Taniaku 16 bulan

wah.. udah hampir sebulan ternyata aku ga pernah posting lagi.. kangen posting pastinya tapi ya emang lagi males dan ga punya waktu cukup banyak untuk posting karena kesibukan jadi FTM.. jiiiaaahhh gaya banget deh...
tapi emang bener jadi FTM lebih sibuk daripada aku kerja di kantor dulu.. klo kerja di kantor ada waktu jam istirahat yang bisa digunain untuk browsing, update blog dsb tapi klo di rumah waktu istirahatnya itu cuma pas tania bobo siang dan itu biasanya aku melakukan pekerjaan rumah lain yang tertunda atau malah ikutan bobo..hehehhehe..


Taniaku sayang saat ini udh 16 bulan.. wah bentar lagi 1,5 tahun nih.. udah makin gede ajah anakku..
untuk masalah tumbuh kembangnya Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik..diantaranya :

Jalan
untuk yang satu ini tania semakin lancar dan saat ini lagi belajar jalan di permukaan yang agak kasar.. karena kebiasaan jalan di lantai jadi pernah suatu ketika dia coba jalan ke arah garasi rumah yang bukan lantai melain bebatuan dia terdiam sejenak dan merasa perubahan permukaannya dan jadinya dia takut melangkah.. dari pengalaman itu aku sekarang melatih dia jalan di garasi rumah tanpa alas kaki biar dia merasakan sensasi yang beda dan tau klo permukaannya itu kasar sehingga klo jatuh akan lebih sakit rasanya di banding klo jatuh di lantai...biarin deh kakinya kotor tapi abis itu kan langsung buru-buru cuci kaki.. klo ga ada noda kan ngga belajar ya.. :)



oia kemarin dia juga sempet punya luka lecet pertama di lututnya.. lucu deh.. lucu nya pas aku kasih betadine dia tidak menangis tapi beberapa menit kemudian dia mungkin baru merasakan perih dan sakitnya jadinya dia nangis.. trus pas dia nangis aku coba tiupin lukanya untuk mengurangi rasa sakitnya dan dia senang ketika ditiupin sampe-sampe pas ayahnya pulang langsung disuruh niupin lukanya juga dan hampir semua orang yg baru ketemu dia di suruh niupin lukanya itu..hihihihiihi... lucunya.. selama seharian itu tania ga mau jalan mungkin lututnya berasa kaku tapi ga lama kemudian dia jalan lagi karena anakku bukan tipe anak yang bisa anteng duduk manis tapi tipe yang suka berkeliling....

Bicara
untuk yang satu ini... bisa di bilang aku bangga deh dengan anakku coz diumurnya yang segini udah ceriwis bak burung beo.. tapi ceriwis bukan yang ga jelas gituh tapi bener-bener udh bisa ngikutin apa ajah yang diomongin sama orang lain.. ya meskipun ga sempurna banget tapi bener-bener hampir mirip lah..
udah bisa manggil semua keluarga dekatnya.. udah bisa manggil temen-temennya di rumah eyang.. udah bisa nyebutin beberapa nama binatang bahkan untuk pinguin yang agak susah pun dia bisa.. cuma kadang klo nyebutin kucing sama keong hampir sama krena yg kedengeran cuma eong nya ajah... :D
udah bisa nyebutin nama ayahnya yang hendro jadi "endlo.." tapi untuk nyebutin nama mamanya dia belum bisa..hikss.hiks.. klo aku ajarin nyebut "ike.. " lalu dia diam sejenak trus bilang  "mama.." 


Kepintaran dan kesukaan lainnya

tania memang suka banget nonton elmo dari beberapa waktu yang lalu tapiii beberapa hari  ini dia  lagi sukaaaa banget nonton vcd elmo yang judulnya " what's the name of that song.." ampun deh klo udh nonton itu maunya di ulang-ulang mlulu bisa-bisa sehari lebih dari 3 kali deh.. memang sih efek dari nonton vcd ini dia jadi makin suka bersenandung dan bernyanyi karena memang isi dari vcd ini lagu semua dan hampir semua lagunya easy listening gituh.. aku ajah yang dewasa seneng denger lagunya tapi kan lama-lama bosen juga klo seharian yang aku tonton elmo mlulu udh gituh maunya di ulang-ulang yang itu ajah lagi serinya.. klo lagi minta di setelin biasanya tania ngmg gini.. "ma.. didam..didam... nyanyi..yayayaya..." sambil nunjuk ke arah TV.. trus kalo udah hbis dia suka ngmg " ma... abis... agii.. nyanyi..agi.."
wah biasanya klo udh kya gini mama nya pura-pura ga denger ajah.. abis klo diturutin kan ga bagus juga klo seharian aktivitasnya cuma nonton di depan tv ajah..

selain itu tania suka banget pake accesoris khususnya kalung dan gelang.. tali kalung USB ku pun sering dikalungin dan betah sampe di bawa tidur segala..tapi untuk jepit rambut, bando dan topi tania masih ga betah paling klo lupa ajah dia mau di pakaikan.. klo inget mah langsung di copotin semuanya

untuk kepintaran lainnya tania juga udah bisa mengenal semua anggota tubuhnya seperti mata,telinga, rambut dsb cuma ya klo yang satu ini dia ga setiap saat mau klo disuruh tapi klo lagi mood ajah.. trus udah mulai belajar menghitung.. lucunya abis tiga dia ga mau nyebut empat melainkan langsung tujuh...hehhee.. trus dia juga mulai tau apa yang orang perintahkan ke dia walau masih mood-moodan juga sih..

tania suka minta tolong ke orang-orang terdekatnya kalo iya mau minta tolong sesuatu.. udah bisa merintah deh.. biasanya orangnya dia gandeng trus sambil tunjuk-tunjuk gituh.. trus udah jago banget ngadu klo ada sesuatu terjadi sama dia.. misalnya dia mau ikut ayahnya naik motor ga boleh.. dia langsung samperin aku dan ngadu ke aku sambil ngmg " ma..itut..ayah.." trus nunjuk-nunjuk gituh deh..

pokoknya makin banyak perkembangan nya dan alhamdulillah aku bisa menikmati semua itu..

Makan dan Minum
kira-kira 2 minggu yang lalu tania sempet GTM.. bener-bener ga mau makan dan minum pun sedikit banget.. aku sampe pusing di buatnya.. mungkin pengaruh batpil nya juga.. tapi setelah aku coba konsultasi sama salah satu temen blog..lagi-lagi konsultasi sama mamanya shaina aku tanya-tanya tentang multivitamin apa yang bisa untuk menambah selera makan dan ternyata di kasih tau untuk coba curcuma imuns dan Alhamdulillah tania cocok banget.. batpilnya langsung sembuh dan selera makannya balik lagi seperti semula.. senangnyaaa....lega benerr rasanya klo anak mau makan jadi ngga perlu repot klo nyuapinnya...

untuk BB nya kemarin pas konsultasi ke DSA sekalian imunisasi, BB nya 12 kg dan TB nya 82 cm. trus klo pertumbuhan giginya masih sama 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah.. tau nih masih belum nambah lagi..untuk susu aku lagi coba mix dengan dancow nutri gold.. ya mudah-mudahan cocok lah..

Oia semenjak tinggal di depok, aku memang jarang banget ajak tania keluar karena emang buatku lingkungan disana kurang baik untuk tania lagian ga ada temen yang sepantaran juga jadi beda banget sama kya waktu tinggal di rumah eyangnya..disana tania banyak banget temannya..
pernah suatu ketika tepatnya hari senin yang lalu tania ngerasa kesepian banget.. karena kebetulan waktu itu ayahnya lembur dan adik iparku juga kuliah sampe malam jadi dirumah cuma ada aku dan tania sampe jam 8 mlm.. dia kesepian tiba-tiba teriak manggil ayahnya dan om nya.. ketika aku bilang ayahnya kerja dan om nya kuliah terlihat gurat kesedihan dair mukanya.. aduuhhh kasian anak mama ga ada temennya..

Klo ayahnya sih bilang lebih baik di sekolahin deh biar biar sosialisasi tapi aku yang kurang setuju.. aku masih ngerasa belum waktunya tania untuk sekolah jadi untuk sementara tania sering-sering aku ajak nginep di rumah eyangnya ajah deh.. kaya sekarang ini si ayah lagi musim lembur jadi tania aku ungsikan ke ruamh eyangnya biar ga kesepian dan aku juga jadi punya waktu untuk posting.. karena ada yang jaga tania..:)
tadi sempet baca postingan Bundanya Alma tentang preeschool.. aku tertarik nyoba Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) - Fakultas Psiklogi UI 
kayanya bagus tuh dan sesuai sama kebutuhan sekolah yang aku inginkan untuk tania.. mungkin klo aku merasa tania sudah siap waktunya untuk di sekolahkan aku akan coba disitu.. 

 

3 komentar:

  1. Selamat ulbul tania sayang.. Makin pinter nih :)
    Tania badannya besar ya. Kalo dijejerin sama kyara yg hampir 2th, hampir sama. Kyara turunannya mungil kayaknya hehe..

    Iya mam, FTM emang lebih capek drpd kantoran, tp bisa menikmati setiap detik perkembangan anak. Kalo dulu kita kantoran masih bisa santai pas jam makan siang ato curi2 wkt kerja. Kalo dirumah pas anak bobo mendingan kerjain kerjaan rumah yg ketunda atau yg gak bisa dilakuin pas anak bangun ato ikut bobo sekalian hehe.. Sebenernya kalo seumur kyara udh bisa disambi. Tp kalo lagi maunya nempel terus ya sama aja gak bisa ngapa2in. Tapi dinikmati aja, ntar ada saatnya bakal kangen di tempelin anak hehe...

    Tania persis kaya kyara kalo dikasih betadine minta ditiup. Malah meski nggak sakit dia suka minta ditetesin betadine trs ditiup hehe..

    Sehat terus ya tania sayang..

    BalasHapus
  2. Wah tania hebat nich, udah banyak pinternya. BB n TBnya juga oke banget, Zaheer sich kalah,hehe..

    Salam kenal yaa..

    BalasHapus
  3. Met ulbul Tania.....dah pinter banget niiy....sehat selalu ya....

    BalasHapus