Tania ku sudah 2,5 tahun...

Hari ini tepat 30 Desember 2010, artinya my baby " Tania Sekar Andhini " udah menginjak umur 2, 5 tahun.. dia udah bukan bayi lagi sekarang..yeaaahhh she's a little girl now.. udah bisa protes, udah bisa ngambek, udah bisa milih apa yang mau dia lakukan dan masih banyak kelakuan kelakuan lainnya yang selalu mengejutkan ayah dan mama nya...


Emang bener makin besar usia anak, makin banyak pula kejutan kejutan yang diberikannya.. ya aku mengalaminya sendiri..diusia nya yang baru  2,5 tahun ini, Tania atau yang sekarang sering menyebut dirinya andhin ini selalu saja membuat kami orang tuanya tercengang dengan celotehnya serta tingkah polahnya..sebenernya bukan hanya aku dan ayah sih tapi juga orang-orang disekitarku seperti eyang, tante dan juga om nya..

kadang semuanya itu menyenangkan hati tapi tidak sedikit juga yang bikin kesel..tapi ya itulah cobaannya jadi orang tua.. kudu bisa sabar dalam mengasuh anak dan insyaAllah harus bisa memberikan bimbingan yang baik untuk anaknya.. dalam hal ini aku benar benar jadi belajar banyak hal..



contoh celoteh dan tingkah polahnya kya gini nih..

sudah bisa protes
suatu ketika aku lagi sedikit berdebat dengan ayah menanggapi rencana ayah yang mau sepedahan lagi di UI.. sebenernya saat itu aku ngga lagi marah marah cuma lagi menegaskan sedikit ke ayah klo mau main sepedah jangan yang aneh-aneh karena dulu kan pernah jatuh sampe di jahit bibir nya..trus tiba -tiba tania dateng dari arah kamar ngomong gini 


 T: " Mama.. dangan galak dong..ayah dangan dimalahin dong.." (mama jangan galak dong,ayah jangan  dimarahin) sambil ngusap pipi ayahnya... so sweet banget kan..
M: " Mama..ngga marah de.. mama cuma bilang ke ayah kalo naik sepeda hati hati biar ngga jatuh lagi..soalnya ayah mau lompat lompat naik sepeda lagi"

T: " oohh..gitu.. " sambil ngelirik ke ayahnya trus ngomong gini " Ayah.. nda boleh gitu dong..naik sepeda hati hati ya.. nanti jatoh lagi.. bibil nya beldalah dalah kaya dulu lagi "

si Ayah saat itu kontan langsung bengong... fiiuhhhh anaknya udah bisa ngasih nasehat ke orang tuanya.. dan kami berdua pun bangga banget saat itu... Alhamdulillah... karena anak kami sudah mulai mengerti mana yang benar dan mana yang salah..


contoh ke dua..


Sudah mulai ngadu
pulang kerja tania selalu nyamperin mamanya dan biasanya langsung nyerocos cerita macem macem..

T : " ma.. tadi andin di cubit pipi na ma tita..kya gini nih.. " sambil nyubit pipinya.
M: " loh kenapa? andhin bandel ya?? nangis ngga?"
T: " nangislah ma... abis andinnya nakal..colat colet buku nya tita.."
M: " tuh kan.. makanya kalo mau tulis tulis di buku andin sendiri ya.. jangan di buku tita.."
selain itu ada beberapa kehebatan lainnya dari tania ku :
  • udah makin jarang nenen..paling hanya sesekali kalo lagi kangen banget itupun sebentar banget.
  • udah bisa ngatur dan nyuruh, baik orang tua maupun eyang dan tante nya 
  • Udah jago banget main puzzle dari yg isi 12 pcs sampe yang 24 pcs bahkan puzzle bentuk kubus pun dia mainin...dan aku lihat dia paling suka main puzzle dan suda tau konsepnya bukan hafalan tapi menyatukan gambar
  • udah ngerti macem macem da sudah mulai inget kalo di janjiin jadi udah susah di bohongin deh..pinter pinternya ayah sama mama untuk mengalihkan deh sekarang... 
  • udah kritis nanya ini apa, itu apa, kok gitu sih dsb.. kadang bikin kita orang tuanya bingung jawabnya..
  • udah bisa ngikutin gerakan sholat dan ambil air wudhu..bahkan abis ambil air wudhu selalu pake doa yang tangannya diangkat sambil wasweswos gituh... 
  • udah hafal 3 doa pendek : doa mau bobo, doa mau makan dan doa orang tua.
  • udah hafal kurang lebih 15 asmaul husna diajarin sama eyang uti nya.. mamanya kalah deh *tutup muka
  • udah bisa ngikutin beberapa gerakan senam karena ngikutin eyang uti nya yang latihan senam dirumah pake dvd.. ( fyi uti nya memang guru senam )
  • udah ngenal warna, angka dan beberapa huruf... malah udah bisa nulis huruf O dan T walau tidak sempurna banget.
  • Udah banci kamera banget..sering banget minta foto foto...
  • Udah mulai bermain role play sama bonekanya.. 
  • Udah mulai berimajinasi dan kadang suka cerita yang ga jelas sesuai imanjinasinya gituh..
  •  
    Untuk urusan makan dan minum, alhamdulillah masih lancar walau kadang makannya lumayan susah dan pilih pilih..dia paling suka makan hoka hoka bento dan sudah hafal banget sama logonya jadi klo dijalan ketemu logo itu dia pasti langsung ngomong " ma itu hokahoka bento...andin laper nih.. "  (-__-")

    minum susunya masih dancow 1+ dan sekarang sudah sering juga minum susu UHT mimi biasanya rasa coklat dan harus dingin doyannya tapi aku tetep usaha nyoba dengan rasa vanila dan alhamdulillah dia doyan juga...kya kemarin pas jalan jalan ke bogor seharian aku sengaja ga bawa susu dancow nya tapi bawanya susu mimi vanila pas dia minta minum susu langsung aku tuang susu nya ke botol dan dia doyan... yeaahhh girang banget emaknya jadi skrg kalo pergi pergi nga perlu repot bawa susu dancow dan air panas...lebih ringkes deh..\(^_^)/

    untuk ukuran Berat badan masih stuck di angka 16 dan 16.5 kg dan tinggi badan masih 97 cm...
    payahnya tania ku masih full diapers dan susah untuk belajar toilet training walau kadang aku sudah mulai membiasakan lepas diapers klo siang tapi tetep kebobolan juga..gpp emaknya ngga boleh menyerah.. tetep semangat demi penghematan beli pospak..loh kok ?? :P

    yang Jelas makin gede anakku ini makin bikin orang tuanya tertantang untuk belajar banyak tentang pola pengasuhan agar kami bisa membimbing nya menjadi anak yang pinter, sholeha dan anak yang slalu berbuat kebaikan untuk sesamanya dan juga akan selalu jadi kebanggaan ayah dan mama nya... sehat terus ya sayang.. we love you so much... *kisskiss

      Tribeca park @ Mall Central Park

      Kurang lebih 1 tahun yang lalu di deket rumah eyang dibuka Mall baru namanya Central Park...lokasinya dekeeeettt bener ma rumah eyang soalnya ada di belakangnya gituh..perjalanan ke sini paling ngga sampai 5 menit klo naik motor trus lewat gang tikus..

      Sejak dibuka Mall ini, sering banget kesini karena selain disini ada carefour, gramedia nya lumayan luas, ada blitzmegaplex juga trus disini juga ada taman yang baguuuss banget dan aku suka banget sama taman ini nama tamannya Tribeca park.

      Suasana di taman ini bagus dan nyaman.. tamannya luas udah gituh penataannya bagus, selain itu disisi taman ini ada cafe cafe yang katanya buka 24 jam klo wiken, udah gituh banyak bangku juga untuk orang yang mau sekedar duduk duduk aja menikmati suasana taman ini dan banyak kolam ikan yang isi nya ikan mas gede gede bener... oia trus ada music fountain juga dan di taman ini sering banyak acara gituh.. tergantung tema deh.. tapi biasanya paling seru klo pas natal.. suasana taman ini disulap abis jadi berasa banget suasana natalnya.. dan kalo pada event event tertentu suka ada fireworks nya juga alias kembang api.. klo udah ada kembang api gini biasanya tinggal keluar rumah eyang aja udh kelihatan kembang apinya dan bunyi nya udah kaya ada perang gituh cedar cedor terus....

      ayah, aku dan tania suka sering banget ke taman ini, untuk sekedar duduk menikmati suasana, atau ajak tania lihat ikan dan main lari larian dan pastinya untuk foto foto juga \(^,^)/



      kaya wiken kemarin si ayah ngajakin ke sana untuk sekedar menikmati taman nya ajah karena kita juga lagi bokek jadi jalan jalan yang paling murah meriah ya kesini cuma menikmati taman aja hehehhehe...
      Dan berhubung Tania belum makan sore jadi sekalian ajah aku bawa makanannya jadi pengen disuapin disana biar cepet makannya *salah satu trik biar mau makn nyuapin di depan kolem ikan :D

      sampe disana tumben banget itu taman banyak orang ternyata ada acara natal gituh.. ditengah taman ada pohon natal besaaaar sekali trus ada panggung untuk para pengisi acara..
      disini kita duduk duduk sambil ayah foto fotoin tania dengan beragai macem gaya yang bikin kita orang tuanya ketawa ketiwi.. bias itu main lari lari sebentar trus kita masuk ke dalam Mall untuk lihat pameran lego dan akhirnya kita pulang deh karena pengen nonton bola...

      Setelah Renovasi Sementara

      Alhamdulillah, tepat tanggal 27 November 2011 renovasi untuk rumah kami untuk sementara di selesaikan dulu... kenapa sementara? karena memang belum selesai full untuk renovasi rumahnya tapi menurut kami itu udah cukup dan dana nya pun sudah habis.. nanggung memang tapi mau bagaimana untuk sementara waktu kami mampunya segituh dulu...insyaAllah nanti pasti akan di lanjutkan lagi jika tabungan kami sudah mencukupi..

      Alhamdulillah sekarang kalo hujan ngga pake ngepel lagi :D
      Alhamdulillah sekarang kalo hujan kami bisa tidur tenang dalam rumah..
      Alhamdulillah sekarang kalo hujan bisa menikmati makanan hangat di meja makan..
      Alhamdulillah sekarang kalo hujan bisa nonton tv sambil tiduran di ruang tengah..
      Alhamdulillah sekarang tania bisa bebas lari dan bermain di rumah ini..
      Alhamdulillah bangeeett... sekarang sudah lebih tenang.. paling tinggal puyeng bayar cicilannya :P


      Memang Allah paling tahu yang terbaik untuk umatnya.. setelah sekian lama kami pusing cari dana untuk renovasi ini dan pusing cari pinjeman sana sini... tapi pada saatnya dan pada waktunya semua dilancarkan oleh Allah SWT... berkat bantuan dan doa dari semua pihak...

      di beri ujian dengan dirubuhkan rumahnya, ternyata ada hikamh di balik itu semua..kalo ngga di rubuhin kami ngga akan pernah berani untuk memulai renovasi karena memang saat itu dana yang ada masih kurang.. tapi pas setelah itu ketika kami coba memulai merenovasi.. teryata ada beberapa teman yag mau membantu dan ketika itu pula KTA ku di approve.. ya semua itu ada jalannya dari Allah dan aku selalu berkeyakinan bahwa ketika di berikan musibah selama kita berusaha, bersabar dan berserah diri sama Allah..insyaAllah cepat atau lambat akan ada jalan keluarnya.. karena Allah akan selalu ada untuk umatnya..

      Rumah ini memang belum rampung benar.. baru ditutup dengan baja ringan dan genteng tapi itupun udah bener bener menguras tabungan bahkan masih kurang karena dibantu pinjaman.. nanti klo sudha membukit lagi uang tabungan kami rencananya kami akan pasang plafon dan ngecat ulang seluruh rumah biar istana kami bisa megah kembali... mohon doanya ya biar rencana ini bisa cepat terwujud :D

      tapi emang dasar manusia ya.. masih aja ngga pernah ada puasnya... aku sekarang ini lagi memimpikan pengen mengisi ruang tengah kami dengan TV LCD dan sofabed biar makin nyaman..ya tapi ngga terlalu ngoyo sih cuma emang kepengen beneran...hehehheehheehe.....

      bike to UI


       Dulu pengalaman pertama bersepeda bareng ayah dan mama dengan di Jakarta rutenya Sudirman - Monas...
      kemarin tepatnya 5 desember 2010, bersepeda bareng lagi.. kali ini rutenya berbeda dengan yang dulu yaitu kampus UI Depok.. 

      Berangkat dari rumah jam setengah tujuh pagi dan belum mandi.. tania menikmati sekali di bonceng sama ayahnya bersepeda ke UI..sementara si mama sedikit ngos ngosan karena rutenya tanjakan dan turunan .. berasa banget deh.. mungkin karena saya gendut juga..

      Pengalamannya bersepeda ke UI adalah Tania ku ngelihat Kereta api deket banget pas di stasiun pondok Cina, trus ngasih makan Rusa yang di pelihara di kampus UI, trus main  main balon sabun d pinggir danau UI bareng - bareng sama anak kecil lainnya. dan menurut ku bersepeda di minggu pagi ke UI amat menyenangkan karena selain rame juga udaranya masih seger banget... coz masih banyak pohon...dan gw paling suka banget sama bau pohon plus tanah yang basah..

      Kidzania

      Yipiiiee aku dapet voucher discount 50% untuk main di Kidzania dari @WaferTango...


      seneng banget dan aku yang antusias penasaran gituh.. secara pernah ngeliat reviewnya di TV itu tempat mainan keren banget..
      Hhmm..awalnya ngga yakin apa tania udah siap main disitu dan apa dia udah ngerti main disitu.. karena setahu aku di kidzania itu permainannya semacam role play gituh.. tapi ya bismillah deh.. kalaupun ngga siap setidaknya ini untuk pengalaman ajah..lagian ngga bayar full ini.. :D

      Tepatnya Sabtu, 30 Oktober 2010 kita langsung capcus untuk main ke Kidzania setelah pulang dari kondangan, jadi mama dan ayah masih lengkap ke Mall dengan kostum batik hehehhehee..
      Tempat bermain yang berlokasi di Mall Pacific Place lantai 6 ini ada 2 shift untuk Jam operasionalnya.. yaitu sesi I dari jam 09.00 - 14.00 WIB dan Sesi ke dua dari jam 15.00 -20.00 WIB untuk Wiken ( jumat, sabtu dan minggu).

      Sekitar jam setengah dua siang kita sudah antri untuk beli tiket, saat itu antrian masuknya lumayan panjang.. kita akhirnya beli tiket buat bertiga jadi 2 tiket pendamping + 1 tiket untuk toddler total abis 125ribu krn yang diskon itu cuma 2 orang.. untuk lebih lengkap tentang info harga tiketnya bisa dilihat disini, soalnya rencana awal di Ayah ngga mau ikutan masuk tapi dia mau nonton bioskop ajah..berhubung film yang di puter di blitz PP lagi kurang menarik akhirnya dia ikutan masuk deh..tapi ngga nyesel kok ikutan masuk karena emang pengalamannya beda..

      Pas jam 3 pintu masuk mulai di buka, akhirnya kita masuk juga.. pertama kali masuk aku takjub ajah.. keren euy.. kita seperti berada di kota liliput.. bener-bener mirip suatu kota yang didesign khusus untuk anak anak.. pas masuk semua karyawan bernyanyi sambil joget joget gituh untuk opening... setelah selesai joget joget maka permainan pun di mulai.. semua fasilitas sudah dibuka untuk semua anak yang mau bermain..
      yang aku takjub itu kok idenya bisa banget ya.. bikin semuanya itu mirip sama aslinya tapi versi anak kecil contohnya kaya Pom bensin trus taxi dan bis yang modelnya persis sama kya aslinya trus mesin atm juga..itu miriipp abis sama atm salah satu bank swasta.. bukan hanya itu ajah pas naik ke lantai atas ada banyak pabrik dan itu semua bagus banget bener bener dibikin sperti suasana di pabrik..

      Di Kidzania setiap mau main pun si anak harus menggunakan seragam jadi semakin seperti sungguhan contohnya seragam pekerja pabrik kalo di pabrik trus kalo di rumah sakit ya pakai pakaian dokter trus pemadam kebakaran juga begitu..  jadi roleplay nya itu bener bener seperti nyata.. jadi kita bener bener seolah olah berada di kota yang seluruh nya itu jalankan oleh anak kecil... ya seperti yang udah aku bilang seperti berada di kota liliput.. oia di Kidzania ini setiap anak yang sudah selesai bermain dan menjalankan kewajibannya di satu wahana akan mendapatkan imbalan berupa uang khusus yaitu Kidzos yang nantinya bisa ditukarkan dengan souvernir dan yang aku lihat setiap abis melakukan pekerjaan di pabrik si anak mendapatkan sample makanan dari pabrik tersebut seperti kalo kita abis bekerja di pabrik teh maka akan dapat salah satu produknya yaitu teh botol.

      sayangnya untuk anak seumuran tania masih belum boleh ikutan main roleplay tersebut karena batasan umurnya dari 4 smp 16 tahun.. dan tania juga type anak yang berani ditinggal sendirian jadi dia ngga bisa menikmati semua mainan yang ada.. sebenernya dia boleh tuh ikutan main di pabrik wafer tapi karena dia takut masuk sendirian tanpa ditemani ortunya jadi ngga jadi deh..akhirnya kita cukup bermain di arena permainan untuk anak toddler yang cuma ada 3 macem yaitu : dapur untuk masak2an , living room untuk bermain puzzle serta lihat puppet show dan tempat berkebun.. Oia anak seumuran tania juga bisa ikutan naik bis dan taxi keliling kota tapi harus bayar juga dengan uang kidzosnya.. dan uang kidzosnya tania itu diperoleh dari main puzzle dan juga nonton puppet show..

      Tania enjoy banget main disini khususnya dibagian dapur.. ngga mau udahan main masak2annya.. klo di living room sempet takut pas lihat puppet show tapi pada akhirnya dia enjoy dan inget karakter bonekanya.. tania sempet takut loh pas ada kebakaran.. entah kenapa dia takut pas lihat air semprotannya :'(
        
      Oia walau ngga bisa main di semua permainan tapi tania tetep bisa foto-foto loh diarena bermain tersebut..sayangnya si mama lupa bawa kamera jadi foto nya pake kamera BB aja dan hasilnya kurang memuaskan.. tapi lumayanlah bisa foto di beberapa spot yang cahaya cukup terang.. trus bisa bergaya di depan klinik gigi yang berlatar para kakak yang sedang sibuk jadi dokter gigi..mudah mudahan tania nanti bisa seperti itu.. amien 

      So far main disini menyenangkan dan akan lebih menyenangkan klo Tania sudah mengerti nanti yaitu sekitar umur 4 tahun.. insya Allah nanti kita main kesana lagi ya sayang..walau kadang dia suka inget dan ngajakin main kesitu lagi.. nanti  klo umur kamu udah 4 tahun kita main lagi kesana ajak tante tita dan pastinya jangan sampe lupa bawa kamera :D

      Si Chewy


      Tanggal 14 November 2010, tania di beliin anak ayam sama eyang utinya..
      awalnya dikira dia akan takut tapi ternyata anak mama berani banget bahkan cenderung sayang sama anak ayamnya..

      si anak ayam ini di kasih nama Chewy sama Onty Tita, yang sayang sama si Chewy ini bukan cuma Tania tapi Tita juga.. jadilah mereka berdua punya mainan baru...

      klo di lepas dari kandangnya si Chewy suka lari lari ngejar orang yang lagi lari.. tania seneng banget lah karena dia anggap chewy ngajak main kejar-kejar..padahal mah emang anak ayam begitu karena dia pikir itu Induknya -__-"

      Si Chewy ini sempet diserang sama tikus tapi di obatin sama tita, paruh dan perutya yang berdarah di kasih betadine sama tita dan alhamdulillah si Chewy masih hidup sampe sekarang walau tadinya kita pikir dia akan mati..dia semakin besar sekarang sampe kadangnya sudah hampir ngga muat..

      Sekarang Chewy tambah besar dan semua jadi sayang sama chewy apalagi tania... sampe si chewy kadang di panggil sayang,  walau sering di patuk dia tetep sayang sama Chewy.. klo kata dia di patuk itu di kelitikin sama Chewy.. :D