anak ngga akan kaget..trus lanjut di gunting rambutnya dengan duduk manis di kursi mobil mobilan sambil nonton playhouse disney, tania sedikit tegang tapi ngga nangis dan nurut ketika si om nya nyuruh nunduk ataupun dongak.. emang sih tania bergerak gerak sedikit tapi masih bisa aku kendalikan.. wajarlaaah.. untung si om nya sabaar banget dan telaten.. jadi si anak juga ngga takut sama sekali.. lucu nya pas di potong poni, si om itu kan sedikit menarik rambut kebawah eh tania kepalanya ngikutin arah tarikannya jadi nunduk banget gituh.. lucu deh :D

Ritual terakhir, si om ambil hairdyer mau ngeblow.. aku sempet ketakutan klo tania bakal ngejerit tapi ternyata ngga sama sekali.. dia malah enjoy di blow walau mukannya sedikit tegang juga sih awalnya.. tapi so far anak mama ini hebat bangeett..


selesai potong rambut, karena sudah malem kita jadi ngga bisa berlama lama main disitu padahal di situ lumayan banyak mainannya.. tania cuma main sebentar ajah di playground kecilnya..dia cuma nyoba sekali ajah untuk semua permainannya.. oia pas mau pulang kita di kasih minuman kotak gratis + balon bikin tania makin happy.. wahh bisa ajah ya manajemennya memikat hati anak anak..pokoknya kami bertiga puas deh sama pelayanan disini.. untuk harga juga masih lebih murah di banding salon untuk anak yang ada di mall..

info detail nya :

PURREL SALON FASILITAS :
tempat bermain,kursi mobil,cartoon tv

alamat :
 
Jl. Wolter Monginsidi 64A
Santa, kebayoran baru
Jakarta Selatan
tlp : 021 7267759
sms : 081519062038
Twitter : @purelkidssalon

perkembangan si chewy

bermain sama chewy





masih inget sama anak ayam peliharaannya tania?? anak ayam yang namanya chewy yang pernah aku ceritain disini

ngga nyangka deh ternyata si chewy itu bisa kita pelihara terus sampai sekarang, awet banget dari bulan november..padahal dulu itu, si chewy pas hari pertama udah nyaris mati karena berantem sama tikus tapi karena di obatin sama tita si chewy masih hidup sampai sekarang..thanks to tita..kisskiss

foto diatas menunjukkan kondisi si chewy saat ini..makin gede dan sedikit bloon kalem.. karena si chewy ini kita pelihara dikandang yang kecil dan jarang kita  biarin main keluar jadi si chewy ini sedikit jinak dan kalem.. tapi kasian si chewy bentuk kaki nya sedikit pengkor karena kandang yang ada sekarang udah kekecilan banget sedangkan dia nya nambah tinggi.. sebenernya sih kita udah mau lepasin chewy atau mau di kasih ke orang untuk di lanjutkan pelihara atau di potong.. karena kita sendiri ngga tega untuk motongnya :'(  tapi kita ngga di bolehin sama tania...

Apa tania takut main sama chewy?? jawabannya ngga sama sekali.. walau udah segede gituh tania tetep antusias dan berani banget main sama chewy.  aku sendiri ajah udah takut banget.. ngga pernah mau megang tapi sama tania si chewy di ajak lari lari trus di tangkep dan di gendong gituh.. ampuunn...
kemaren tania sedikit bingung karena si chewy udah numbuh jengger nya.. dia bilang gini..

"ma.. kok chewy nya jadi gini sih??kok kya ayam berkokok.." sambil nunjuk ke jengger nya chewy.

wkwkwkkwwkw.....kita semua yang dengerin ketawa ngakak...

Outfit


Sekali sekali mau posting tentang outfit nya Tania ya..
kostum buat kondangan tapi kok casual ya???abis kondangan nya santai sih :)


Top: Donita
Cardigan : Zara for kids
Legging : Unbranded
Shoes : Cool girls

Tasnya ngga banget deh... tapi dia maksa mau sambil megang tas itu, sebenernya isi tas nya itu air minum plus snack buat dia.. itu tas gambar barbie dan dapet dari goodie bag ultah temennya :D

Edisi keluh kesah

Sore ini kok aku ngerasa sumpek banget yak.. ada banyak keluh kesah yang ada di hati ini tapi entah aku bingung mau di apain dan rasanya cuma bisa di ungkapkan kepada sang Maha Pencipta dan meminta pertolongannya..karena hanya Allah yang bisa membantu untuk keluhanku kali ini..

kenapa ngga di share sama sahabat or teman?kali ini ngga bisa deh..karena aku tau ngga akan menemukan solusi...klo seandainya gw ngga lagi mens, mungkin gw akan berkeluh kesah pas sholat ashar, sayangnya sore ini aku ngga bisa jadi cuma berasa sesek didada dan pengen teriak rasanya...

fiiiiiiiuuuuuuuuuhhhhhhh.... ampuni aku ya Allah.....
ya Allah, lancarkan dan mudahkanlah semua nya..berikan lah kejelasan atas semuanya....
dan aku akan menjalankan nazarku bila semuanya tercapai...
semoga semuanya lebih baik ke depannya nanti... amiiieeeennnn...

Menjadi Orang tua, hidup pasti berubah...

Dulu aku pernah nulis klo menikah itu proses belajar dan sekarang aku pengen nulis tentang gimana perubahan hidupku semenjak di beri title "CALON MAMA" sampai akhirnya beneran jadi " MAMA" pada tanggal 30 Juni 2008.

Ngga terasa udah 2 tahun 9 bulan aku jadi mama dan itu artinya udah kurang lebih 3 tahunan hidupku mulai berubah, sejak tau positif hamil langsung berubah, tadi nya ngga doyan susu jadi harus mau minum susu trus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh trus ngindarin yang namanya MSG dan mulai ngga bisa tidur tengkurep..* posisi tidur terlentang itu bener bener nyiksa karena emang aku ngga terbiasa tidur setengah tengkurep sambil meluk guling.. bukan itu ajah bulan demi bulan aku nikmatin perubahan pada tubuh dan payudara ku yang tadinya kecil jadi makin membesar..terutama perut yang rasanya tiap hari kya ngegondol drum kemana mana belum lagi di tambah kaki bengkak bengkak dan BB yang naik sekitar 22 kg.. sekarang masih nyisa sekitar 5-6 kg an trus merubah bentuk tubuhku terutama bagian perut  :'( tapi biar bagaimana pun aku kangen banget masa masa itu... masa di manja dan masa saat merasakan keajaiban adanya mahluk hidup di dalam tubuh..


Pas Tania lahir, hidup makin berubah drastis malah sempet bikin stress.. dari mulai begadang trus nikmatin masa menyusui yang penuh perjuangan dengan nipple lecet, makan katuk tiap hari trus gimana susah nya nyetok ASIP, trus belum selesai itu sehabis melewati masa ASI eksklusif * Alhamdulillah...perjuangan nambah lagi dengan masa MPASI kudu nyiapin makanan homemade, untungnya untuk yang ini aku dibantu sama mama tercinta.. trus belum juga masalah pengasuhan yang kadang menguras emosi dan kesabaranku..
makin besar makin gampang memang untuk ngurus tania yang sekarang udah ngga seribet waktu bayi, tapi malah ujian nambah lagi karena sekarang ini dia makin kritis, makin ingin tahu, makin pinter, makin tinggi ego nya sehingga dibutuhkan effort yang cukup besar untuk membimbingnya biar menjadi pribadi yang baik di masa depan.. sumpeh ini PR yang amat sangat berat.. apalagi pas ikut seminar 2 kali makin berasa deh klo jadi orang tua itu ternyata ngga gampang ..

kayanya kok yang aku jabarin tentang susah nya ajah ya.. tapiiiii asli deh sumpah sejak jadi orang tua pun.. aku merasakan kebahagiaan yang luar biasa... ngga ada yang bisa ngebayar itu semua... aku merasakan cinta yang amat sangat cuma buat malaikat kecilku yang slalu manggil aku mama...yang selalu mau nempel dan membutuhkan aku ketika suasana apapun.. yang selalu ngekor di belakang pantat ku klo lagi manja nya keluar.. dan yang selalu ngomong " andddiiinnn kan sayaaaaanngg banget sama  mama .." kalimat itu sakti banget selalu sukses bikin aku meleleh lumer tak terdaya.. * lebay banget rasanya jiwa raga dan apapun akan di korbankan demi dia..

hidupku berubah sejak ada dia, sekarang klo mau jalan jalan selalu inget dia jadi rasanya berat bener klo mau jalan kemanapun tanpa dia..trus klo ke mall atau window shopping di OLS pasti lebih tertarik ke perlengkapan anak anak di bandingkan ke bagian sepatu atau baju utk diriku sendiri...trus klo ada apa apa pasti langsung inget ke anak..pokoknya semua jadi serba anak deh.. rasanya jiwa raga akan di korbankan buat anak...

hoiyah sejak punya anak juga, rasa empati makin bertambah trus setiap ngeliat anak kecil lebih respek trus klo ngeliat anak kecil yang kurang beruntung hati rasa nya miris banget.. sama kaya klo setiap pagi ngeliat para joki 3in1 yang ngegendong anaknya.. kasian anak anak kecil itu hampir semuanya masih ngantuk dan lesu...dan ibunya mungkin juga terpaksa bawa anak itu untuk mencari uang..hiks..hiks..pokoknya sedih deh..

satu inti dari postingan ini adalah yang paling berasa itu sejak punya anak egoisku  mereda serta kesabaranku pun bertambah..dan pastinya kebahagiaanku juga ikutan bertambaaahhh... syukur alhamdulillaaahh ya Allah...

Gelanggang Samudra 5 Maret 2011

Akhiiirnya bisa ke gelanggang samudra juga untuk pertama kalinya.. dulu waktu tania kecil pernah rencana kesitu sekalian kopdar tapi gagal jadinya ditunda-tunda dan baru sekarang terealisasi..itupun karena kebetulan punya voucher buy 1get 1 dan berlaku sampai tanggal 6 maret jadi ngga bisa ke undur lagi..soalnya lumayan banget kan klo pake voucher itu... pengiritan.com :D

kita pergi berempat ngajak adikku si tante tita, berangkat dari rumah rencana jam 10 tapi karena satu dan lain hal jadi molor deh maklum ngurus batita agak ribet  jadi jam 11 deh baru berangkat. Sesampainya disana langsung beli tiket 2 untuk berempat lumayan harusnya bayar 90 ribu x 4 jadi cuma 90 ribu x 2 :D

begitu masuk dapet jadwal pertunjukkan langsung mau atur strategi buat memilih mana aja pertunjukkan didahulukan mau di tonton dan biar kedapetan ngikutin semua pertunjukkannya, begitu aku dan ayah sibuk ngeliat jadwal, eh si tania begitu ngeliat badut lumba - lumba tania langsung lari ngejar badutnya karena dia mau minta foto bareng.. ampuunn deh nak.. segitunya kmu ngeliat badut.. alhamdulillah ngga sia sia sih ngejarnya dia jadi bisa foto bareng 3 badut sekaligus..hahahhaha...

selesai foto sama badut kita langsung menuju pertunjukan stunt man atau yang biasa di sebut scorpion. pertunjuakkan nya kurang lebih sekitar 15- 20 menit.. dan menurut ku ini pertunjukkan nya bagus dan seru..tania sempat kaget pas ada bagian orang naik jetsky melompat ke kobaran api.. dia minta pulang dan nangis.. tapi cuma sebentar setelah dibujuk dia diem lagi dan menikmati pertunjukan sampai habis..

habis dari sini langsung menuju atraksi lumba lumba, ini yang ditunggu banget sama tania karena dia tahunya mau pergi nonton lumba lumba dan dora.. atraksi lumba lumba dan singa laut ini berlangsung sekitar 15- 20 menit yang lama itu nunggu atraksinya di mulai.. aku ajah bisa sambil menikmati makan siang hehehhehe.. maklum emakirit dari rumah kita bawa perbekalan lengkap.

sepanjang atraksi singa laut dan lumba lumba, bukan hanya tania yang menikmati tapi aku, ayah dan tita juga menikmati... gemes rasanya sama binatang binatang itu.. lucu dan pinter semuanya... klo kata tita dia pengen melihara singa lautnya kalo bisa.. ya ngga mungkin kaleeeee...

Dari atraksi lumba lumba  kita langsung antri untuk masuk ke theatre 4 Dimensi dan jam 2 itu jadwal pertunjukkannya film Dora the explore.. disini antri nya yang lumayan lama dan enaknya disini antriannya dapet duduk semua jadi ngga cape banget.. disini lagi lagi ngantri di sambi makan dan kali ini yang makan itu ayah dan tania.. tapi tania susah banget makannya.. baru beberapa suap dia ngga mau makan lagi :(

pas masuk tania ngga takut sama sekali dia duduk manis sambil pake kacamata 4 D tapi sayang waktu pertama mulai dia sedikit kaget ketika bangkunya bergerak dan akhirnya dia nangis.. tapi setelah di pangku sama ayah, dia malah menikmati nonton dora nya sampe tangannya ikutan gerak mau ambil kupu kupu yang terbang mendekat..hihihihihi mungkin karena 4D jadi berasa deket banget... disini pertunjukkan sebentar banget paling sekitar 10 menitan..

habis dari 4D ini rencananya mau nonton pentas aneka satwa tapi kita harus menunggu pertunjukkan berikutnya jadi kita jalan ke akuarium air laut untuk lihat ikan yang lucu lucu bentuk maupun warnanya... pas selesai dari akuarium langsung duduk manis di tempat aneka satwa nunggu pertunjukan di mulai dan lagi lagi sambil ngemil.. kali ini tania ngabisin banyak biskuit dan yang lainnya ngemil chitato... selesai ngemil acara pun di mulai.. 

selama pertunjukkan ini kita di buat tertawa dengan aksi hewan yang lucu dan dimbangi oleh narator yang lucu juga jadi pas bangeeet.. disini binatangnya ada lumayan banyak seperti burung, linsang, beruang madu dan kuda nil alias si hippo.. atraksi nya juga lumayan beragam dari mulai goyang kepala, jalan di atas kaleng, naikin bendera, naik sepeda dan ber bagai atraksi lainnya..menghibur banget loh...

selesai nonton aneka satwa, ayah sama tita lanjut lagi mau nonton 4D tapi kali ini filmnya rada beda katanya seru yaitu pirates.. selagi ditinggal nonton 4D aku sama tania nunggu sambil ngeliat tania main lari larian disekitar arena 4D. oia aku sempet mandiin tania juga disini abis badannya lengket banget karena memang saat itu kan disana cuaca mendung dan ujan nya on off gituh jadi gerahnya itu gerah banget.. jadinya dimandiin aja deh biar nanti dia bisa tidur nyenyak di taksi. selesai mandi teteep masih lari lari juga :(

terakhir sebelum pulang tita sama ayah naik salah satu wahana kya balon terbang gitu, aku lupa namanya.. dan setelah selesai kita langsung pulang deh.. maklum udah jam 5 sore itu artinya udah kurang lebih 5 jam kita main di Ocean dream Samudra ( aka gelanggang samudra). cape, seneng dan puas pastinyaah.. untungnya lagi selama disana pas hujan besar kita lagi nonton pertunjukkan dan pas ujan gerimis kita pake payung dan tania duduk manis di stroller pake rainy coat nya..ternyata stroller yang pernah aku posting disini bener bener bikin aku puas.. nanti kapan kapan aku review ulang deh..  

Sampai maut memisahkan..

Semalem aku dapat kabar kalo istri dari teman SMU ku meninggal dunia karena kecelakaan.. inalillahiii wa inailahi rojiun.. pas dapet kabar itu aku langsung buka bbg smu dan ternyata kabar itu benar, istri temanku meninggal karena kecelakaan motor ketika sedang posisi membonceng sama temannya dan tragisnya temanku itu baru menikah kurang lebih 4 bulan yang lalu..tepatnya bulan oktober... hiks..hiks.. ga kebayang gimana perasaan temanku saat itu di tinggal sama istri tercinta nya.

semaleman jadi mikir gimana rasanya klo aku yang berada diposisi itu.... ngebayanginnya bikin hati ini mau nangis.. ngga kebayang gimana nanti nya deh..entah pingsan atau meratap atau apalagi yang aku ngga mau bisa ngebayanginnya.. karena ada rasa takut yang luar biasa klo ngebayanginnya... rasa nya diri ini belum siap deh mencintai karena Allah seperti yang pernah di bahas di salah satu postingan blog teman tentang ke ikhlasan mencintai karena Allah...


Awalnya waktu teman baik di kantor lama meninggal mendadak karena kena serangan jantung, aku melihat istrinya begitu kehilangan dan mungkin bisa dibilang butuh cukup waktu untuk mengikhlaskan suaminya pergi.. apalagi ketika aku membaca status2 nya di FB, terkadang jadi ikutan sedih karena sedikit merasakan gimana rasanya kehilangan..kalo yang ini nikahnya udh kurang lebih 6 tahun an klo ngga salah, dan sudah dikarunia 2 anak.. trus waktu ngeliat di TV gimana terpuruknya angelina sondakh di tinggal sama Alm. Adjie masaid.. ampuuuunnnn ikutan mau nangis rasanya.. dan makin takut rasanya kalau ditinggal orang yang kita sayangi dan cintai.... rasanya susah banget ya untuk belajar ikhlas mencintai karena Allah.. tapi tetep bismillah deh di niatin untuk bisa belajar  hal tersebut.. walau yakin banget akan suliiiittt...




Just intermezzo...sedikit dialog pagi dengan swami..

M: " kasihan ya ay.. si X itu ternyata jodohnya pendek.. baru 4 bulan udh ditinggal..klo aku masih ga kebayang deh gimana nantinya klo kya dia.."

A: "Makanya ma.. klo berdoa sekarang jangan semoga sampe maut memisahkan.. jadi belum tentu panjang jodoh nya..."

M: "oh iya ya.. berarti di ganti jadi sampai semoga berjodoh sampe kakek2 dan nenek2.. itu jadi panjang jodohnya.."

A: " ngga juga.. buktinya koes hendratmo udah kakek nenek tetep cerai...."

M: " trus apa dong ay??...."

A: " hhhmmm apa ya???...."

yeeee... dia mikir juga....
hayo kira kira gimana ya doa yang bagus untuk hal ini... semoga berjodoh sampe tua dan maut memisahkan... gitu kali ya yang benernya... ^_^

Seminar " Komunikasi Pengasuhan Anak"

Seperti ungkapan yang sering aku denger kalo " untuk jadi orang tua yang baik tidak ada sekolahnya namun kita harus terus cari informasi dan belajar untuk menjadi orang tua yang baik.”

Karena aku kan juga berusaha mau jadi orang tua yang baik buat anak-anakku nantinya makanya aku selalu cari informasi dari berbagai sumber salah satunya dengan ikutan seminar parenting.

Kebetulan Sabtu kemarin, aku ikutan sesi I dari rangkaian seminar parenting yang rencana nya diadakan 3 sesi oleh supermoms dan mommiesdaily dengan pembicara Ibu Elly Risman.

Untuk Sesi pertama ini Seminar mengangkat tema Komunikasi dalam pengasuhan anak, acara dimulai jam 9 pagi, untung nya aku ngga telat banget karena ada insiden Tania rewel pas mau aku mau berangkat.. akhirnya semuanya bisa teratasi dan sehari ini untuk pertama kali nya Tania di tinggal berdua dan akan diurus sendiri sama Ayahnya da dari bangun tidur…dan Ayah berhasil mandiin, nyuapin dan ngajak main Tania.. good job ay.. :*

Back to seminar, sepanjang seminar ini berlangsung aku dan peserta lainnya sangat sangat memperhatikan semua materi yang di berikan oleh Ibu Elly, karena emang cara penyampaiannya bagus dan cukup membuat para orangtua yang hadir saat itu merasa seperti tertampar namun juga tragis dan sedih mendengar semua yang disampaikannya.

Disini aku mau coba share beberapa hal dari hasil mengikuti seminar itu, tapi mohon maaf ya kalau tidak cukup baik penyampaiannya. Aku hanya mau berbagi ilmu agar kita semua bisa memperbaiki pola asuhan yang selama ini banyak digunakan oleh para orangtua sehingga dapat menghasilkan generasi yang baik untuk masa ke depannya bangsa ini… amiiieennn

Yuks kita mulai untuk share nya..
Menurut ibu Elly bahwa komunikasi dalam pengasuhan anak itu sangat penting karena bila kita salah dalam hal berkomunikasi atau berbicara tidak sengaja maka akan berakibat sbb:

  1. Akan melemahkan konsep diri anak kita nantinya
  2. Bisa membuat anak diam, melawan, menentang, tidak perduli dan sulit diajak kerjasama
  3. Menjatuhkan harga dan kepercayaan diri anak
  4. Akan merendahkan kemampuan berfikir anak nantinya
  5. Tidak terbiasa memilih & mengambil keputusan bagi diri sendiri
  6. Anak akan mempunyai sifat Iri terus..

Jika hal - hal tersebut diatas terjadi maka akan berakibat kepada jiwa anak yang labil, tidak percaya diri dan kosong, dan bila kesalahan komunikasi itu terus berlanjut dan tidak terpecahkan maka akan menimbulkan akibat seperti pacaran diusi dini, seks bebas, aborsi, putus sekolah, nikah muda, bercerai, narkoba, penybaran HIV dan yang paling terparah ada bunuh diri... * nauzubilah...
  

Oia sebelum lebih lanjut menyampaikan Materi, ada quote dari Ibu elly yang sangat Bagus


Jika Hati Senang, maka otak akan menyerap lebih banyak 

Dalam Seminar ini juga disampaikan  10 Kesalahan dalam berkomunikasi yaitu :

1. Berbicara tergesa -gesa
Dalam hal ini, disampaikan bahwa sering kali kita sebagai ortu berbicara kepada anaknya dengan terburu-buru contohnya saja klo pagi disaat seorang ibu yang sedang kerepotan ngurus pekerjaan RT dan si anak belum bangun dari tidur sedangkan si anak sudah terlambat utk ke sekolah.. biasanya si Ibu akan membangunkan anaknya dengan cara terburu buru dan ngoceh panjaaaaaaaaanggg... seringkali tidak disadari oleh para ortu bahwa dengan cara berbicara seperti itu maka pesan ataupun omongan yang kita sampaikan tidak bisa diterima dengan baik oleh anak, bahkan ada cenderung anak yang cuek mendengarkan hal itu.. dengan masuk kuping kanan lalu keluar kuping kiri..

2. Tidak kenal diri sendiri
Jika kita tidak mengenali diri kita sendiri, bagaimana kita mau dan bisa mengenali diri anak kita?

3. Lupa : Setiap Individu itu UNIK
Terkadang para Orang tua itu lupa bahwa setiap individu itu UNIK sehingga secara tidak sadar seringkali kita mulai membandingkan anak kita.

4. perbedaan : Needs & Wants 
Biasanya para Ortu sering merasa dirinya paling benar dan mereka tidak pernah peka dan mengenali apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anaknya sehingga sering terjadi kesalahpahaman.

5. Tidak Membaca Bahasa Tubuh
Sering kali Ortu tidak mengenali bahasa tubuh yang merupakan kode dari seorang anak untuk menyampaikan apa yang dia butuhkan dan apa yang dia inginkan.. dan jeleknya para orang tua kadang menutup diri ketika anak berusaha untuk menyampaikan kode tersebut.

6. Tidak mendengar Perasaan

7. Menggunakan 12 gaya populer dalam berkomunikasi dengan anak sbb:
  • Memerintah
  • menyalahkan
  • Meremehkan 
  • Membandingkan
  • Men cap/ label
  • Mengancam
  • Menasehati
  • Membohongi
  • Menghibur
  • Mengeritik
  • Menyindir
  • Menganalisa
contoh satu kalimat yang menggunakan beberapa gaya populer:

"Andin..ayo bangun..bandel banget sih kamu susah dibanguninnya..nanti kalo ketingggalan jemputannya, mama ngga mau anterin kmu ke sekolah.."

dalam kalimat diatas ada unsur memerintah (ayo bangun), menlabel (bandel banget sih) dan mengancam pada kata nanti kalo ketinggalan..

secara tak sadar kadang kita sebagai ortu sudah terbiasa menggunakan kalimat yg mengandung unsur populer tersebut.

lucunya secara tidak sadar kita juga sudah mengancam anak kita dari sejak lahir dengan lagu nina bobo..
"klo tidak bobo digigit nyamuk.." :D

8. Tidak memisahkan masalah siapa ?
biasanya sifat egois kita sebagai ortu masih sering keluar sehingga tidak bisa memisahkan masalah siapa dan yang ada kita hanya menyalahkan anak. begitu juga sebaliknya terkadang kita sebagai ortu suka tidak tegaan sehingga ikut membantu jika anak punya masalah padahal justru dengan bantuan kita itu anak akan menjadi manja dan tidak bertanggung jawab

contoh: 
anak terlambat bangun dan ketinggalan mobil antar jemput ke sekolahnya, terkadang kita ortu memberikan uang untuk anak naik ojek.. padahal hal tersebut tidak baik karena si anak menggampangkan masalah jika telat bangun. 

9. Kurang mendengarkan Aktif
kurang aktif disini adalah ketika mendengarkan anak bercerita masalahnya kita terkadang suka hanya mendengarkan saja ( pasif ) dan tidak ada respon sehigga kurang aktif

10. Selalu menyampaikan pesan Kamu
selalu menyampaikan pesan kamu itu maksudnya selalu berkata " kamu tuh ya.. bla..bla..." "kamu harusnya bla..bla..."

Pastinya kita ngga mau dong salah terus berkomunikasi ? Nah berikut ini kiat meningkatkan komunikasi yang disampaikan oleh ibu elly :

 
1. Bicara jangan tergesa-gesa
Yuks mulai sekarang rubah cara bicara kita, jika ingin agar pesan yang kita utarakan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita maka berbicaralah dengan santai, pelan dan pemilihan waktu serta suasana yang pas. Ya mirip lah sama seperti yang disampaikan iklan salah satu produk teh.. 

2. Belajar Untuk mengenali diri kita dan kenali lawan bicara kita
Yuks mulai belajar kenali diri sendiri agar kita tahu siapa kita dan setelah itu baru kita  kenali lawan bicara kita siapapun itu.

3. Ingat: setiap individu itu UNIK
Mulai sekarang BERHENTI membandingkan orang satu sama lain. Karena setiap orang itu unik dan memiliki perbedaan, kita tahu rasanya dibandingkan itu sangatlah tidak enak. Coba bayangkan jika kita sebagai ortu dibandingkan dengan ortu lainnya oleh anak kita sendiri pastilah sangat menyakitkan.

4. Pahami bahwa kebutuhan dan keinginan itu berbeda!
Yuks kita mulai belajar memilah lagi mana yang merupakan “kebutuhan” dan mana yang “kemauan”

5. Baca bahasa tubuh:
Yuks coba pelajari bahasa tubuh dari lawan bicara kita karena :
     - Tindakan itu bisa lebih berarti daripada sekedar kata-kata
     - Bahasa tubuh tidak pernah berbohong

Contoh:
Ketika anak sedang bersedih, kita bisa mengetahuinya dari bahasa tubuh nya dan lebih baik kita berikan pelukan kasih sayang dan belaian lembut Karena percuma jika anak sedang sedih kita banyak ngomong menanyakan kenapa dsb. Baru kemudian jika si anak sudah merasa lebih tenang pasti dia akan menceritakan semuanya..


6. Dengarkan perasaan
Yuks belajar mulai mendengarkan dan menyelami perasaan lawan bicara kita. kemudian ajak bicara seolah-olah kita juga ikut ngerasain.

Misal: "tadi kamu disekolah kamu di setrap? Pasti kamu malu ya…sekarang kamu cape juga dong berdiri seharian didepan kelas.. ”

7. Hindari 12 gaya populer & MKM
Yuks sebisa mungkin  hindari komunikasi dengan 12 gaya yang sudah dibahas sebelumnya karena tidak bisa di pungkiri masih banyak para ortu yang menggunakan gaya tersebut.

8. Tentukan: Masalah siapa?
Yuks mulai sekarang kita coba telaah terlebih dahulu  masalah yang timbul, ini merupakan masalah anak atau kita sebagai ortu? Kemudian, baru kita tentukan sebaiknya kita bantu atau dibiarkan saja? Hal tersebut untuk melatih anak untuk bertanggung jawab.

9. Mendengar aktif
 Stop untuk cuek terhadap anak kita, tapi biasakan untuk mendengarkan semua yang disampaikan oleh anak kita dan jadilah pendengar yang aktif yang banyak memancing sehingga anak bisa nyaman dan bercerita banyak bukan hanya sebagai pendengar yang Cuma sekedar iya..iya…

10. Sampaikan Pesan saya
Yuks mulai merubah cara penyampaikan apa yang kita rasakan dengan mengatakan apa yang kita rasakan dengan disertai sebab dan akibatnya. Ini akan lebih baik daripada kita hanya ngoceh ngga karuan.

Contoh:
“ kamu bandel banget sih makan nya susah banget “
Lebih baik kalau diganti menjadi seperti ini
“ mama kesal deh kalo kamu tidak mau makan soalnya nanti kalo ngga makan kamu akan sakit perut karena kelaperan “

Ini salah satu yang akan aku coba klo Tania mulai GTM nya :D

untuk memulai berubah menjadi lebih baik dalam hal komunikasi pengasuhan anak, berikut ini beberapa tips dari Ibu Elly :

1. Buat tabel menu makanan seminggu kedepan dan ajak anak berdiskusi untuk memilih menu makanan yang mereka ingin konsumsi selama seminggu kedepan sehingga nanti tidak ada alasan untuk anak tidak mau makan dengan begini anak mengerti konsep memilih dan bertanggung jawab dengan pilihannya.

2. Biarkan anak memilih pakaiannya sendiri, walau tidak matching..yang ini kadang suka bikin gemes mamanya 
dengan memilih sendiri pakaian yang ingin dia inginkan walau pada akhirnya akan salah kostum atau tidak matching tapi justru itu akan menjadi proses belajar anak untuk memilih, berfikir dan bertanggungjawab.


3.Beri kesempatan anak untuk jajan dan memilih sendiri apa yang ingin dia beli tapi kita batasi nilainya. contoh klo ke mall atau supermarket biarkan dia memilih yang ingin dia beli dan tugas ortu adalah batasi nilai yang ingin diberikan sperti 20 ribu sehingga biarkan dia berpikir untuk memilih apa yg dia inginkan walau akan lama tapi justru itu proses nya.  
  
selama seminar berlangsung ada beberapa penyampaian dari ibu elly yang lumayan " menabok" para semua ortu tak terkecuali aku.. ada beberapa diantaranya.


1. Salah besar kalo anak di asuh oleh Orang lain seperti Nenek/ Kakeknya.. ini aku berasa banget di tabok nya


alasannya adalah aku copas dari blognya motik karena dia bener2 detail inget kalimat nya ibu elly yang satu ini, aku soalnya langsung shock.. 
Ada kalimat dari bu elly yang menurut saya bagus banget:
Kami para nenek tidak di design untuk merawat cucu kami. Kami membesarkan anak kami di jaman yang minim teknologi, belum terlalu banyak tantangannya. Sekarang jaman sudah berubah, kami nggak mampu membesarkan cucu kami dengan cara kami membesarkan anak kami dahulu. Anakmu adalah tanggung jawabmu. Saat nanti di hisab di alam kubur, yang diminta pertanggungjawaban atas segala hal tentang anakmu adalah kamu sebagai orang tua, bukan kami para nenek/kakek, dan bukan para pengasuh.

Jadi tanggung jawab sepenuhnya soal anak tetap pada orang tuanya akan tetapi jangan sampe tidak melibatkan  Sang nenek/kakek untuk mengasuhnya,karena mereka akan sedih jika tidak dilibatkan namun ingat klo mereka sifatnya hanya membantu. sedih rasanya pas denger ini tapi aku optimis insya allah secepatnya aku bisa ngurus anakku sendiri dan untuk sekarang aku cuma berusaha membagi ilmu yg aku dapet ke mama ku biar kita bisa satu visi.



2. Bahwa anak membutuhkan attachment dari ortu nya setidaknya selama 5-6 tahun


kenapa? karena untuk membangun rumah yang kuat dibutuhkan pondasi yang bagus dan kuat juga. oleh sebab itu ketika usia anak sudah mulai memasuki Sekolah dasar ( SD), dimana anak akan mulai memperluaskan pergaulan dengan teman yang berbagai macam sifat dan rupanya dan diusia tersebut kita sebagai orang tua mulai pelan pelan melepas anak untuk mandiri. oleh sebab itu dibutuhkan waktu sekitar 5-6 tahun untuk membangun pondasi tersebut agar kuat, sehingga anak kita bisa tahan banting..insya allah..


3. Sebaiknya ketika dirumah BB, iphone atau pun sejenis nya sebaiknya di matikan terlebih dahulu..


Oleh Allah kita dianjurkan untuk menyusui selama 2 tahun agar kontak bathin dan bonding semakin erat, akan tetapi menyusui juga harus benar yaitu menyusui dengan sambil bercanda, mengelus dan kontak mata dengan anak... jangan seperti ibu-ibu jaman sekarang tetap siih menyusui tapiii tangan yang satunya buat update status... para peserta kontan tertawa dan malu.. 


4. Jabatan ada akhirnya, gaji ada abisnya. Tapi menjadi orangtua, ngga akan ada akhirnya...


Ini yang paling bener bener mantep menurutku, disini ibu Elly membeberkan dan menegaskan bahwa perempuan yang berpendidikan tinggi itu sebaiknya kembali ke rumah untuk menerapkan ilmu nya dengn mendidik anak anak nya bukan megejar karir, karena jika mengejar karir pasti anak akan diasuh oleh orang lain yang lulusan SD/SMP/ Smu jadi jangan berharap punya anak yang attitude seperti orang tuanya yang lulusan universitas karena kenyataannya mereka memberi kesempatan anaknya menghabiskan waktu lebih banyak sama si pengasuh di rumah..
disini bukan berarti ibu elly tidak setuju perempuan bekerja akan tetapi sebaiknya bekerja dilakukan di rumah atau boleh ditinggal bekerja setelah pondasi jiwa anak sudah cukup kuat sehingga bisa ditinggal..
wuiihhh langsung merasa bersalah... dan mewek dalam hati pengen buru buru jadi FTM... :'(


ibu elly juga mengungkapkan klo kita terus menerus mengejar harta akan tetapi anak kita tidak baik jiwanya maka yang akan rugi kita sendiri karena dikala tua nanti pada waktu kita sudah pensiun dan tidak menerima uang lagi atau kita dalam keadaan sakit, si anak yang kita harapkan bantuannya malah tumbuh menjadi anak yang nakal dan malah semakin merepotkan kita.. 


dan inti dari semuanya adalah


bahwa anak itu anugerah dari Allah yang patut kita syukuri dan kita jaga dan akan kita pertanggung jawabkan nanti pada saat kita di hisab oleh allah...


fiiuuhhh cape juga mengetik panjang lebar untuk menjabarkan ini semua.. tapi kemarin ibu Elly minta tolong untuk menyebarkan ilmu yang kita dapat kepada setidaknya 3 orang agar banyak ortu yang memahami hal ini sehingga generasi kedepan akan tumbuh menjadi generasi yang baik..sengaja aku tulis diblog ini untuk dokumentasi diri sendiri dan  insya Allah bisa dibaca oleh orang lain..Semoga yang membaca nya mengerti dan paham walau tulisanku ini mungkin sedikit membosankan karena memang tidak jago menulis...

kalo ingin membaca versi lain dan lebih detail ttg seminar ini bisa baca postingan temenku motik disini


Setelah seminar aku merasa banyak yang salah selama ini dan waktu nya untuk pembenahan diri untuk menjadi lebih baik.. aku juga ingin berusaha menerapkan ilmu yang aku dapet ini secara konsisten mumpung Tania masih kecil masih belum terlambat untuk membentuk jiwanya... insyaallah...


ayo para ortu  sama-sama kita bebenah diri  supaya anak-anak kita tidak mengalami salah asuhan sehingga anak kita tumbuh jadi generasi yang tangguh, slalu berpikir untuk maju, bertanggung jawab pada orang tua dan agamanya..


Oia lucunya pas seminar ini seharusnya bisa jadi ajang kopdar sesama emak2 ditwitter land yang notabene tergabung dlm komunitas supermoms.. tapi karena ga pernah ketemuan sebelumnya jadi malah ngga ngeh satu sama lain.. .kaya kemarin pas ditwitter baru tau klo ternyata @mayialexa yang jadi MC trus @bundazua yang ngasih doorprize ke aku.. lucunya pas ketemu kita diem ajah karena ngga kenal muka  hiihihihhihihi... 
nanti untuk seminar sesi ke 2, kita janji untuk saling ngobrol karena sudah lebih kenal kemarin :D
jadi ga sabar untuk tanggal 19 Maret nanti seminar dengan tema "Medidik anak dengan cinta dan logika"..
nanti insya allah di share lagi ilmunya biar kita semua bisa menjadi ortu pintar... :)