15 Bulannya Tania


Hari ini tania ku 15 bulan... makin hari makin bikin mama nya gemes.. makin bikin mamanya ngga mau jauh-jauh dari dia.. makin pinter pastinya...pokoknya makin nyenengin deh..

Jalan dan Berbicara
Akhirnya di usia 14 bulan lebih 2 minggu atau lebih tepatnya seminggu sebelum lebaran tania bener-bener udah bisa jalan sendiri... aku seneng banget akhirnya ngeliat anakku yang rasanya belum lama aku lahirin kok sekarang udah bisa jalan-jalan kemana pun sesuka hatinya.. bener-bener waktu rasanya cepet banget..

Semenjak tania udh bisa jalan sendiri, penjagaan makin ekstra ketat karena takut dia berjalan ke tempat-tempat yang membahayakan, belum lagi kadang jalannya masih sedikit doyong jadi takut jatuh gituh.. makin cape pastinya aku ngejagain dia seorang diri tapi ya itu tadi kadang kebanyakan happy nya jadi hilang deh capenya.. paling klo udh cape banget begitu ayah nya pulang langsung di serahkan ke ayahnya...mamanya mau istirahat.. hehehhe..

selain bisa jalan di usia nya yang 15 bulan ini, tania juga makin gape ngomongnya.. dia bener-bener copy cat sekarang.. setiap aku ngmg apapun sebisa mungkin dia tiruin.. kaya waktu aku bilang ke dia jangan main di lantai yang abis di pel soalnya licin.. eh dia malah ngikutin ngomong licin tapi emang ga sempurna banget sih tapi ya gituh deh jadinya yg tadinya aku sedikit marah jadi meleleh deh.. ketawa ngakak pastinya...

Sekarang Tania juga udah bisa manggil ortunya dengan sempurna.. udah bisa manggil Ayah dengan sebutan " Ya..yah " dan Mama dengan sebutan " mama.."  trus udah tau bedanya yang mana Ayah dan Mama nya..Tania juga udah makin banyak kosakatanya diantaranya :
  • ka..kung : manggil eyang kakung
  • eyang : manggil eyang uti nya
  • Na..nu : manggil Danu ( ade ipar ku)
  • A..uu.. : klo mau sesuatu
  • Awuu : Bau
  • Pa..pe..de : Cape deh
  • Itan : Ikan
  • Auumm : macan
  • ci..cakk : Cicak ( ini yg paling sempurna penyampaiannya)
  • Haluuu : halo klo angkat telp
  • Enyaak : enak ( biasannya dia sambil ngacungin telunjuknya.. hehhehee..anakku ga bisa ngacungin jempolnya entah kenapa..kayanya harus belajar lagi)
  • eong : kucing
  • bibib : bebek
  • Pepit : Patricknya sponge bob
  • aniiyy : barney
  • didi : gigi
  • ca..tikk : cantik (biasanya sambil ngaca dan begaya centil gituh )
dan masih banyak kosa kata lainnya aku ngga hapal semuanya, malah kadang klo liat iklan di tv suka di ikutin gituh kya kemarin iklan A&W kan ngomong "aw..aw.." diikuitin deh ma dia...

Tania juga udah bisa nyanyi beberapa lagu, ya walaupun paling cuma satu kalimat tapi yg pasti anak mama ini udah bisa nyanyi.. klo dulu nyanyi nya lagu mbah surip yang tak gendong atau elmo's world.. sekarang nambah 2 lagi yaitu lagu burung kakak tua dan cicak-cicak. Ya walaupun yang lagu burung kakak tua nya cuma pas " tek dung..yayaya..." tapi bagiku itu hebat lah.. trus yang paling lagi sering di nyanyiin ya lagu cicak itu.. begini nih klo tania nyanyi nya " cicak..cicak.. dididinn.." hehhehheehehee....
sekarang aku lagi ngajarin dia nyanyi topi saya bundar tapi dia baru bisa pas topinya ajah.. gpp deh.. tiap hari kita belajar terus ya nak...

Gigi

Untuk urusan gigi tania nambah lagi satu gigi bawahnya jadi total giginya ada tujuh.. trus sekarang aku juga mulai ngenalin tania dengan sikat gigi..telat banget ya.. tapi lebih baik telat daripada ngga sama sekali kan?? soalnya aku pikir giginya baru tujuh jadi belum harus kudu wajib sikat gigi.. paling cuma aku kenalin pas kita berdua lagi mandi bareng.. dia pegang sikat gigi sambil ngeliat aku sikat gigi ku juga.. Alhamdulillah sekarang dia udah mulai ngerti... waktu baru 2 hari aku kenalin sama sikat gigi.. dia langsung ngadu ke ayahnya dengan bilang " didi.." sambil jari telunjuknya gosok-gosok gigi nya kaya orang lagi sikat gigi...good girl...

Makan dan Minum
untuk urusan makan minumnya masih seperti biasanya, ga ada perubahan yang berarti.. tania juga masih makan bubur karena udh aku coba belajar makan nasi lembek yang ada setelah makan muntah lagi.. ya sudah jadinya balik lagi ke bubur walau kadang klo aku makan suka aku kasih suapan nasi aku yg udh sedikit di hancurkan untuk coba belajar pelan-pelan... Oia tania akhir-akhir ini lagi doyan banget sama yakult.. biasanya sih sehari aku batasin satu botol aja.. tapi kadang suka minta nambah jadi 2 botol.. kira-kira bahaya ga yah anak seumur tania minum yakult 2 botol sehari ?? ada yg bisa kasih masukkan??

untuk urusan susu, tania akhirnya cocok dengan Dancow 1+ rasa vanila dan Alhamdulillah masih ASI juga walau porsinya udh ngga banyak.. tapi semenjak aku jadi FTM.. tania makin sering minta nenen..

untuk BB aku tidak tahu persis.. belum nimbang lagi sih..tapi sih klo kata eyangnya tania makin gempal..

satu perkembangan negatif nya tania yang aku juga mau share disini.. dan siapa tahu ada yang bisa bantu kasih masukkan.. Tania makin hari makin terlihat keras kepala sikapnya.. aduhhh aku sampe bingung harus gimana..
klo di kasih tau ngga pernah mau dengerin sama sekali, pokoknya yg dia mau itu harus di lakukan.. klo ga di kasih ya dia akan nangis kenceng gituh.. trus kadang tania itu klo di marahin suka cuek ajah.. malah kadang klo di panggil juga nengoknya semaunya aja.. pokoknya semaunya dia lah..

Aku bingung.. klo di kerasin atau di bentak nanti takutnya jadi kebiasaan sampe besar harus adu urat dulu.. tapi giliran di kasih tau secara halus tania cuek ajah.. ada yang tau gimana cara ngasih tau ke anak bahwa yg dia lakukan itu tidak boleh... please para mom lainnya aku minta sarannya ya...

memang ngga setiap kali tania begitu.. klo lagi nurutnya keluar dia bisa nurut banget di bilangin apapun.. trus diajarin apapun juga gampang klo lagi nurut..dia pasti akan cepat tanggapnya.. cuma dia ngga mau klo keinginannya tidak di turuti..

ya mudah-mudahan nanti semakin besar kamu semakin nurut dan tidak keras kepala ya nak..
terus tumbuh dan berkembang, sehat  dan makin pinter ya putri kecilku... cinta kasih kami akan selalu menyertaimu...

Cerita Sedih part 2

harusnya sekarang bukan cerita sedih ya.. harusnya update cerita lebaran.. pengennya sih gituh tapi poto2 nya belum ngumpul jadi mendingan lanjutin cerita ttg kesedihan yg kemarin baru part 1 deh..

cerita ini aku bukan bermaksud menjelek2an or menghina orang tapi cuma mencurahkan isi hati dan apa yang aku rasain..blog ini kan rumah pribadi aku.. jadi aku bebas menceritakan apa yg aku rasain.. untuk dokumentasi juga..

ceritanya gini...

setelah kurang lebih 4 hari ga masuk kerja karena tania di rawat di RS tepatnya jumat tanggal 28 agustus 2009, aku masuk kerja lagi.. dari pagi masuk kerja aku ga ada perasaan apapun.. cuma kemarin emang SPV aku sms menanyakan kpn aku bisa masuk kerja lagi.. disitu aku emang udh pasrah klo emang ada hal2 buruk yg terjadi ttg masalah pekerjaan.. karena emang bagi ku tania itu prioritas paling utama.. wong emang tania saat sakit ga mau sama sekali di tinggal, aku pun bener2 tidak keluar dari kamar RS sampe suntuk banget rasanya..

back to cerita ngantor.. pas hari jumat itu semua berjalan apa adanya sampe sore ketika aku udh siap-siap mau pulang tiba-tiba aku di panggil menghadap managerku dan di dalam ruangan itu ada orang HRD juga..

Saat itulah perasaan ku udah mulai berasa sangat ga enak..aku udh mikir klo aku pasti akan di tegor or kemungkinan paling buruk ya di PHK..dan ternyata OMG saat itu aku bener-bener langsung di PHK..

alesan dari bos besar kantor aku adalah karena pendapatan di Dept ku mulai menurun maka dept itu rencananya akan di tiadakan dan melihat dari absensi ku yg sering ga masuk karena anak sakit jadi aku dirumahkan dan di suruh untuk lebih fokus ngurus anak.. dan hari itu hari terakhir aku masuk kantor..

gimana perasaan ku saat itu???... buseeeett dah udah ga bisa di ungkapkan dengan kata-kata antara sedih, kaget , kecewa dan campur aduk lainnya... rasanya udh kya lagi jatuh tersungkur trus ketimpa tangga trus langsung ketiban tembok yg runtuh.. bener-bener TOP bgt deh..

Bener-bener rasanya seperti dizolimin.. klo pun mau di PHK yang aku tau semua itu ada aturannya.. ya walau aku tau karakter bos besar ku memang begitu suka semena-mena dan melakukan apapun sesuai kemauannya.. karena memang menurut temen2 yg udh lama di situ dulu bos besar itu sering bgt mecat orang kya skrg yg aku alamin..

saat itu aku sempat bernegosiasi dengan manajer ku.. apa memang aku tidak di kasih kesempatan untuk memperbaiki absensiku??karena kmrn aku juga absen sebelumnya udah mengabari klo anakku di opname..dan jujur aku masih sangat membutuhkan kerjaan karena memang pendapatan masih kurang mencukupi.. klo udh cukup mah aku pasti jadi FTM deh.. tapi ternyata tidak ada kesempatan..karena itu udah keputusan bos besar.. buset dah.. langsung SP 3 ceritanya..ya gitulah klo ngantor dengan suasana j***ng yang ada cuma rodi ajah.. yg penting produktifitas dan harus menghasilkan keuntungan kadang malah tanpa memikirkan kesejahteraan karyawan.

pulang kantor langsung meledak tangisnya di hadapan suami..udh sampe ga terbendung lagi.. gileee sesak dadanya dan sakit hatinya luar biasa banget deh.. karena ngerasa di perlakukan tidak adil dan sangat semena-mena.. tapi pada akhirnya bisa ditenangin sama suami yg bilang mungkin ini udah waktunya kamu jadi FTM.. lagian kan emang tania butuh perhatian ekstra karena baru keluar dari RS jadi mungkin ini emang jalan yg terbaik dari Allah buat aku dan keluargaku.. klo masalah kerjaan rejeki ga akan kemana.. nanti diusahain cari kerja lagi dan selama dirumah kan bisa lebih konsentrasi ngurus taniashop..jadi ikhlasin ajah ya semuanya..

Memang aku juga ngerasa kurang nyaman kerja di tempat itu..makanya aku juga udh mulai apply2 lagi sebelumnya cuma karena butuh kerjaan aku masih tetep stay disitu.. jujur aku suka miss komunikasi sama manajer ku juga yg notabene orang asing yg kadang klo ngmg bhs indo suka agak berantakan kosakatanya jadi memang aku sedikit sulit memahaminya..apalagi ketika dia janji mau memberi bonus klo aku bisa bikinin web sederhana untuk kantor ku itu.. tapi ketika web sudah jadi janji tidak segera di tepati..dari situ aku makin berkurang respeknya..dan ada beberapa alasan lainnya yg bikin aku makin mulai ga betah..maaf ya bos.. tapi itulah kejujuran dariku..

kira-kira seeminggu deh baru bisa bener-bener ikhlas.. akhirnya diputuskan untuk kembali ke rumah depok ngeboyong tania.. yeahh memulai kehidupan baru bener-bener jadi FTM ngurus tania dan cuma berdua doang dari pagi sampe sore.. tapi Alhamdulillah selama jadi FTM semua lancar dan menyenangkan.. tania juga keliatan makin seneng karena ada mamanya setiap detik dan dia bisa bebas minta nenen kapanpun dia mau.. udh gitu tania juga korperatif banget sama aku.. jadi makin berasa deket ajah ma anakku.. malah sekarang pengen mulai apply-apply lagi agak berat juga klo nanti ninggalin tania.. kya sekarang nih.. tania masih diculik sama eyangnya karena mereka masih kangen.. aku ngerasa kesepian di rumah sendiri.. tapi ya cepat atau lambat aku harus kerja lagi untuk memenuhi kebutuhan.. dan mudah2an aku segera mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik lagi... Amiieenn..



PS: temen-temen mohon infonya ya klo ada info loker... khususnya loker untuk jadi admin..

Lebaran Sebentar Lagi..

Wah ga kerasa ya..puasa hari ini udah masuk hari ke 27.. Alhamdulillah puasa kali ini batalnya ga gituh banyak.. baru 5 hari , 1 hari batal waktu tania di opname karena dia minta nenen mlulu dan sisanya termasuk hari ini karena haid dan bisa di pastikan aku ga bisa ikutan sholat Ied karena lagi Haid dan juga masih ga berani bawa tania ikutan sholat Ied habis takutnya dia rewel atau malah rusuh..kan bisa ngeganggu ke khusyukan orang-orang yang lainnya.. gpp deh 2 kali lebaran ini ngalah dulu kan sholat Ied juga bukan wajib hukumnya..

Lebaran kali ini kita sekeluarga ngga mudik cukup berlebaran di jakarta ajah seperti tahun-tahun sebelumnya, ngunjungin sanak saudara dan temen-temen yang di jakarta dan sekitarnya.
Persiapan menyambut lebaran kali ini masih sama juga seperti tahun-tahun sebelumnya cuma yang sekarang aku lebih antusias hunting baju buat tania..hehhehe.. anak mama ini udh gede jadi bisa didandanin sekarang apalagi baju-baju untuk anak cewe lucu-lucu banget klo ga di ingetin sama ayah bisa kalap deh...

untuk update tania, seminggu menjelang lebaran ini tania udah bisa jalan sendiri.. Alhamdulillah di usia nya yang hampir 15 bulan anakku bisa jalan walau kadang masih sering jatuh.. tapi sejauh ini aku seneng bener ngeliatnya.. bener bener time files kyanya baru belum lama aku ngegendong bayi kecil, eh sekarang bayinya udah jadi toddler yang udah jalan-jalan kesana kemari.. emang jadi lebih cape ngejagain nya tapi seneng.. klo untuk urusan ngoceh udah makin banyak suku katanya, nanti deh aku review lagi di postingan ulang bulannya.

Terakhir di postingan yang kali ini aku beserta suami, tania dan keluarga besar ku mau ngucapin

Selamat Idul Fitri 
Mohon maaf lahir bathin..
untuk semua temen-temen blogger dan juga pembaca setia blog aku ini (narsis euyy..)

maafin ya.. kalo selama ini ada salah-salah kata, kalimat dalam penulisan maupun lisan juga  prilaku yang bisa menyakiti hati.. pokoknya mohon maaf lahir bathin ya.. dan selamat berlebaran semuanya...
semoga lebarannya bisa berkesan ya..

Cerita Sedih Part 1

kali postinganku mengenai masa-masa kesuraman dalam hidupku..lebaaayy banget sih..hhmm tapi ya beginilah adanya.. bulan agustus cobaan datang bertubi-tubi.. tapi ga bisa aq ceritain detailnya satu persatu tapi tetep akan aku ceritakan disini beberapa yg bikin aq makin terpuruk seperti orang yg sdh jatuh trus tertimpa tangga trus ditambah ketimpa tembok yg runtuh.. begitulah yg aku rasakan..sangat menyedihkan..aq sengaja cerita disini hanya utk dokumentasi bukan utk bermaksud apapun.. ngeri euy nanti klo ada salah kalimat atau kata bisa dituntut lagi..hehehehehe..
okeh..yuks di mulai ceritanya..

TANIA DIOPNAME

sejak setelah ultahnya tania mulai sakit batpil yg berkepanjangan..awalnya aq kira batpil biasa tp ternyata tidak karena sejak itu batpilnya ga sembuh-sembuh juga sampe hampir sebulan lebih..sempat disertai demam yg pertama ternyata anakku kena roseola karena sehabis sembuh demamnya timbul merah2.. selang kira-kira 2 minggu dari itu tania kembali demam lagi dan seteah di bawa ke dokter katanya radang tenggorokkan.. di resepi antibiotik dan akhirnya sembuh.. tapi tetep batuk pileknya masih ada tetapi memang makin berkurang.
lalu setelah sempat sembuh beberapa waktu tepatnya tanggal 20 agustus tania kembali demam pas sorenya.. alhamdulillah makan minum masih mau dan teratur hanya tubuhnya saja yg demamnya naik turun meski sudah di kasih tempra.. yang aku bingung kok sekalinya turun tidak sampai yang keringetan dan basah lepek gituh badannya.. sampai akhirnya hari ketiga demam yaitu tgl 23 agutus aku bawa tania ke UGD RSAB Harapan Kita.. di tes darah deh di situ.. hiks ga tega liat anakku dimabil darahnya tapi mau bagaimana lagi..

hasil tes darah pertama tania bikin aku lega karena trombosit normal cuma memang ada sedikit infeksi virus tapi katanya ga perlu khawatir dan klo sampe besok ga turun juga panasnya bisa kembali konsultasi ke DSA karena skrg yg menanganinya hanya dokter jaga.
esoknya sepulang kantor aku dan ayahnya tania memutuskan utk kembali konsultasi ke dokter walau pada saat itu badan tania tidak panas tapi juga tidak dingin banget.. aku takut klo tania tengah malam demam lagi.. dan rasanya kurang sreg klo tidak konsultasi ke DSAnya..

sesampainya di rsab HARAPAN KITA , setelah konsultasi ke DSA nya di bilang klo tania banyak lendir yg sudah mengental karena kelamaan batpilnya dan kali ini dia di resepi obat baru oleh DSA langganannya yg tau klo resepin tania obat kudu manis rasanya.. DSA juga menyarankan utk tes darah kembali utk liat trombositnya karena takutnya kena DB..

menurut dokternya banyak orang tua yang tidak tahu saat fase kritis DB, biasanya setelah hari ke empat sampai ke enam demam akan turun tapi justru pada saat itu koondisi trombosit sangat menurun dan bisa menyebabkan meninggal dunia.. ihh sereeemmm.. makanya tania pun langsung di cek kembali darahnya, DSA janji klo trombosit normal tania boleh langsung pulang tanpa konsultasi lagi ke DSA tsb. tapi klo ternyata turun jauh tania mau tidak mau harus di rawat.
menunggu kurang lebih 45 menit sambil main kesana kemari, akhirnya hasil tes darahnya keluar dan ternyata trombosit tania turun dratis dari normal itu sekitar 150.000 tapi malam itu tania cuma 105.000 dan dengan terpaksa DSA memutuskan untuk tania segera di rawat malam itu juga.. saat liat hasil tes darahnya aku langsung lemes ngebayang anakku harus di infus dsb.

setelah urus sana sini, tania langsung di bawa ke UGD lagi untuk di ambil darah kembali dan di infus... Ya Allah waktu tania di infus aku ga bisa ngeliatnya.. aku cuma memeluk anakku sambil merem.. yang megangin tangannya itu ayahnya beserta suster2.. kata ayahnya dilakukan 2 kali tusukkan jarum baru berhasil... nangisnya kejer banget tania saat itu..

ketika di kamar perawatan tania sudah dalam keadaan lemas tapi ga mau di tidurin di tempat tidur maunya bobo dalam pangkuan ku dan sepertinya dia trauma banget.. hiks kasian anakku.. malam pertama di RS aku di temani mama ku.. ternyata ngejagain anak kecil di RS lebih susah di banding ngejagain yg dewasa.. apalagi tiap hari tania di ambil darah 3 kali sehari.. sedih banget ngeliatnya.. setiap ngeliat orang yang tidak di kenal masuk ke kamar tania langsung nangis karena mungkin dia takut di apa-apain..
selama di rs trombosit makin turun dan turun dari 105.000 sampe 30.000.. itu semua sampe bikin aku stress.. klo menurut suster tania harus banyak masuk cairan dan terserah cairannya mau susu, air putih, jus buah dsb yg penting cairan utk menaikkan trombositnya. hari pertama tania masih mau koorperatif ketika di jagain sama aku dan ayahnya.. dia mau di suruh minum susu, juice jambu, air putih di campur sari kurma dsb sampe perutnya kembung dan membesar.. tapi pas hari berikutnya dia ga mau lagi.. susah bener di suruh minumnya apalagi makan.. selama di RS tania ga pernah ngabisin makanannya paling cuma 1-5 suap ajah.. dan selama di RS juga diapers nnya tania sebentar2 bocor karena dia banyak pipis dan BAB.. klo menurut suster itu normal..karena biasanya orang yg kena db akan sering buang air dan badannya terlihat membengkak sedikit.. dan tania memang seperti itu keliatannya.
susahnya itu ketika tania bobo di malam hari, biasanya kan dia utk cari Posisi yang pas itu harus guling2an di kasur tapi di RS agak susah karena tangannya di infus belum lagi ketika dia inget klo tangannya di infus dan infusnya pun kadang suka di tarik2 gituh..sampai pernah suatu ketika selang infusnya lepas dan darahnya keluar..
hari ketiga tania mulai mau sarapan dan minum banyak sampai pada akhirnya DSA memutuskan tania boleh pulang ke rumah karena trombositnya sudah mulai naik.. yang penting di paksa makan dan minum yg teratur dan minum obat nya juga harus di habiskan.. tania boleh di rawat di rumah karena fase kritisnya sudah lewat.

fiiuhhh leganya ketika tania boleh pulang.. dan bukan cuma aku dan keluarga yg senang.. tania pun tahu ketika dia di lepas infusnya..dia langsung bilang "da..dah..da..dahh.." sama suster dan juga temen2 sekamarnya. oia di dalam satu kamar itu ada 4 orang termasuk tania dan semuanya sama penyakitnya yaitu DB..dan tania yg paling kecil karena yg lainnya itu anak SD.. biasanya tania itu jadi hiburannya mereka kalo dia lagi mau di ajak becanda tapi tania juga biang rusuh klo malam suka nangis kenceng di saat para kakak2 itu bobo..taapi untungnya para kakak maklumin klo anak kecil yg satu ini emang cerewet..

pulang dari RS tania dapet 2 macam obat yaitu antibiotik dan obat batuk comtusi yang katanya sih khusus untuk batuk alergi.. Alhamdulillah setelah minum obat itu dan aku ganti susu nya tania sudah berkurang batuknya dan malah sampe detik ini sudah tidak ada sama sekali.. ya mudah2an susu nya yg kali ini juga bisa cocok terus yaitu pake susu dancow 1+ rasa vanila.. trus sampe seakrang aku masih menambahkan sari kurma satu sendok teh di susunya saat minum susu sesi pagi... dan sekarang nafsu makannya tania udah kembali normal bahkan minum susu nya nambah porsinya biasanya sekali minum sekitar 120 ml-150 ml skrg sekali minum 180ml- 240ml dan sehari tania bisa menghabiskan susu sebanyak 5 botol.. BB nya terakhir pas keluar dari RS adalah 11,2 KG itu bukan pake timbangan digital.

ya mudah-mudahan ini pengalaman pertama dan terakhir deh.. jangan sampe balik kesana lagi deh..ih amit-amit deh.. nyamuk nya jahat banget yg di gigit yang masih kecil mbok ya yg udah dewasa gitu yg digigit kan gampang tuh ngerawatnya...hehehehe..