Tania ku sudah 2,5 tahun...

Hari ini tepat 30 Desember 2010, artinya my baby " Tania Sekar Andhini " udah menginjak umur 2, 5 tahun.. dia udah bukan bayi lagi sekarang..yeaaahhh she's a little girl now.. udah bisa protes, udah bisa ngambek, udah bisa milih apa yang mau dia lakukan dan masih banyak kelakuan kelakuan lainnya yang selalu mengejutkan ayah dan mama nya...


Emang bener makin besar usia anak, makin banyak pula kejutan kejutan yang diberikannya.. ya aku mengalaminya sendiri..diusia nya yang baru  2,5 tahun ini, Tania atau yang sekarang sering menyebut dirinya andhin ini selalu saja membuat kami orang tuanya tercengang dengan celotehnya serta tingkah polahnya..sebenernya bukan hanya aku dan ayah sih tapi juga orang-orang disekitarku seperti eyang, tante dan juga om nya..

kadang semuanya itu menyenangkan hati tapi tidak sedikit juga yang bikin kesel..tapi ya itulah cobaannya jadi orang tua.. kudu bisa sabar dalam mengasuh anak dan insyaAllah harus bisa memberikan bimbingan yang baik untuk anaknya.. dalam hal ini aku benar benar jadi belajar banyak hal..



contoh celoteh dan tingkah polahnya kya gini nih..

sudah bisa protes
suatu ketika aku lagi sedikit berdebat dengan ayah menanggapi rencana ayah yang mau sepedahan lagi di UI.. sebenernya saat itu aku ngga lagi marah marah cuma lagi menegaskan sedikit ke ayah klo mau main sepedah jangan yang aneh-aneh karena dulu kan pernah jatuh sampe di jahit bibir nya..trus tiba -tiba tania dateng dari arah kamar ngomong gini 


 T: " Mama.. dangan galak dong..ayah dangan dimalahin dong.." (mama jangan galak dong,ayah jangan  dimarahin) sambil ngusap pipi ayahnya... so sweet banget kan..
M: " Mama..ngga marah de.. mama cuma bilang ke ayah kalo naik sepeda hati hati biar ngga jatuh lagi..soalnya ayah mau lompat lompat naik sepeda lagi"

T: " oohh..gitu.. " sambil ngelirik ke ayahnya trus ngomong gini " Ayah.. nda boleh gitu dong..naik sepeda hati hati ya.. nanti jatoh lagi.. bibil nya beldalah dalah kaya dulu lagi "

si Ayah saat itu kontan langsung bengong... fiiuhhhh anaknya udah bisa ngasih nasehat ke orang tuanya.. dan kami berdua pun bangga banget saat itu... Alhamdulillah... karena anak kami sudah mulai mengerti mana yang benar dan mana yang salah..


contoh ke dua..


Sudah mulai ngadu
pulang kerja tania selalu nyamperin mamanya dan biasanya langsung nyerocos cerita macem macem..

T : " ma.. tadi andin di cubit pipi na ma tita..kya gini nih.. " sambil nyubit pipinya.
M: " loh kenapa? andhin bandel ya?? nangis ngga?"
T: " nangislah ma... abis andinnya nakal..colat colet buku nya tita.."
M: " tuh kan.. makanya kalo mau tulis tulis di buku andin sendiri ya.. jangan di buku tita.."
selain itu ada beberapa kehebatan lainnya dari tania ku :
  • udah makin jarang nenen..paling hanya sesekali kalo lagi kangen banget itupun sebentar banget.
  • udah bisa ngatur dan nyuruh, baik orang tua maupun eyang dan tante nya 
  • Udah jago banget main puzzle dari yg isi 12 pcs sampe yang 24 pcs bahkan puzzle bentuk kubus pun dia mainin...dan aku lihat dia paling suka main puzzle dan suda tau konsepnya bukan hafalan tapi menyatukan gambar
  • udah ngerti macem macem da sudah mulai inget kalo di janjiin jadi udah susah di bohongin deh..pinter pinternya ayah sama mama untuk mengalihkan deh sekarang... 
  • udah kritis nanya ini apa, itu apa, kok gitu sih dsb.. kadang bikin kita orang tuanya bingung jawabnya..
  • udah bisa ngikutin gerakan sholat dan ambil air wudhu..bahkan abis ambil air wudhu selalu pake doa yang tangannya diangkat sambil wasweswos gituh... 
  • udah hafal 3 doa pendek : doa mau bobo, doa mau makan dan doa orang tua.
  • udah hafal kurang lebih 15 asmaul husna diajarin sama eyang uti nya.. mamanya kalah deh *tutup muka
  • udah bisa ngikutin beberapa gerakan senam karena ngikutin eyang uti nya yang latihan senam dirumah pake dvd.. ( fyi uti nya memang guru senam )
  • udah ngenal warna, angka dan beberapa huruf... malah udah bisa nulis huruf O dan T walau tidak sempurna banget.
  • Udah banci kamera banget..sering banget minta foto foto...
  • Udah mulai bermain role play sama bonekanya.. 
  • Udah mulai berimajinasi dan kadang suka cerita yang ga jelas sesuai imanjinasinya gituh..
  •  
    Untuk urusan makan dan minum, alhamdulillah masih lancar walau kadang makannya lumayan susah dan pilih pilih..dia paling suka makan hoka hoka bento dan sudah hafal banget sama logonya jadi klo dijalan ketemu logo itu dia pasti langsung ngomong " ma itu hokahoka bento...andin laper nih.. "  (-__-")

    minum susunya masih dancow 1+ dan sekarang sudah sering juga minum susu UHT mimi biasanya rasa coklat dan harus dingin doyannya tapi aku tetep usaha nyoba dengan rasa vanila dan alhamdulillah dia doyan juga...kya kemarin pas jalan jalan ke bogor seharian aku sengaja ga bawa susu dancow nya tapi bawanya susu mimi vanila pas dia minta minum susu langsung aku tuang susu nya ke botol dan dia doyan... yeaahhh girang banget emaknya jadi skrg kalo pergi pergi nga perlu repot bawa susu dancow dan air panas...lebih ringkes deh..\(^_^)/

    untuk ukuran Berat badan masih stuck di angka 16 dan 16.5 kg dan tinggi badan masih 97 cm...
    payahnya tania ku masih full diapers dan susah untuk belajar toilet training walau kadang aku sudah mulai membiasakan lepas diapers klo siang tapi tetep kebobolan juga..gpp emaknya ngga boleh menyerah.. tetep semangat demi penghematan beli pospak..loh kok ?? :P

    yang Jelas makin gede anakku ini makin bikin orang tuanya tertantang untuk belajar banyak tentang pola pengasuhan agar kami bisa membimbing nya menjadi anak yang pinter, sholeha dan anak yang slalu berbuat kebaikan untuk sesamanya dan juga akan selalu jadi kebanggaan ayah dan mama nya... sehat terus ya sayang.. we love you so much... *kisskiss

      1 comment:

      1. Wah...Tania badannya tinggi ya, nurun mamanya. Dita mah mungil, tingginya skr 90cm. Selalu sehat dan makin pinter ya sayang :-)

        ReplyDelete