Tania 2 Years Old

Udah cerita tentang acara tiup lilinnya tania atau yang biasa di panggil andin ( emaknya ngga konsisten nih... tetep maksa manggil anaknya tania..padahal dia biasa memanggil dirinya andin..gara-gara keluarga besar manggil nya andin..hiks..kalah deh emaknya)..

Sekarang aku mau update perkembangan anakku di usinya yang kedua ini... pertama untuk BB masih stuck di angka 15kg dan TB 90cm, giginya udah makin banyak walau gusinya baru 2 tapi gigi seri dan taringnya udah keluar semua..totalnya gigi tania ada 14 biji.. untuk urusan makan makin gede makin susah euy... moody an banget klo lagi gampang makannya tak terkendali tapiii klo lagi susah ampun deh... GTM nya itu... udh bisa nolak dan keras banget... kadang suka ditakutin macem-macem baru mau buka mulut... ditakutin nanti dibawa ke dokter loh klo ga mau makan.. salah sih kya begituh cuma ya gimana kadang udah dialihkan perhatiannya juga ngga ngaruh tetep susah banget...tapi biasanya sih klo bener bener GTM langsung bikin makanan favoritny yaitu bubur ceker ayam... anak ini cinta banget sama ceker persis kya emaknya :D

untuk perkembangannya udah makin cerewet, makin ga bisa diem apa aja diexplor, sometime bikin kesel tapi lebih sering bikin ketawa dan luccuu bikin ayah mama nya semakin kangen klo lagi jauh sama dia..
di umur kurang dari 2 tahun tania udah hapal beberapa lagu anak seperti pelangi, bintang kecil, tiktik bunyi hujan dan lainnya yang lumayan banyak tapi yang paling bener-bener sempurna ya tiga lagu itu...
oia tania juga suka sama 2 lagu orang dewasa yaitu lagu wakawaka nya shakira tiap denger lagu itu dia pasti joget dengan tangan terkatup mirip gayanya shakira... trus satu lagi lagu oh baby nya justin beiber, klo denger lagu ini pasti ikutan nyanyi deh walau ga jelas bahas inggrisnya tapi nadanya jelas banget dan yang jelas gini doang " baby...baby ... baby ohhh..lait baby..baby oh..." tania ngefans abis sama justin ini sampe sampe suatu ketika lagi nonton vklipnya sama mama iyeng ( sepupuku) dia ngomong gini
" iyeenng.... baby..baby anteng ya.... " sambil ngasih 2 jempolnya gituh... spontan tantenya langsung ketawa dan ngasih tau ke aku.. buset dah toddler ini udah ngerti ganteng :D

Skarang tania juga udah ngerti macem macem kaya rasa sakit, gatel, panas, dingin, manis, pahit, enak dan ngga enak dan masih banyak lagi.. oia lapar dan haus pun dia sudah tau... kadang klo haus dia udah bisa langsung ambil minum sendiri dan juga kadang kalo lapar dia request minta makan tapi itu jarang terjadi seringnya request "tutu enkau.." ( susu dancow)...

tania juga udah bisa menghitung satu sampai sepuluh dalam bahasa indonesia maupun inggris trus udh mulai kenal huruf dan sedang belajar warna.. selain makin pinter soal emosionalnya juga semakin menjadi.. makin keras klo uda maunya dan untuk ini ayah sama mama kadang suka di uji kesabarannya..
 hobby nya ssekarang adalah main tulis tulis alias menggambar dan main masak-masak dan sekarang juga suka banget sama main kejar kejar dan petak umpet...
tania juga suda suka ngadu apa yang telah terjadi dan sudah mulai menunjukkan empati klo lihat org sait dsb..
pokokny anak mama sudah semakin besar... makin cerewet, makin pinter dan sehat terus ya sayang....

Taman Suropati...

yeaahh... wiken kali ini punya pengalaman baru lagi.. akhirnya Tania berhasil main di salah satu taman di kota jakarta.. yaitu Taman Suropati..

Awalnya kita ada kondangan di daerah jakarta pusat deket lapangan banteng, rencananya pulang kondangan kita mau langsung meluncur ke Depok tapiiiiii rencana tiba-tiba berubah pas lagi perjalanan pulang ternyata setelah mengikuti rute petunjuk jalan menuju depok tau - tau kita melewati taman suropati...

waaahh pas lihat taman emaknya giraaanng banget sampe langsug nyuruh ayah untuk parkir dan maksa mampir sebentar di taman itu... karena emang sudah lama banget aku ngajak ayah main ke taman-taman kota.. soalnya tania suka banget main di lapangan rumput.. jadi begitu ngeliat tamannya bersih, rapi dan tidak terlalu banyak orang didukung cuaca cerah yang kadang sedikit adem jadilah maksa mode on untuk nyuruh ayah mampir...


Pas motor di parkir dan tania turun... dia langsung heboh lihat air mancur sama burung dara berterbangan...langsung narik tangan mama nya untuk mendekat... pas ketemu yang namanya lapangan rumput langsung deh action... lari-lari ngejar burung sambil ketawa ketiwi dan si ayah sibuk dokumentasi de... mama nya duduk manis aja menikmati angin sepoi-sepoi :D



trus gantian deh ayahnya duduk menikmati tahu gejrot dan aku yang jaga tania.. ampuuuuunn ini anak ngajakin main kejar-kejaran..dan hasilnya jari kakiku lecet karena ngejar tania sambil pake high heels maklum saat itu kita abis kondangan.. saltum banget deh pake batik dan highheels... lain kali klo main ke sini lagi kudu pake kostum santai biar pas... :D

karena hari sudah semakin siang dan cuaca juga tambah panas jadi kita mutusin untuk udahan main di tamannya walau tania ngga mau di ajak pulang... aaahhh andai di jakarta masih banyak taman yang rapi, bersih dan terawat pastinya anak-anak akan semakin senang dan punya tempat bermain yang berbeda dari pada playground di mall- mall...bukan berarti tidak suka nge mall ya... tapi anak itu butuh suasana yang baru dan berbeda biar mereka ngga bosan laipula bebas belajar sesuatu yang baru dan mendapatkan pengalaman baru... next destination mau cobain ke Taman Menteng.. lagi ngerayu ayah nih.. tapi kata adeku di taman menteng udah agak kotor :(

BOBO FAIR 2010

Pas baca di majalah kalo ada BOBO fair, aku langsung niat mau kesana dengan tania... entah kenapa aku senang mengajak tania jalan-jalan ke tempat yang agk beda bukan cuma nge mall aja...setelah kemarin berhasil ngajka ke monas dan PRJ, aku pun berniat ngajak tania ke Bobo fair karena pasti akan menemukan pengalaman yang berbeda menurutku... lagian aku juga penasaran isinya bobo fair itu apa aja.. klo tahun lalu kan tania masih belum ngerti jadi aku pikir tahun ini pas banget karena dia pun sudah mulai mengerti.

aku pilih hari sabtu 3 Juli 2010, karena menurut majalah ada jumpa tokoh jalan sesama... itu loh serial favorit nya tania yang tokohnya antara lain : putri, momon, jabrik dan tantan.
karena ayah tidak bisa menemani kami jadi aku putuskan untuk pergi berduaan ajah dengan tania.. ini ali pertama nya kami pergi berduaan ajah.. nekad ahh.. lagian ku pikir tania juga bisa diajak kerja sama nantinya.

sampe di JCC sekitar jam 11 siang, kami langsung beli tiket 2 buah, kali ini tania kena bayar juga coz anak diatas usia 2 tahun diitung bayar.. HTM 10 ribu rupiah ternyata banyk juga isinya ada voucher diskon, doorprise dan juga bisa ditukar majalah anak-anak ya walau majalah lama sih menurut ku lumayn berguna karena tidak ada beritanya yang basi coz itu bisa di pakai untuk media belajarnya tania juga..

begitu memasuki pintu masuk yang seperti labirin dengan sekeliling gmbar bobo dkk... tania mulai excited.. dia mau berpose dengan kelinci yang merupakan salah satu tokoh di majala bobo.. lalu kita langsung memasuki hall yng ada arena baby land nya.. di bobo fair ini banyak sekali badut dan tokoh dari icon suatu produk... awalnya tania takut pas lihat badut.. tapi ketika dia lihat banyak anak sebayanya yang dekat dan minta foto dengan badut, tania jadi mulai belajar mengenal bahwa badut itu bukan sesuatu yang menakutkan...
aku mulai mengajarinya untuk mendekat dengan badut dan mencoba salaman dengan badut tapi wow ternyata setelah salaman tania langsung berdiri isebelah badut dan minta foto.... heheeeheehe... ternyata anak mama ini belajar dari teman-teman sebayanya yang sebelumnya minta foto sama badut... alhasil selama di bobo fair ketika liat badut tania langsung salaman dan berdiri disebelahnya seperti mau minta foto tapiiii karena kadang agak kerepotan jadi ngga semua badut mama fotoin sama tania... hanya sebagian aja..

setelah puas keliling satu hall kita pindah ke hall yang lainnya dan disini ini kita akhirnya menemukan panggung yang akan jadi tempat jumap tokoh jalan sesama...tania menikmati pertunjukan boneka jalan sesama nya walalu tokoh yang keluar cuma 3 yaitu putri, jabrik dan agen 123... tania sibuk menanyakan kemana si tantan... itu loh tokoh jalan sesama yang berbentuk orang utan.. itu emang favoritnya dia tapi sayang siang itu si tantan ngga ada..

walau ngga ada tantan, tania juga masih bisa bertemu ipin upin dan dia juga tetep enjoy menikmati setiap stand yang ada yang rata-rata jajanan anak-anak, aku si hampir kalap mau beli ini itu tapi karena takut nanti kerepotan bawa belanjaannya jadinya ngga beli apa-apa deh cuma beli sereal sarapan buat tania ajah dan itu pun biar tania bisa foto sama badutnya :D

oia di bobo fair ini aku juga ikutan analisa sidik jari walau bukan yang lengkap karena lumayan biayanya klo yang lengkap sekitar 600ribuan klo yang aku ambil harganya 125 ribu saja.. karena aku cukup penasaran pengen tahu apa bakatnya tania dan dari hasil analisa ini aku tahu stimulasi apa yang harus aku berikan ke tania sesuai dengan ketetarikannya.. ternyata anakku ini besar di logika matematika dan visualisasi..jadi dia akan tertarik dengan sesuatu yang bergambar...kalo saran dari phsikolog nya lebih sering kenali sesuatu tania lewat media gambar yang menarik sehingga dia lebih gampang menerima nya.

puas muter-muter ga kerasa udah jam 3 sore jadi aku harus buru-buru pulang sebelum nanti jalanan macet dan aku lihat tania pun udh mulai cape karena itu uda masuk jam bobo siangnya..daripada rewel dijalan lebih baik segera pulang deh..so far aku seneng ke bobo fair kali ini karena ada pengalaman baru lagi buat taniaku dan aku juga pulang dengan majalah buanyaaak dengan gambar-gambar yang menarik buat tania...
mudah-mudahan bisa dateng lagi ke bobo fair tahun depan..

" Ndin... maapin tita ya.."


Jangan kaget lihat foto diatas itu cuma drama kok... karena"Tita" adikku ada tugas Photografi dengan tema penculikan anak jadi lah tania (ndin) di minta menjadi modelnya.. awalnya aku setuju karena dia cuma bilang nanti anak lo pura-pura di iket ajah.. tapi pas tadi pulang kantor lihat hasilnya... doooeenngg kasian juga anakku... tapi kata mama ku itu cuma sebentar kok dan tania nangis beneran karena dia ga suka di iket tangan dan kakinya...sampe beberapa kali ngiket karena dia berontak..tapi asli beneran ekspresinya dapet dan alhamdulillah tugasnya di acc sama dosennya... Jadi yang lihat foto ini jangan berpikiran penyiksaan anak ya.. ini cuma drama kok... sesi foto foto nya pun bentaran...cuma buat bantuin tugas aunty tersayangnya ajah...

kenapa aku pajang disini?? karena aku suka lihat ekspresinya... dan menurut ku foto ini sebagian dari dokumentasinya tania.. jadi aku harus pajang disini di tempat aku mendokumentasikan semua cerita tentang tania...

Tania 2nd Bday

Alhamdulillah.. akhir nya 30 Juni 2010 putri kecilku berulang tahun yang kedua... berarti udah 2 tahun juga aku jadi mama.. senangnyaaa...

untuk ulang tahun kali ini sama seperti sebelumnya tidak ada perayaan yang spesial karena memang aku dan suami sudah sepakat untuk perayaan ultahnya insya allah nanti aja kalau dia udah mulai sekolah... walau tidak ada perayaan bukan berarti sepi-sepi ajah tapi seperti tahun kemarin tania tiup lilin di dampingi sama para tante dan om nya.. jadi tamunya udah pada gede semua :D

ultah tania kali ini aku coba beli kue pada bakul online yang beda maksudnya pengen coba-coba ajah bukan berarti yang pertama itu ga enak.. setelah chat dengan salah satu mamak blogger motiq akhirnya kepilih lah bakul online coklatchic.. dan ternyata rasa kue nya emang beda yang ini bener bener full coklat karena memang dia ga pakai fondant... kali ini aku pilih temanya barney sama ada thomasnya coz emng tania lagi suka sama tokoh itu.. aku pesen bday cake sama mini cupcake+ lolipop buat di kasih ke temen-temen mainnya tania di sekitar rumah eyang...
kuenya dateng pagi- pagi pas tania baru selesai mandi..tania girang banget... sampe - sampe dia ga sabar pengen tiup lilin.. sedangkan rencananya tiup lilinnya itu mau malem pas semua tante dan om nya udha pada pulang kerja dan siangnya aku dan ayah sengaja cuti untuk ngajak tania jalan-jalan ke PRJ.. jadi kue nya aku umpetin di kulkas dulu...pas dia tau kuenya ada di kulkas, dia bolak balik buka kulkas terus...berdiri lama di depan kulkas mandangin kue nya... lucuuuuu banget.. dia bilang gini:



M: " ade ngapain buka kulkas?"
T: "mau iyat arney ma....utttuu emes deh "
M: " udah dong.. tutup lagi kulkasnya"
T: " iyup iyinnya.. iyup iyinnya cekalang uga..." ( jiaaaahh dia malah nyanyi )
T: " ma... adin mau iyup iyin.."
M: " iya nanti malam ya... oke?"
T: " Ote deh "



ya kira-kira gitu deh percakapan pas buka kulkas untuk pertama kali, walau udah janji ote deh juga tetep ajah buka kulkas teruuuss... sampai ayahnya seneng banget ngeliat anaknya memandang kagum sama kuenya.. berarti ga percuma niat nyenengin anaknya...



FIrst time ke PRJ

siangnya emang kita niat banget mau ke PRJ yang klo kata orang pas wiken itu rame banget, jadi kita berdua sepakat untuk cuti buat ajak tania pergi kesana..klo aku sih bukan cuti ya tapi lebih tepatnya bolos...eheehehehe.. gpp ya sekali ajah... :D

berangkat sekitar jam satuan kesana tapi ternyata PRJ itu baru buka jam setengah empat...fiuuuhh untung ada masjid jadi bisa nunggu disitu sambil istirahat karena perjalanan yang lumayan.. maklum kita kan bikers jadi ga bisa lewat tol. :D

akhirnya saat yang ditunggu-tunggu pun datang... yaah ahirnya masuk juga ke arena PRJ.. pertama kali masuk lewat pintu yag ada mainan anak2nya kya komedi putar dsb trus ngeliat stand-stand makan yang di dekor sedemikian rupa deh... tania ngomong gini "wwoowww... eyeeennn "  dia excited banget... apalagi pas beli makanan kan dapet balon.. dia makin girang ajah...

abis lihat-lihat stand sepeda dsb ( biasa deh si ayah..) kita duduk sebentar buat istirahat di depan stand helm eh tiba-tiba ada parade PRJ gituh... ada badut, ondel-ondel, marching band,sampai barongsai ada semua... tania gimana reaksinya?? wah makin seneng dia.. ga berhenti da dah sama semua yang lewat :D
hebat dia ga takut sama deol..deol (ondel ondel) heeheehehe... aku ajah takut :P
sudah cape muter muter dan belanja kita buru buru pulan coz udh sore dan mau ada acara tiup lilin..


Acara tiup lilin






sekitar jam tujuh malem kita sampe dirumah udah disambut sama para sepupu aku ( om dan tante nya tania).. setelah selesai mandiin tania trs pakein baju yang cantik..acara tiup lilin pun di mulai... acaranya tiup lilin anak kecil tapi anak kecinya ya cuma tania :D yang lainnya semua orang dewasa yang sayang sama tania... dikarenakan tania itu cucu pertama dan anak kecil pertama jadi deh dia sebagai bocah yang paling di sayang untuk saat ini :D ( karena insya allah abis lebaran nanti kakak iparku mau lahiran... moon doanya ya.. biar cucu kedua lahir dengan selamat dan sehat)


lucu deh tania ga mau tiup lilinnya klo ngga di nyanyiin dulu rame-rame... pas selesai di nyanyiin baru deh dia tiup lilinnya... klo ulta yang kali ini dia semangat banget tiup lilinnya tanpa bantuan orang pun dia bisa.. malah minta di ulang-ulang jadinya seharian itu dia tiup lilin beberapa kali..yang cape kan yang nyanyiin..ehhehehhehe..

kelar acara tiuplilin kita makan-makan bareng.. tadinya mau tumpengan tapi karena satu dan lain hal ngga jadi deh.. jadinya makan ikan gurame bakar dan menu lainnya ajah.. btw ultah kali ini tania dapat kado baju terus.. dan ada beberapa yang ngasih mentahnya aja.. lumayan buat ditabung ke rekeningnya tania... :D


kalo kado dari ayah dan mama cukup doa ajah... doa spesial buat putri kami tercinta..
sehat terus dan tambah pinter ya sayang... semoga kamu menjadi anak yang sholeha dan selalu menjadi orang yang baik hatinya...bisa selalu menjadi kebanggaan ayah dan mama serta keluarga besar kita... amiiieennn