Tania 18 bulan ( 1,5 tahun )

Yeay... Hari ini anak mama yang lucu tepat berumur 1,5 tahun...
Udah bisa apa ajah anak mama ini?? Yang jelas tambah pinter dan tambah lucu dan makin bikin gemes mamanya :)



Yuks review satu-satu :
1. Makin ngga bisa diem.. Jalan dan lari mlulu pokoknya gerak terus deh.. Berhenti nya itu klo bobo ajah..sampe yang jagain pada teler...Kadang aku mikir apa anakku ini type hyperaktif? Krn memang ga bisa diem semenit pun.

2. Urusan minum susu, tania biasanya sehari ngabisin 6x150cc tapi klo makan kadang susah dan kadang gampang..saat ini lagi susah nih makannya kadang bikin emosi jiwa mamanya.. Krn jujur aku kurang sabar klo masalah nyuapin yang paling jago tuh eyang uti nya. Tapi walau makan susah Alhamdulillah BB nya masih 13kg...trus imunisasinya juga udh lengkap dgn MMR nya dan ditawarin untuk vaksin cacar sama DSAnya tp mamanya masih mikir2.. Ayoo ibu ibu lain ada yg bisa kash masukan ttg vaksin itu?

3. Makin cerewet dan makin sering ngatur orang.. Udh bisa menggabungkan 2kata tapi biasanya kya nyuruh gituh..misalnya " mama.. Epon.. Ninih.." Ini artinya minta hpnya bawa kesini. Tania juga udh ngerti nama-nama anggota keluarga kya nama ayah,mama,eyang dll termasuk nama nya dia sendiri.. Tapi klo ditanya namanya siapa pasti jawabnya "adiin.." Krn memang drumah eyang dia biasa di panggil andin

4. Udah bisa nyanyi beberapa bait klo dulu cicak-cicak didin ajah skrg udah nambah panjang klo nyanyinya diantaranya kya gini :
Cicak cicak didinding
" Cicak-cicak dididin...iyam..iyam..iyam ayap.. Amuk hap... Di kakap.."
Burung kakak tua
"Wuwung kakak uwa.. Gigi dua..tekdung yayayaya..wuwung kakak tua"

5. Udah mulai belajar ngitung walau masih ngaco.. Lebih sering ngitungnya gini: atu.. Lima...opat..dujuh.. Uwa ..iga.. :D
Trus karena sering lihat tantenya gambar dengan cat poster warna warni tania jadi mulai belajar ngenal warna walau masih kacau juga.. Cuma taunya warna hijau dan kuning.

6. Tania juga udh mulai tau tentang rasa seperti asin,dingin,panas.. Oia rasanya kesetrum kecil juga dia tau :)
Gara-gara lagi lihat tantenya main komputer trs dia megang monitor nya yg memang kadang suka nyetrum sedikit.. Dia kaget dan sekarang jadi kapok deket-deket komputer tantenya..

Ngga kerasa udh 1,5 tahun ajah umur bidadari kecilku..pasnya sih umur segini aku mulai ngerencanain ngasih adik buat tania..tapi kemaren ketika aku tanya tania mau punya adik ga? Dia diem ajah sambil mikir.. Mungkin dia belum mauu kali yaaa...hahahahahaha.. Klo kata ayahnya emang mamanya juga yang belum siap punya anak lagi :D

Ya masalah nambah anak lihat nanti aja deh.. Sedikasihnya sama Allah yang penting saat ini ngerawat tania ajah dengan sebaik-baiknya... Keep growing my baby.. Kami akan selalu mengiringi tumbuh kembangmu dengan cinta kasih..

Hadiah spesial dari Ayah...

Udah lama nih aku ngga ngeblog.. Dikantor baru ga ada koneksi internetnya :( trus mau internetan di rumah netbook kesayangan ayah lagi rusak karena kesamber petir hiks..hiks.. Mau dibenerin yang rusak MB nya jadi muahal bgt biaya servis dan ganti sparepartnya harganya hampir sma kya beli netbook baru... So ayah lagi berpikir keras untuk masalah yang satu itu.

Tapiiiii kira-kira satu minggu yang lalu ayah beliin aku hadiah spesial... Sebenernya sih hadiah ultahku bln sept kemarin tapi karena uang hasil tabungannya baru kekumpul minggu kemarin jadi deh baru minggu kemarin dikasih hadiahnya...
Senang pastinya..biar indentnya lama tapi tetep ajah hatiku gembira... Lebaynya hihihihi...

Gimana ngga seneng klo dikasih hadiahnya BB gemini warna putih.. Thanks ya ay... Lophe you full deh :D

Klo kata ayah dia sengaja kasih aku BB karena untuk kepentingan toko onlineku juga.. Biar bisa cek email masuk trus biar online YM terus jadi klo ada pesanan or pertnyaan dari customer bisa langsung direspon krn respon cepat juga penting buat kelancaran taniashop karena dikantor aku tidak bisa internetan.. Jadi biar tetep mobile gituh :)
Aku sih ngga pernah mimpi punya BB atau pun minta beliin tapi pas udah nyoba fungsinya ternyata punya BB itu menyenangkan dan bener2 bisa bikin orang lupa segalanya...untungnya aku masih bisa tau waktu dan ngga terlalu addict.

Oia krn BB juga jadi bisa ikutan forum rumpinya emak2 blogger lewat BBM.. Seru juga kadang bahasan rumpiannya pokoknya tambah ilmu deh.. Jadi tambah banyak temen juga..

Pokoknya lagi seneng deh punya mainan baru ini :)
Btw ini nyoba posting pake gemini nya lwwoohhh.... Norak.com

Wiken di bandung

Hari minggu kemarin tepatnya 8 november 2009, aku, suami dan tania pergi ke bandung. kebetulan ada kondangan temen SMU ku di sana. Rencananya berangkat pagi dan pulang sore hari.. kita berangkat bareng sama sahabatku Hani karena memang kebetulan dia ada mobil tapi ngga bisa nyetir jadi ayah yang akan nyetir.. hani ini temen satu SMU juga sama aku tapi kita baru deket jadi sahabatan semenjak kuliah karena satu kampus dan rumahnya juga deketan sama rumahku masih di daerah grogol dan sekitarnya.

Berangkat jam 9.00 Wib dari rumahnya hani, kita gabung konvoi sama mobil temen-temn smu ku yang lainnya.. total ada 4 mobil konvoi barengan dari tomang, acara wedding nya sendiri itu jam 11.00 jadi otomatis kita semua agak sedikit ngebut untuk ngejar waktu.. sepanjang perjalanan so far berjalan lancar cuma memang pas di tol cipularang aku agak sedikit merasa mual karena rasanya kya ajrut-ajrutan gituh karena ayah nyetir dengan kecepatan 100 Km lebih coz ngikutin mobil yang lainnya yang memang agak ngebut ngejar waktu.. saat itu juga aku tau klo tania sedikit ngerasa mual juga karena dia tiba-tiba diam dan mukanya menunjukkan klo dia merasakan sesuatu.. aku sih langsung kasih dia nenen biar dia sedikit nyaman dan tidak muntah..

Sekitar Jam 11.45 kita tiba di Bandung, Awalnya kita masih tidak terpisah dari rombongan tapi ketika mobil kita kena lampu merah tiba-tiba kita kehilangan jejak dan bener ajah kita kya anak ayam kehilangan induknya.. udh dengan sotoynya menempuh jalan eh taunya muncul nya masih di lampu merah itu lagi.. alhasil muter-muter sekitar setengah jam baru deh ketemu tempatnya dan ternyata tempatnya itu udh 3 kali kita lewatin tapi kita ngga ngeh karena terlalu fokus lihat sebelah kanan dan ternyata adanya di sebelah kiri....huuuu cape dehhh yang ada di mobil cekikikan lucu gituh dengan kebodohan kita bertiga.. mobil sih boleh plat bandung tapi orang di dalamnya sama sekali ngga ada yang ngerti bandung..klo si ayah emang sering ke bandung tapi biasanya dia ngga nyetir jadi ngga terlalu merhatiin jalannya dan emang terakhir ke bandung itu tahun 2007 pas baru-baru nikah jadi udah blank banget tentang bandung..

Sampe di wedding party nya seru juga.. rame temen-temen jaman smu dulu.. mukanya udah pada berubah dan ada beberapa yang bawa anak juga.. disitu kerjaannya foto-foto terus deh..selain ngobrol-ngobrol melepas kangen.. klo tania selama disitu alhamdulillah tidak rewel malah joget-joget denger musik.. oia unik deh souvenirnya dapet tanaman lohh.. ceritanya mau go green nih...



Setelah selesai kondangan niatnya kita semua (mobil yang tadi konvoi) mau jalan-jalan..Sambil nunggu para wanita ganti kostum di mobil masing-masing.. tania dan ayah main-main di lapangan parkirnya yang luas banget kya lapangan bola karena memang lapangan rumput gituh.. wuuihhh tania seneng banget main di rumput..dia lari-larian sambil megang-megang rumputnya juga dan dia ngga mau udahan pas kita mau jalan lagi.. diatas itu beberapa foto tania yang lagi main di lapangan tersebut.. ada mama dan ayahnya juga yang ikutan narsis.. gpp kan ya.. hehehehe..

rencana mau ikutan konvoi jalan-jalan ke bandung gagal deh gara-gara tania muntah di mobil pas mobilnya baru keluar dari gedung acara pernikahannya.. mungkin mual yang tadi baru bisa dia keluarin..abis itu sih dia terlihat agak lega dan enakkan.. kasian liat anak mama muntah tapi lega juga rasanya pas dia ceria lagi abis muntah..


Akhirnya karena ketinggalan jauh dari mobil lainnya, kita putusin mau nekat keliling bandung sendirian ajah.. ternyata lumayan seru juga keliling liat-liat FO dan cari makanan walau sedikit nyasar-nyasar juga.. padahal udah beli peta 2 buah tapi tetep ngga ngaruh nyasar tetep jalan terus...hehehehee...

Kita cuma jalan ke FO di dago bawah ( klo ga salah) yang ada donatello, glamour, blossom dll..trus sorenya kita mampir ke ciwalk juga.. udah puas window shopping, belanja  dan jalan-jalannya akhirnya menjelang magrib kita putuskan pulang ke jakarta dan ternyata masih ajah kita nyasar juga di menit-menit terakhir... ampuunnn dehh.. tapi Alhamdulillah sepanjang perjalanan pulang semua lancar dan ga kena macet sedikitpun dari bandung jam 7 malam dan sampe di jakarta sekitar jam 9 malam.. dan tania juga ga rewel atau muntah lagi karena pas perjalanan pulang ayah nyetir nya lebih santai...

biar nyasar tapi seru juga pengalaman jalan-jalan ke bandungnya kemarin.. cuma di kasih PR nih sama hani suruh memahami petanya coz suatu saat nanti kita rencana mau jalan-jalan lagi ke bandung jadi biar ga nyasar-nyasar lagi..hehehhehe...






2nd Wedding Anniversary

Tepat nya 4 November kemarin, Alhamdulillah udah 2 tahun aku menikah sama suami tercinta.. udah 2 tahun hidup bersama.. walau sebenarnya klo dihitung dari pacaran udah kurang lebih 9 tahun kita barengan.. secara kita pacaran hampir 7 tahun dari mulai pertama masuk kuliah sampai kita lulus barengan trus sama-sama kerja dan sampe akhirnya sekarang tahun 2009,kebersamaan kita bertambah bukan cuma berduaan ajah tapi udah bertiga dengan seorang bidadari kecil yang merupakan anugerah terindah dari Allah untuk kita.. yup.. sekarang sudah hadir Tania Sekar Andhini di tengah-tengah kita.. dia yang membuat kebersamaan kita semakin indah, semakin semarak, semakin mempererat kita.. mudah-mudahan kita dapat merawat dan menjaga amanah dari Allah ini dengan sebaik-baiknya.


Tidak ada perayaan yang spesial untuk anniversary kali ini sama ajah sama yang sebelumnya hanya saling mengucapkan.. tapi rencananya memang si ayah mau bikin surprise tapi ternyata gagal deh..padahal ayah udh bela-belain ga lembur karena punya rencana mau ajak aku makan malam di luar berduaan, rencana tinggal rencana pas ayah pulang kantor dan nyuruh aku untuk siap-siap pergi eh tau-tau tania curiga dan dia ngga mau lepas dari gendongan aku.. hehehhehe... si unyil ini minta di ajak pergi juga.. setelah di bujuk rayu untuk tetep dirumah sama eyangnya, tania tetep ngga mau dan malah nangis rewel gituh.. ya akirnya dengan pasrah kita sebagai orang tua ngga tega deh.. akhirnya unyil ini ikutan deh dan akhirnya kita makan malam di Mall taman Anggrek ajah yang lokasinya deket banget sama rumah eyang... rencana mau makan malam romantis gagal deh.. hehehhehe... juragan cilik kan mau ikutan juga ngerayain ultah pernikahan orang tuanya..

Ngga kerasa memang udah 2 tahun mengarungi rumah tangga sama ayah.. suka duka kita bagi bersama.. kesedihan dan kesenangan juga kita lewatin bersama.. semuanya bisa membuat kita makin saling memahami dan saling memiliki..Insya Allah kita akan selalu bersama sampe akhir hayat..
Seperti kutipan di film Knowing " me is you and you is me.. together forever..

Semoga harapanku agar semua rencana, keinginan dan cita-cita kita dimudahkan jalannya oleh Allah sehingga hidup yang kita jalanin di iringi kebahagiaan lahir bathin..Amieennn...

klo dilhat dari fotonya.. setelah 2 tahun berjalan, tada perubahan yang tadinya berdua sekarang udah bertiga karena udah ada bidadari cilik yang mirip sama ayahnya di tengah-tengah..hhmmm kira-kira nanti anniversary yang keberapa yach nambah lagi anggota nya???

Suka Duka FTM

Setelah sekian lama ga punya waktu lama untuk konsentrasi nulis akhirnya hari ini bisa punya waktu satu hari untuk menulis.. soalnya semenjak jadi FTM aku sibuk sama kerjaan rumah dan yang paling penting ngurus juragan cilik yang lagi hobby jalan-jalan ke segala penjuru rumah dan aku tidak di bantu satu asisten pun jadi bener-bener ngerjain semuanya sendiri.. meskipun sibuk bukan berarti aku lepas dari internet.. klo itu mah tetep ada setiap hari tapi ya paling cuma update FB, blogwalking, dan pastinya ngurusin tokonya Tania dimana itu jadi mata pencarian utama ku saat ini disaat aku belum kembali mendapatkan pekerjaan..


Kali ini aku mau cerita suka duka jadi FTM, setelah kurang lebih 2 bulan aku menjalani rutinitas jadi FTM rasanya lebih banyak sukanya di banding duka nya..sekarang aku jadi orang pertama yang tau tentang perkembangan tania.. aku yang selalu ada disampingnya setiap saat dan setiap hari.. aku yang menemani dia bermain, belajar melancarkan jalannya karena aku yang menemani dia keliling rumah tiap hari, menemani dia menonton DVD kesayangannya sambil mengajarinya bernyanyi, mengajari dia berbicara karena emang tania bener-bener kya burung beo sekarang.. apa yg orang ngomong dia pasti ikutin, aku yang melihat semua tingkah "pinter" (baca nakal) yang kadang bikin kesel dan ketawa,aku juga yang nyuapin dan menina bobokan dia setiap hari.. semua aku kerjakan sendiri dan aku merasakan kebahagiaan yang tiada tara..walau kadang rasa cape dan emosi ketika tania lagi jelek mood nya dan ngga mau nurut tapi ya semuanya kadang menghilang gitu ajah ketika melihat senyuman dan ketawa cekikikannya tania..ketika melihat dia ingin bermanja-manja sama mamanya.. bener-bener indahnya pengalaman jadi ibu..

Selain itu selama aku jadi FTM aku juga semakin belajar dalam bersikap, aku harus bersikap lebih sabar lagi dalam mengasuh tania walau kadang masih suka kelepasan juga klo emosi berat.. jujur aku pernah mukul tania tapi ketika itu memang tania bener-bener lagi ga bisa di bilangin.. yang aku rasain sesaat setelah mukul adalah perasaan bersalah yang amat sangat dan rasanya nyesel banget..Insya Allah aku sudah janji pada diriku sendiri untuk tidak memukul tania lagi dan Alhamdulillah makin hari aku makin bisa mengontrol diri dan emosi.. ternyata punya anak itu juga membuat kita belajar banyak hal..

Hampir semua yang aku ceritain adalah sukanya menjadi FTM sedangkan dukanya itu dikit banget.. paling cuma kadang ngerasa kecapean yang amat sangat dan kadang boring ajah di rumah terus.. tapi itu semua bukan merupakan duka yang gimana gituh.. karena semua itu gampang terhapus.. dan ternyata setelah 2 bulan tidak pernah berangkat pagi dan ngerasain macetnya jakarta sekalinya kemarin ngerasain macet...fiiiuuhhh rasanya nyebelin banget deh...sedangkan duka yang lainnya adalah ketika aku inget bahwa suatu saat aku harus kembali bekerja lagi..kadang itu bikin aku berat.. karena sampe saat ini aku masih belum bisa jauh dari tania..apalagi setelah kemarin baca postingan dari Shinta salah satu temen blog yg ngerasa takut tidak ada disamping anaknya ketika anaknya membutuhkan perlindungannya..karena akhir-akhir ini banyak gempa yang terjadi..emang bikin serem tuh.. abis baca postingan itu aku smakin berat untuk bekerja lagi karena aku mau disamping tania terus untuk melindunginya.

Saat ini jujur memang aku sangat membutuhkan pekerjaan dan sedang mencari kerja.. tapi bukan berarti aku juga terlalu ngoyo dalam mencari kerja..semuanya tetap aku bawa santai dan semuanya aku nikmatin mumpung masih bisa menghabiskan waktu sama tania..walau aku juga tau beratnya jika nanti harus meninggalkan tania tapi aku yakin klo Allah pasti akan memberikan jalan yang terbaik untuk umatnya. amiienn

Taniaku 16 bulan

wah.. udah hampir sebulan ternyata aku ga pernah posting lagi.. kangen posting pastinya tapi ya emang lagi males dan ga punya waktu cukup banyak untuk posting karena kesibukan jadi FTM.. jiiiaaahhh gaya banget deh...
tapi emang bener jadi FTM lebih sibuk daripada aku kerja di kantor dulu.. klo kerja di kantor ada waktu jam istirahat yang bisa digunain untuk browsing, update blog dsb tapi klo di rumah waktu istirahatnya itu cuma pas tania bobo siang dan itu biasanya aku melakukan pekerjaan rumah lain yang tertunda atau malah ikutan bobo..hehehhehe..


Taniaku sayang saat ini udh 16 bulan.. wah bentar lagi 1,5 tahun nih.. udah makin gede ajah anakku..
untuk masalah tumbuh kembangnya Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik..diantaranya :

Jalan
untuk yang satu ini tania semakin lancar dan saat ini lagi belajar jalan di permukaan yang agak kasar.. karena kebiasaan jalan di lantai jadi pernah suatu ketika dia coba jalan ke arah garasi rumah yang bukan lantai melain bebatuan dia terdiam sejenak dan merasa perubahan permukaannya dan jadinya dia takut melangkah.. dari pengalaman itu aku sekarang melatih dia jalan di garasi rumah tanpa alas kaki biar dia merasakan sensasi yang beda dan tau klo permukaannya itu kasar sehingga klo jatuh akan lebih sakit rasanya di banding klo jatuh di lantai...biarin deh kakinya kotor tapi abis itu kan langsung buru-buru cuci kaki.. klo ga ada noda kan ngga belajar ya.. :)



oia kemarin dia juga sempet punya luka lecet pertama di lututnya.. lucu deh.. lucu nya pas aku kasih betadine dia tidak menangis tapi beberapa menit kemudian dia mungkin baru merasakan perih dan sakitnya jadinya dia nangis.. trus pas dia nangis aku coba tiupin lukanya untuk mengurangi rasa sakitnya dan dia senang ketika ditiupin sampe-sampe pas ayahnya pulang langsung disuruh niupin lukanya juga dan hampir semua orang yg baru ketemu dia di suruh niupin lukanya itu..hihihihiihi... lucunya.. selama seharian itu tania ga mau jalan mungkin lututnya berasa kaku tapi ga lama kemudian dia jalan lagi karena anakku bukan tipe anak yang bisa anteng duduk manis tapi tipe yang suka berkeliling....

Bicara
untuk yang satu ini... bisa di bilang aku bangga deh dengan anakku coz diumurnya yang segini udah ceriwis bak burung beo.. tapi ceriwis bukan yang ga jelas gituh tapi bener-bener udh bisa ngikutin apa ajah yang diomongin sama orang lain.. ya meskipun ga sempurna banget tapi bener-bener hampir mirip lah..
udah bisa manggil semua keluarga dekatnya.. udah bisa manggil temen-temennya di rumah eyang.. udah bisa nyebutin beberapa nama binatang bahkan untuk pinguin yang agak susah pun dia bisa.. cuma kadang klo nyebutin kucing sama keong hampir sama krena yg kedengeran cuma eong nya ajah... :D
udah bisa nyebutin nama ayahnya yang hendro jadi "endlo.." tapi untuk nyebutin nama mamanya dia belum bisa..hikss.hiks.. klo aku ajarin nyebut "ike.. " lalu dia diam sejenak trus bilang  "mama.." 


Kepintaran dan kesukaan lainnya

tania memang suka banget nonton elmo dari beberapa waktu yang lalu tapiii beberapa hari  ini dia  lagi sukaaaa banget nonton vcd elmo yang judulnya " what's the name of that song.." ampun deh klo udh nonton itu maunya di ulang-ulang mlulu bisa-bisa sehari lebih dari 3 kali deh.. memang sih efek dari nonton vcd ini dia jadi makin suka bersenandung dan bernyanyi karena memang isi dari vcd ini lagu semua dan hampir semua lagunya easy listening gituh.. aku ajah yang dewasa seneng denger lagunya tapi kan lama-lama bosen juga klo seharian yang aku tonton elmo mlulu udh gituh maunya di ulang-ulang yang itu ajah lagi serinya.. klo lagi minta di setelin biasanya tania ngmg gini.. "ma.. didam..didam... nyanyi..yayayaya..." sambil nunjuk ke arah TV.. trus kalo udah hbis dia suka ngmg " ma... abis... agii.. nyanyi..agi.."
wah biasanya klo udh kya gini mama nya pura-pura ga denger ajah.. abis klo diturutin kan ga bagus juga klo seharian aktivitasnya cuma nonton di depan tv ajah..

selain itu tania suka banget pake accesoris khususnya kalung dan gelang.. tali kalung USB ku pun sering dikalungin dan betah sampe di bawa tidur segala..tapi untuk jepit rambut, bando dan topi tania masih ga betah paling klo lupa ajah dia mau di pakaikan.. klo inget mah langsung di copotin semuanya

untuk kepintaran lainnya tania juga udah bisa mengenal semua anggota tubuhnya seperti mata,telinga, rambut dsb cuma ya klo yang satu ini dia ga setiap saat mau klo disuruh tapi klo lagi mood ajah.. trus udah mulai belajar menghitung.. lucunya abis tiga dia ga mau nyebut empat melainkan langsung tujuh...hehhee.. trus dia juga mulai tau apa yang orang perintahkan ke dia walau masih mood-moodan juga sih..

tania suka minta tolong ke orang-orang terdekatnya kalo iya mau minta tolong sesuatu.. udah bisa merintah deh.. biasanya orangnya dia gandeng trus sambil tunjuk-tunjuk gituh.. trus udah jago banget ngadu klo ada sesuatu terjadi sama dia.. misalnya dia mau ikut ayahnya naik motor ga boleh.. dia langsung samperin aku dan ngadu ke aku sambil ngmg " ma..itut..ayah.." trus nunjuk-nunjuk gituh deh..

pokoknya makin banyak perkembangan nya dan alhamdulillah aku bisa menikmati semua itu..

Makan dan Minum
kira-kira 2 minggu yang lalu tania sempet GTM.. bener-bener ga mau makan dan minum pun sedikit banget.. aku sampe pusing di buatnya.. mungkin pengaruh batpil nya juga.. tapi setelah aku coba konsultasi sama salah satu temen blog..lagi-lagi konsultasi sama mamanya shaina aku tanya-tanya tentang multivitamin apa yang bisa untuk menambah selera makan dan ternyata di kasih tau untuk coba curcuma imuns dan Alhamdulillah tania cocok banget.. batpilnya langsung sembuh dan selera makannya balik lagi seperti semula.. senangnyaaa....lega benerr rasanya klo anak mau makan jadi ngga perlu repot klo nyuapinnya...

untuk BB nya kemarin pas konsultasi ke DSA sekalian imunisasi, BB nya 12 kg dan TB nya 82 cm. trus klo pertumbuhan giginya masih sama 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah.. tau nih masih belum nambah lagi..untuk susu aku lagi coba mix dengan dancow nutri gold.. ya mudah-mudahan cocok lah..

Oia semenjak tinggal di depok, aku memang jarang banget ajak tania keluar karena emang buatku lingkungan disana kurang baik untuk tania lagian ga ada temen yang sepantaran juga jadi beda banget sama kya waktu tinggal di rumah eyangnya..disana tania banyak banget temannya..
pernah suatu ketika tepatnya hari senin yang lalu tania ngerasa kesepian banget.. karena kebetulan waktu itu ayahnya lembur dan adik iparku juga kuliah sampe malam jadi dirumah cuma ada aku dan tania sampe jam 8 mlm.. dia kesepian tiba-tiba teriak manggil ayahnya dan om nya.. ketika aku bilang ayahnya kerja dan om nya kuliah terlihat gurat kesedihan dair mukanya.. aduuhhh kasian anak mama ga ada temennya..

Klo ayahnya sih bilang lebih baik di sekolahin deh biar biar sosialisasi tapi aku yang kurang setuju.. aku masih ngerasa belum waktunya tania untuk sekolah jadi untuk sementara tania sering-sering aku ajak nginep di rumah eyangnya ajah deh.. kaya sekarang ini si ayah lagi musim lembur jadi tania aku ungsikan ke ruamh eyangnya biar ga kesepian dan aku juga jadi punya waktu untuk posting.. karena ada yang jaga tania..:)
tadi sempet baca postingan Bundanya Alma tentang preeschool.. aku tertarik nyoba Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) - Fakultas Psiklogi UI 
kayanya bagus tuh dan sesuai sama kebutuhan sekolah yang aku inginkan untuk tania.. mungkin klo aku merasa tania sudah siap waktunya untuk di sekolahkan aku akan coba disitu.. 

 

Cerita Lebaran 1430 H

19 September 2009

Hari ini udh masuk hari terakhir puasa alias malam takbiran..seneng deh karena di hari terakhir puasa ini di rumah ku kita semua keluarga aku ada eyang, abangku dan istrinya, adikku dan adik iparku semuanya kumpul untuk melakukan buka bersama.. hehhehehhe.. tania seneng banget dengan situasi ini karena rumah jadi rame.. padahal kan biasanya kita dirumah cuma berempat malah lebih sering berdua doang karena ayah nya kerja dan adik iparku sibuk kuliah... buber nya pake menu lebaran yaitu ketupat dan teman-temannya trus ngga ketinggalan mpek-mpek karena kakak iparku dari palembang..
Sayangnya pas tengah malam semuanya pada pulang lagi karena besok mau sholat Ied di sekitar rumahnya masing-masing jadi sepi lagi deh.. tapi gpp besok kan kumpul-kumpul lagi..

20 September 2009
Akhirnya hari yang fitri dateng juga.. sayangnya  idul fitri kali ini aku belum bisa sholat Ied karena memang lagi halangan dan juga masih takut bawa tania ke mesjid...takut menggangu ke khusyukan orang lainnya..Pagi-pagi setelah berberes rumah aku langsung bangunin tania untuk mandi, tapi karena dia bobo nya malem jadi kyanya masih ngantuk banget bahkan sampe waktu sedang berendam di ember mandinya dia tertidur..hehhehehe...

Trus abis yang lainnya selesai sholat Ied, semuanya pada makan ketupat trus selesai makan ketupat kita keliling di sekitar rumah untuk salam-salaman.. klo lebaran di sekitar leingkungan rumahku rame banget.. rata-rata orangnya pada keluar untuk salam-salaman jadi sekali waktu semua udah ketemu... pas mau salam-salaman ini lagi-lagi tania terpaksa di bangunin untungnya yang kali ini dia tidak nangis cuma mukanya aja yang sedikit BT mungkin karena masih ngantuk sedikit..

Siangnya kami semua pergi ke rumah bude ku di daerah depok juga, ini tradisi di keluarga aku tiap tahunnya klo lebaran ngumpul di rumah Bude yang nota bene kakak tertua dari papaku.. jadi disana aku juga ketemu lagi dengan orang tuaku serta adik dan kakakku..

Sorenya ternyata semua keluargaku menginap di rumahku..senangnya.. bisa kumpul-kumpul lagi.. apalagi tania, dia terlihat senang banget karena rumah jadi rame dan dia mulai cerewet manggil satu persatu udh kya orang absen deh...hehehheeheheh..

21 September 2009
Hari kedua lebaran adalah waktunya soan ke keluarga dari suamiku sekalian kita nyekar ke makam ke dua ortunya alias mertuaku.. rute hari ini adalah depok-mampang lalu pulangnya baru ke rumah eyang di tanjung duren untuk gantian nginep disana.. pertama kita silahturahmi ke lingkungan disekitar tempat tinggal aku dulu di mampang karena emang tetangga disana udh seperti sodara sendiri.. disini tania mulai deh turun selera makannya.. mau nya ngemil kue-kue mlulu...untung susu nya masih lancar..

Sorenya kita ke rumah bule dari suami yang masih disekitar daerah mampang, disini tania pertamanya malu-malu tapi lama-lama jadi malu-maluin karena anak mama ini ga bisa diem dan cerewet... para sodara jadi terharu ngeliat tania.. karena memang Almarhum mertuaku dulu sangat menginginkan memiliki seorang putri bahkan dulu mereka pernah adopsi tapi karena ngga cocok si anak jadi sakit2an dan akhirnya di kembalikan lagi ke orangtuanya... semua sodara terharu karena andai mertuaku masih hidup pasti seneng banget liat cucu perempuannya tumbuh sehat dan mukanya mirip banget sama ayahnya..

Abis dari situ kita langsung nyekar ke makam, aku sama tania ngga ikutan masuk jadi kita tunggu di luar ajah, selesai dari makam langsung ke rumah eyang deh... sampe di rumah eyang aku langsung silahturahmi ke rumah tetangga juga.. capenya perjalanan hari ini..tapi aku senang..

22 September 2009
Hari ketiga lebaran, rencana for today aku dan kakakku mau mengajak orang tua kami untuk bersenang-senang.. yup hari ini kita rencana mau berenang ke water park Pondok Indah..knp ke sini?? karena aku suka banget berenang disini.. udha bersih, nyaman dan harganya juga terjangkau..

Sampe di water park PI, tania langsung teriak " ayii..ayi.." maksudnya air.. dia udh ga sabar mau berenang..pas udh di gantiin bajunya di langsung nyebur di ajak sama kakakku. Oia kakakku juga bawa keponakan dari istrinya namanya kk rafli.. dia udh sering banget main sama tania.. jadinya tania seneng bener berenang berdua sama dia... tania bener-bener suka air.. dia ga mau berhenti berenang.. giliran di ajak naik di pinggir kolam dia ngerasa kedinginan dan cengar cengir lucu gituh.. trus minta nyebur lagi deh..

kali ini eyang kakung nya juga ikutan berenang loh.. dia ngga kuat ngelihat cucu nya lucu main di kolam renang jadinya ikutan nyebur deh..hehhehehe....
Sayangnya waktu berenang kita foto-foto pake kamera digital kakakku dan aku belum sempat minta gambarnya lagi..jadi yg kali ini ga ada fotonya deh..


habis berenang kita makan bareng di bakmi GM PIM, abis kan bosen ya 2 hari makan ketupat dkk, akhirnya kita makan mie deh.. disini tania baru pertama kali aku cobain makan mie.. setelah di potong kecil-kecil aku coba suapin ke dia dan ternyata dia doyan banget sampe-sampe mulutnya nyamperin duluan minta di suapin lagi.. semua ketawa lihat tania lahap makannya.. dan mungkin juga karena lapar habis berenang kali ya dia jadi lahap..

Pulangnya aku sama suami dan adikku jalan-jalan ke PIM dan yang lainnya pulang duluan.. aku nemenin adikku nyari sesuatu dulu.. ya ampun PIM saat itu rame banget...

23 September 2009
Hari ini aku harus pulang lagi ke depok karena besok si ayah udh mulai kerja, tapiiiii karena eyangnya masih kangen jadi tania aku tinggal deh di rumah eyangnya.. gpp itung-itung waktunya pacaran buat Ayah dan mama nya hehehhee...tapi ternyata sehari di rumah tanpa tania rasanya sepi banget.. jadi kangen banget... untungnya hari sabtunya  kita langsung jemput tanianya lagi..

THR
Untuk lebaran kali ini tania ikutan dapet THR juga loh... lumayan banyak juga jumlahnya.. waktu sebelum lebaran udah dapet trus uang nya aku gunain untuk beli baju lebarannya dia. Eh pas lebaran dapet lagi deh.. yang kali ini uangnya dibeliin mainan untuk dia dan sisanya di tabung sama mamanya untuk beli kebutuhan buat dia nanti..


Ngomong-ngomong ttg mainan barunya ini, dia seneng banget karena emang ini mainan banyak fungsinya, cuma sekotak sih tapi banyak yg bisa di maininnya.. bisa untuk nyanyi juga loh karena di mainan ini juga ada microphone kecil tapi fungsinya mirip microphone beneran jadi tania suka nyanyi cicak-cicak pake microphone itu.. udha gitu ada setiran kecil beserta klaksonnya, dia juga suka banget mainin klaksonnya.. belum lagi setiap di main kan semuanya pasti ada suaranya jadi bikin tambah seru..pokoknya sekarang ini jadi mainan andalannya tania deh..



Segitu aja cerita lebaran dari keluargaku.. yang jelas lebaran kali ini sangat berkesan buat ku..
sekarang semuanya udah kembali ke rutinitas normal deh.. semoga tahun depan masih bisa menikmati indahnya bulan ramadhan dan lebaran lagi.. :)

15 Bulannya Tania


Hari ini tania ku 15 bulan... makin hari makin bikin mama nya gemes.. makin bikin mamanya ngga mau jauh-jauh dari dia.. makin pinter pastinya...pokoknya makin nyenengin deh..

Jalan dan Berbicara
Akhirnya di usia 14 bulan lebih 2 minggu atau lebih tepatnya seminggu sebelum lebaran tania bener-bener udah bisa jalan sendiri... aku seneng banget akhirnya ngeliat anakku yang rasanya belum lama aku lahirin kok sekarang udah bisa jalan-jalan kemana pun sesuka hatinya.. bener-bener waktu rasanya cepet banget..

Semenjak tania udh bisa jalan sendiri, penjagaan makin ekstra ketat karena takut dia berjalan ke tempat-tempat yang membahayakan, belum lagi kadang jalannya masih sedikit doyong jadi takut jatuh gituh.. makin cape pastinya aku ngejagain dia seorang diri tapi ya itu tadi kadang kebanyakan happy nya jadi hilang deh capenya.. paling klo udh cape banget begitu ayah nya pulang langsung di serahkan ke ayahnya...mamanya mau istirahat.. hehehhe..

selain bisa jalan di usia nya yang 15 bulan ini, tania juga makin gape ngomongnya.. dia bener-bener copy cat sekarang.. setiap aku ngmg apapun sebisa mungkin dia tiruin.. kaya waktu aku bilang ke dia jangan main di lantai yang abis di pel soalnya licin.. eh dia malah ngikutin ngomong licin tapi emang ga sempurna banget sih tapi ya gituh deh jadinya yg tadinya aku sedikit marah jadi meleleh deh.. ketawa ngakak pastinya...

Sekarang Tania juga udah bisa manggil ortunya dengan sempurna.. udah bisa manggil Ayah dengan sebutan " Ya..yah " dan Mama dengan sebutan " mama.."  trus udah tau bedanya yang mana Ayah dan Mama nya..Tania juga udah makin banyak kosakatanya diantaranya :
  • ka..kung : manggil eyang kakung
  • eyang : manggil eyang uti nya
  • Na..nu : manggil Danu ( ade ipar ku)
  • A..uu.. : klo mau sesuatu
  • Awuu : Bau
  • Pa..pe..de : Cape deh
  • Itan : Ikan
  • Auumm : macan
  • ci..cakk : Cicak ( ini yg paling sempurna penyampaiannya)
  • Haluuu : halo klo angkat telp
  • Enyaak : enak ( biasannya dia sambil ngacungin telunjuknya.. hehhehee..anakku ga bisa ngacungin jempolnya entah kenapa..kayanya harus belajar lagi)
  • eong : kucing
  • bibib : bebek
  • Pepit : Patricknya sponge bob
  • aniiyy : barney
  • didi : gigi
  • ca..tikk : cantik (biasanya sambil ngaca dan begaya centil gituh )
dan masih banyak kosa kata lainnya aku ngga hapal semuanya, malah kadang klo liat iklan di tv suka di ikutin gituh kya kemarin iklan A&W kan ngomong "aw..aw.." diikuitin deh ma dia...

Tania juga udah bisa nyanyi beberapa lagu, ya walaupun paling cuma satu kalimat tapi yg pasti anak mama ini udah bisa nyanyi.. klo dulu nyanyi nya lagu mbah surip yang tak gendong atau elmo's world.. sekarang nambah 2 lagi yaitu lagu burung kakak tua dan cicak-cicak. Ya walaupun yang lagu burung kakak tua nya cuma pas " tek dung..yayaya..." tapi bagiku itu hebat lah.. trus yang paling lagi sering di nyanyiin ya lagu cicak itu.. begini nih klo tania nyanyi nya " cicak..cicak.. dididinn.." hehhehheehehee....
sekarang aku lagi ngajarin dia nyanyi topi saya bundar tapi dia baru bisa pas topinya ajah.. gpp deh.. tiap hari kita belajar terus ya nak...

Gigi

Untuk urusan gigi tania nambah lagi satu gigi bawahnya jadi total giginya ada tujuh.. trus sekarang aku juga mulai ngenalin tania dengan sikat gigi..telat banget ya.. tapi lebih baik telat daripada ngga sama sekali kan?? soalnya aku pikir giginya baru tujuh jadi belum harus kudu wajib sikat gigi.. paling cuma aku kenalin pas kita berdua lagi mandi bareng.. dia pegang sikat gigi sambil ngeliat aku sikat gigi ku juga.. Alhamdulillah sekarang dia udah mulai ngerti... waktu baru 2 hari aku kenalin sama sikat gigi.. dia langsung ngadu ke ayahnya dengan bilang " didi.." sambil jari telunjuknya gosok-gosok gigi nya kaya orang lagi sikat gigi...good girl...

Makan dan Minum
untuk urusan makan minumnya masih seperti biasanya, ga ada perubahan yang berarti.. tania juga masih makan bubur karena udh aku coba belajar makan nasi lembek yang ada setelah makan muntah lagi.. ya sudah jadinya balik lagi ke bubur walau kadang klo aku makan suka aku kasih suapan nasi aku yg udh sedikit di hancurkan untuk coba belajar pelan-pelan... Oia tania akhir-akhir ini lagi doyan banget sama yakult.. biasanya sih sehari aku batasin satu botol aja.. tapi kadang suka minta nambah jadi 2 botol.. kira-kira bahaya ga yah anak seumur tania minum yakult 2 botol sehari ?? ada yg bisa kasih masukkan??

untuk urusan susu, tania akhirnya cocok dengan Dancow 1+ rasa vanila dan Alhamdulillah masih ASI juga walau porsinya udh ngga banyak.. tapi semenjak aku jadi FTM.. tania makin sering minta nenen..

untuk BB aku tidak tahu persis.. belum nimbang lagi sih..tapi sih klo kata eyangnya tania makin gempal..

satu perkembangan negatif nya tania yang aku juga mau share disini.. dan siapa tahu ada yang bisa bantu kasih masukkan.. Tania makin hari makin terlihat keras kepala sikapnya.. aduhhh aku sampe bingung harus gimana..
klo di kasih tau ngga pernah mau dengerin sama sekali, pokoknya yg dia mau itu harus di lakukan.. klo ga di kasih ya dia akan nangis kenceng gituh.. trus kadang tania itu klo di marahin suka cuek ajah.. malah kadang klo di panggil juga nengoknya semaunya aja.. pokoknya semaunya dia lah..

Aku bingung.. klo di kerasin atau di bentak nanti takutnya jadi kebiasaan sampe besar harus adu urat dulu.. tapi giliran di kasih tau secara halus tania cuek ajah.. ada yang tau gimana cara ngasih tau ke anak bahwa yg dia lakukan itu tidak boleh... please para mom lainnya aku minta sarannya ya...

memang ngga setiap kali tania begitu.. klo lagi nurutnya keluar dia bisa nurut banget di bilangin apapun.. trus diajarin apapun juga gampang klo lagi nurut..dia pasti akan cepat tanggapnya.. cuma dia ngga mau klo keinginannya tidak di turuti..

ya mudah-mudahan nanti semakin besar kamu semakin nurut dan tidak keras kepala ya nak..
terus tumbuh dan berkembang, sehat  dan makin pinter ya putri kecilku... cinta kasih kami akan selalu menyertaimu...

Cerita Sedih part 2

harusnya sekarang bukan cerita sedih ya.. harusnya update cerita lebaran.. pengennya sih gituh tapi poto2 nya belum ngumpul jadi mendingan lanjutin cerita ttg kesedihan yg kemarin baru part 1 deh..

cerita ini aku bukan bermaksud menjelek2an or menghina orang tapi cuma mencurahkan isi hati dan apa yang aku rasain..blog ini kan rumah pribadi aku.. jadi aku bebas menceritakan apa yg aku rasain.. untuk dokumentasi juga..

ceritanya gini...

setelah kurang lebih 4 hari ga masuk kerja karena tania di rawat di RS tepatnya jumat tanggal 28 agustus 2009, aku masuk kerja lagi.. dari pagi masuk kerja aku ga ada perasaan apapun.. cuma kemarin emang SPV aku sms menanyakan kpn aku bisa masuk kerja lagi.. disitu aku emang udh pasrah klo emang ada hal2 buruk yg terjadi ttg masalah pekerjaan.. karena emang bagi ku tania itu prioritas paling utama.. wong emang tania saat sakit ga mau sama sekali di tinggal, aku pun bener2 tidak keluar dari kamar RS sampe suntuk banget rasanya..

back to cerita ngantor.. pas hari jumat itu semua berjalan apa adanya sampe sore ketika aku udh siap-siap mau pulang tiba-tiba aku di panggil menghadap managerku dan di dalam ruangan itu ada orang HRD juga..

Saat itulah perasaan ku udah mulai berasa sangat ga enak..aku udh mikir klo aku pasti akan di tegor or kemungkinan paling buruk ya di PHK..dan ternyata OMG saat itu aku bener-bener langsung di PHK..

alesan dari bos besar kantor aku adalah karena pendapatan di Dept ku mulai menurun maka dept itu rencananya akan di tiadakan dan melihat dari absensi ku yg sering ga masuk karena anak sakit jadi aku dirumahkan dan di suruh untuk lebih fokus ngurus anak.. dan hari itu hari terakhir aku masuk kantor..

gimana perasaan ku saat itu???... buseeeett dah udah ga bisa di ungkapkan dengan kata-kata antara sedih, kaget , kecewa dan campur aduk lainnya... rasanya udh kya lagi jatuh tersungkur trus ketimpa tangga trus langsung ketiban tembok yg runtuh.. bener-bener TOP bgt deh..

Bener-bener rasanya seperti dizolimin.. klo pun mau di PHK yang aku tau semua itu ada aturannya.. ya walau aku tau karakter bos besar ku memang begitu suka semena-mena dan melakukan apapun sesuai kemauannya.. karena memang menurut temen2 yg udh lama di situ dulu bos besar itu sering bgt mecat orang kya skrg yg aku alamin..

saat itu aku sempat bernegosiasi dengan manajer ku.. apa memang aku tidak di kasih kesempatan untuk memperbaiki absensiku??karena kmrn aku juga absen sebelumnya udah mengabari klo anakku di opname..dan jujur aku masih sangat membutuhkan kerjaan karena memang pendapatan masih kurang mencukupi.. klo udh cukup mah aku pasti jadi FTM deh.. tapi ternyata tidak ada kesempatan..karena itu udah keputusan bos besar.. buset dah.. langsung SP 3 ceritanya..ya gitulah klo ngantor dengan suasana j***ng yang ada cuma rodi ajah.. yg penting produktifitas dan harus menghasilkan keuntungan kadang malah tanpa memikirkan kesejahteraan karyawan.

pulang kantor langsung meledak tangisnya di hadapan suami..udh sampe ga terbendung lagi.. gileee sesak dadanya dan sakit hatinya luar biasa banget deh.. karena ngerasa di perlakukan tidak adil dan sangat semena-mena.. tapi pada akhirnya bisa ditenangin sama suami yg bilang mungkin ini udah waktunya kamu jadi FTM.. lagian kan emang tania butuh perhatian ekstra karena baru keluar dari RS jadi mungkin ini emang jalan yg terbaik dari Allah buat aku dan keluargaku.. klo masalah kerjaan rejeki ga akan kemana.. nanti diusahain cari kerja lagi dan selama dirumah kan bisa lebih konsentrasi ngurus taniashop..jadi ikhlasin ajah ya semuanya..

Memang aku juga ngerasa kurang nyaman kerja di tempat itu..makanya aku juga udh mulai apply2 lagi sebelumnya cuma karena butuh kerjaan aku masih tetep stay disitu.. jujur aku suka miss komunikasi sama manajer ku juga yg notabene orang asing yg kadang klo ngmg bhs indo suka agak berantakan kosakatanya jadi memang aku sedikit sulit memahaminya..apalagi ketika dia janji mau memberi bonus klo aku bisa bikinin web sederhana untuk kantor ku itu.. tapi ketika web sudah jadi janji tidak segera di tepati..dari situ aku makin berkurang respeknya..dan ada beberapa alasan lainnya yg bikin aku makin mulai ga betah..maaf ya bos.. tapi itulah kejujuran dariku..

kira-kira seeminggu deh baru bisa bener-bener ikhlas.. akhirnya diputuskan untuk kembali ke rumah depok ngeboyong tania.. yeahh memulai kehidupan baru bener-bener jadi FTM ngurus tania dan cuma berdua doang dari pagi sampe sore.. tapi Alhamdulillah selama jadi FTM semua lancar dan menyenangkan.. tania juga keliatan makin seneng karena ada mamanya setiap detik dan dia bisa bebas minta nenen kapanpun dia mau.. udh gitu tania juga korperatif banget sama aku.. jadi makin berasa deket ajah ma anakku.. malah sekarang pengen mulai apply-apply lagi agak berat juga klo nanti ninggalin tania.. kya sekarang nih.. tania masih diculik sama eyangnya karena mereka masih kangen.. aku ngerasa kesepian di rumah sendiri.. tapi ya cepat atau lambat aku harus kerja lagi untuk memenuhi kebutuhan.. dan mudah2an aku segera mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik lagi... Amiieenn..



PS: temen-temen mohon infonya ya klo ada info loker... khususnya loker untuk jadi admin..

Lebaran Sebentar Lagi..

Wah ga kerasa ya..puasa hari ini udah masuk hari ke 27.. Alhamdulillah puasa kali ini batalnya ga gituh banyak.. baru 5 hari , 1 hari batal waktu tania di opname karena dia minta nenen mlulu dan sisanya termasuk hari ini karena haid dan bisa di pastikan aku ga bisa ikutan sholat Ied karena lagi Haid dan juga masih ga berani bawa tania ikutan sholat Ied habis takutnya dia rewel atau malah rusuh..kan bisa ngeganggu ke khusyukan orang-orang yang lainnya.. gpp deh 2 kali lebaran ini ngalah dulu kan sholat Ied juga bukan wajib hukumnya..

Lebaran kali ini kita sekeluarga ngga mudik cukup berlebaran di jakarta ajah seperti tahun-tahun sebelumnya, ngunjungin sanak saudara dan temen-temen yang di jakarta dan sekitarnya.
Persiapan menyambut lebaran kali ini masih sama juga seperti tahun-tahun sebelumnya cuma yang sekarang aku lebih antusias hunting baju buat tania..hehhehe.. anak mama ini udh gede jadi bisa didandanin sekarang apalagi baju-baju untuk anak cewe lucu-lucu banget klo ga di ingetin sama ayah bisa kalap deh...

untuk update tania, seminggu menjelang lebaran ini tania udah bisa jalan sendiri.. Alhamdulillah di usia nya yang hampir 15 bulan anakku bisa jalan walau kadang masih sering jatuh.. tapi sejauh ini aku seneng bener ngeliatnya.. bener bener time files kyanya baru belum lama aku ngegendong bayi kecil, eh sekarang bayinya udah jadi toddler yang udah jalan-jalan kesana kemari.. emang jadi lebih cape ngejagain nya tapi seneng.. klo untuk urusan ngoceh udah makin banyak suku katanya, nanti deh aku review lagi di postingan ulang bulannya.

Terakhir di postingan yang kali ini aku beserta suami, tania dan keluarga besar ku mau ngucapin

Selamat Idul Fitri 
Mohon maaf lahir bathin..
untuk semua temen-temen blogger dan juga pembaca setia blog aku ini (narsis euyy..)

maafin ya.. kalo selama ini ada salah-salah kata, kalimat dalam penulisan maupun lisan juga  prilaku yang bisa menyakiti hati.. pokoknya mohon maaf lahir bathin ya.. dan selamat berlebaran semuanya...
semoga lebarannya bisa berkesan ya..

Cerita Sedih Part 1

kali postinganku mengenai masa-masa kesuraman dalam hidupku..lebaaayy banget sih..hhmm tapi ya beginilah adanya.. bulan agustus cobaan datang bertubi-tubi.. tapi ga bisa aq ceritain detailnya satu persatu tapi tetep akan aku ceritakan disini beberapa yg bikin aq makin terpuruk seperti orang yg sdh jatuh trus tertimpa tangga trus ditambah ketimpa tembok yg runtuh.. begitulah yg aku rasakan..sangat menyedihkan..aq sengaja cerita disini hanya utk dokumentasi bukan utk bermaksud apapun.. ngeri euy nanti klo ada salah kalimat atau kata bisa dituntut lagi..hehehehehe..
okeh..yuks di mulai ceritanya..

TANIA DIOPNAME

sejak setelah ultahnya tania mulai sakit batpil yg berkepanjangan..awalnya aq kira batpil biasa tp ternyata tidak karena sejak itu batpilnya ga sembuh-sembuh juga sampe hampir sebulan lebih..sempat disertai demam yg pertama ternyata anakku kena roseola karena sehabis sembuh demamnya timbul merah2.. selang kira-kira 2 minggu dari itu tania kembali demam lagi dan seteah di bawa ke dokter katanya radang tenggorokkan.. di resepi antibiotik dan akhirnya sembuh.. tapi tetep batuk pileknya masih ada tetapi memang makin berkurang.
lalu setelah sempat sembuh beberapa waktu tepatnya tanggal 20 agustus tania kembali demam pas sorenya.. alhamdulillah makan minum masih mau dan teratur hanya tubuhnya saja yg demamnya naik turun meski sudah di kasih tempra.. yang aku bingung kok sekalinya turun tidak sampai yang keringetan dan basah lepek gituh badannya.. sampai akhirnya hari ketiga demam yaitu tgl 23 agutus aku bawa tania ke UGD RSAB Harapan Kita.. di tes darah deh di situ.. hiks ga tega liat anakku dimabil darahnya tapi mau bagaimana lagi..

hasil tes darah pertama tania bikin aku lega karena trombosit normal cuma memang ada sedikit infeksi virus tapi katanya ga perlu khawatir dan klo sampe besok ga turun juga panasnya bisa kembali konsultasi ke DSA karena skrg yg menanganinya hanya dokter jaga.
esoknya sepulang kantor aku dan ayahnya tania memutuskan utk kembali konsultasi ke dokter walau pada saat itu badan tania tidak panas tapi juga tidak dingin banget.. aku takut klo tania tengah malam demam lagi.. dan rasanya kurang sreg klo tidak konsultasi ke DSAnya..

sesampainya di rsab HARAPAN KITA , setelah konsultasi ke DSA nya di bilang klo tania banyak lendir yg sudah mengental karena kelamaan batpilnya dan kali ini dia di resepi obat baru oleh DSA langganannya yg tau klo resepin tania obat kudu manis rasanya.. DSA juga menyarankan utk tes darah kembali utk liat trombositnya karena takutnya kena DB..

menurut dokternya banyak orang tua yang tidak tahu saat fase kritis DB, biasanya setelah hari ke empat sampai ke enam demam akan turun tapi justru pada saat itu koondisi trombosit sangat menurun dan bisa menyebabkan meninggal dunia.. ihh sereeemmm.. makanya tania pun langsung di cek kembali darahnya, DSA janji klo trombosit normal tania boleh langsung pulang tanpa konsultasi lagi ke DSA tsb. tapi klo ternyata turun jauh tania mau tidak mau harus di rawat.
menunggu kurang lebih 45 menit sambil main kesana kemari, akhirnya hasil tes darahnya keluar dan ternyata trombosit tania turun dratis dari normal itu sekitar 150.000 tapi malam itu tania cuma 105.000 dan dengan terpaksa DSA memutuskan untuk tania segera di rawat malam itu juga.. saat liat hasil tes darahnya aku langsung lemes ngebayang anakku harus di infus dsb.

setelah urus sana sini, tania langsung di bawa ke UGD lagi untuk di ambil darah kembali dan di infus... Ya Allah waktu tania di infus aku ga bisa ngeliatnya.. aku cuma memeluk anakku sambil merem.. yang megangin tangannya itu ayahnya beserta suster2.. kata ayahnya dilakukan 2 kali tusukkan jarum baru berhasil... nangisnya kejer banget tania saat itu..

ketika di kamar perawatan tania sudah dalam keadaan lemas tapi ga mau di tidurin di tempat tidur maunya bobo dalam pangkuan ku dan sepertinya dia trauma banget.. hiks kasian anakku.. malam pertama di RS aku di temani mama ku.. ternyata ngejagain anak kecil di RS lebih susah di banding ngejagain yg dewasa.. apalagi tiap hari tania di ambil darah 3 kali sehari.. sedih banget ngeliatnya.. setiap ngeliat orang yang tidak di kenal masuk ke kamar tania langsung nangis karena mungkin dia takut di apa-apain..
selama di rs trombosit makin turun dan turun dari 105.000 sampe 30.000.. itu semua sampe bikin aku stress.. klo menurut suster tania harus banyak masuk cairan dan terserah cairannya mau susu, air putih, jus buah dsb yg penting cairan utk menaikkan trombositnya. hari pertama tania masih mau koorperatif ketika di jagain sama aku dan ayahnya.. dia mau di suruh minum susu, juice jambu, air putih di campur sari kurma dsb sampe perutnya kembung dan membesar.. tapi pas hari berikutnya dia ga mau lagi.. susah bener di suruh minumnya apalagi makan.. selama di RS tania ga pernah ngabisin makanannya paling cuma 1-5 suap ajah.. dan selama di RS juga diapers nnya tania sebentar2 bocor karena dia banyak pipis dan BAB.. klo menurut suster itu normal..karena biasanya orang yg kena db akan sering buang air dan badannya terlihat membengkak sedikit.. dan tania memang seperti itu keliatannya.
susahnya itu ketika tania bobo di malam hari, biasanya kan dia utk cari Posisi yang pas itu harus guling2an di kasur tapi di RS agak susah karena tangannya di infus belum lagi ketika dia inget klo tangannya di infus dan infusnya pun kadang suka di tarik2 gituh..sampai pernah suatu ketika selang infusnya lepas dan darahnya keluar..
hari ketiga tania mulai mau sarapan dan minum banyak sampai pada akhirnya DSA memutuskan tania boleh pulang ke rumah karena trombositnya sudah mulai naik.. yang penting di paksa makan dan minum yg teratur dan minum obat nya juga harus di habiskan.. tania boleh di rawat di rumah karena fase kritisnya sudah lewat.

fiiuhhh leganya ketika tania boleh pulang.. dan bukan cuma aku dan keluarga yg senang.. tania pun tahu ketika dia di lepas infusnya..dia langsung bilang "da..dah..da..dahh.." sama suster dan juga temen2 sekamarnya. oia di dalam satu kamar itu ada 4 orang termasuk tania dan semuanya sama penyakitnya yaitu DB..dan tania yg paling kecil karena yg lainnya itu anak SD.. biasanya tania itu jadi hiburannya mereka kalo dia lagi mau di ajak becanda tapi tania juga biang rusuh klo malam suka nangis kenceng di saat para kakak2 itu bobo..taapi untungnya para kakak maklumin klo anak kecil yg satu ini emang cerewet..

pulang dari RS tania dapet 2 macam obat yaitu antibiotik dan obat batuk comtusi yang katanya sih khusus untuk batuk alergi.. Alhamdulillah setelah minum obat itu dan aku ganti susu nya tania sudah berkurang batuknya dan malah sampe detik ini sudah tidak ada sama sekali.. ya mudah2an susu nya yg kali ini juga bisa cocok terus yaitu pake susu dancow 1+ rasa vanila.. trus sampe seakrang aku masih menambahkan sari kurma satu sendok teh di susunya saat minum susu sesi pagi... dan sekarang nafsu makannya tania udah kembali normal bahkan minum susu nya nambah porsinya biasanya sekali minum sekitar 120 ml-150 ml skrg sekali minum 180ml- 240ml dan sehari tania bisa menghabiskan susu sebanyak 5 botol.. BB nya terakhir pas keluar dari RS adalah 11,2 KG itu bukan pake timbangan digital.

ya mudah-mudahan ini pengalaman pertama dan terakhir deh.. jangan sampe balik kesana lagi deh..ih amit-amit deh.. nyamuk nya jahat banget yg di gigit yang masih kecil mbok ya yg udah dewasa gitu yg digigit kan gampang tuh ngerawatnya...hehehehe..

Entah..

Bulan ini cobaan datang hampir berbarengan dan semua nya bener-bener mneguji kesabaran diriku..
sampai cobaan yang terakhir yang benar-benar bikin aku sudah tidak bisa berkomentar banyak cuma bisa berusaha untuk ikhlas menerima semuanya, bersabar menghadapi semuanya, berusaha menginstropeksi diri dengan apa yang udah terjadi dihubungkan dengan apa yang pernah aku lakukan sebelumnya.. untuk mendapatkan jawaban apa hikmah dari semua ujian yang Allah berikan karena aku yakin kita di berikan ujian oleh Allah karena Allah sayang sama kita, Dia menginginkan kita berubah menjadi pribadi yang lebih dewasa dan naik level dalam menjalani kehidupan ini .. dan pasti nya aku tak lupa berdoa memohon di mudahkan dan di kuatkan dalam menghadapi semuanya..

saat ini banyak yg ingin aku ceritakan tapi rasanya diri ini belum siap untuk menulis dan menceritakan semuanya.. masih sangat shock dan tidak percaya dengan apa yang udah terjadi..
ternyata di perlakukan zholim itu tidak enak.. tapi ya mau gimana lagi ini sudah terjadi dan mungkin Allah memberikan ini semua agar aku sadar dan belajar bahwa di zholimi tidak lah enak, oleh karena itu dalam hidup ada baiknya jangan suka berbuat semena-mena ke orang sehingga membuat orang itu sakit hati dan menderita karena setiap perbuatan yang kita lakukan sekecil apapun baik itu kebaikan maupun keburukkan pasti ada balasannya dari Allah..

aku janji ya Allah mulai saat ini akan lebih berhati-hati dalam bersikap dan melakukan suatu perbuatan.. semoga semua ini menjadikan aku pribadi yang lebih dewasa.. Amiieenn

Gaya rambut baru niy..

waktu 2 hari yang lalu ketika aku pulang ke rumah mama, aku ngeliat ada yang beda sama tania.. keliatannya kok mukanya semakin tembem trus keliatan lebih fresh gituh.. aku curiga dengan model rambutnya..pas aku perhatiin ternyata bener.. rambutnya tania baru di rapiin sama eyang utinya.. si uti ternyata gatel liat rambutnya yang udh mulai memanjang dan ngacir ngga jelas gituh.. eyangnya tania ini emang waktu masih mudanya pernah kursus nyalon dan udah sering motong rambut nya para anggota keluarga.. Nah waktu tania kecil yang nge gundulin rambutnya juga si eyang uti sendiri.. trus skrg lagi-lagi si eyang uti yang ngeganti model rambutnya.. Menurut cerita nya eyang ketika di potong rambutnya tania emang ga nangis atau berontak tapi emang eyang uti motongnya perlahan-lahan sambil ngikutin tania yang merembet kesana kemari.. dan lucu nya kata si eyang setiap tania lihat potongan rambut yang jatuh dia teriak " hiiiii....." dengan ekspresi ketakutan dan jijik... karena emang tania sedikit takut sama gumpalan rambut..

sayangnya aku ga bisa mengabadikan moment itu karena emang saat itu yang ada cuma eyang uti dan tania.. bener-bener cuma berdua.. TOP deh buat eyang uti yang pada akhirnya sukses motong rambutnya tania tanpa bantuan orang.. mau lihat hasilnya? yukk cekidot..


oia aku ga sempet foto tania dengan rambut lamanya karena emang ga tau klo si eyang mau potong rambutnya tania.. jadi fotonya dengan rambut baru aja ya.. :)

Lengket terus..

Klo kata orang punya anak itu emang menyenangkan.. aku sangat setuju banget soalnya emang berasa banget makin hari memperhatikan polah tingkahnya tania dia semakin lucu, gemesin dan ngangenin.. jujur pas lagi nulis ini aku lagi kangen banget sama bidadari kecilku ini soalnya kemarin aku pulang keruamh depok jadi malamnya ga main sama dia..apalagi akhir-akhir ini dia semakin manja sama aku..

Sejak habis sakit kemarin tania makin lengket ajah sama aku.. kerjaannya ngebuntutin mama nya ajah..klo kata tika adikku udah kya kentut mama nya.. ngekor mlulu..pokoknya nempel mlulu d
eh.. klo udh ngeliat muka mamanya jadi ga mau jauh-jauh dari mama nya.. pokoknya mama nya harus kelihatan dari pandangannya..klo menjauh dikit langsung manggil or langsung nangis deh.. klo mama nya pergi nya masih deket biasanya langsung disamperin sih..

Klo dulu mau berangkat kerja aku ga perlu ngumpet-ngumpet dari dia tapi klo sekarang ga bisa.. soalnya tania pasti nangis klo liat mamanya pergi.. baru liat mama nya pake jilbab rapih ajah dia udah curiga dan langsung minta gendong ga mau lepas.. trus klo aku pulang kantor klo bisa tania jangan sampe liat atau denger suara ku sampai aku sudah selesai bersih-bersih.. soalnya klo ngeliat pasti langsung minta gendong dan nangis klo di lepasin..pokoknya jadi cengeng deh.. apalagi klo sabtu minggu pasti jadi hari rewel nya tania deh.. padahal menurut eyangnya klo ngga ada aku nya.. dia biasa2ajah dan ngga pernah rew
el sama sekali.. gpp deh yang penting ini anak ngerti banget klo ditinggal kerja sama mamanya..

aku tuh paling seneng banget klo tania manggil aku mama dengan nadanya dia yang manja.. kadang sambil kepalanya di rebahin di lengan ku trus tangannya nepuk-nepuk dadaku klo dia manggil dalam posisi digendong sama aku..oia sekarang juga klo bobo tania makin sering bobo tengkurap diatas badanku.. kadang sambil nenen juga.. pokoknya sweet banget deh dan kadang yang kya gituh itu yang bikin mama nya kangen banget sama dia..
walaupun kadang kesel juga klo tania kurang pengertiannya contohnya kya klo mau sholat kadang dia tetep mau di gendong gituh.. ya akhirnya si ayah deh yg turun tangan klo udah kya gini.. karena klo di gendong orang lain kadang suka ga mau dan nangis kejer... tapi so far semuanya menyenangkan..kaya yang difoto ini nih..



dia sering banget meluk dari belakang kya gini.. pokoknya ga mau mama nya hilang deh..
cinta banget sama mama nya.. sama kya mama nya yang cinta banget sama dia.... pokoknya semua akan dilakukan demi taniaku...




Kongkow sama teman lama

Udah lama pengen banget ketemuan sama temen-temen kampus.. sampe pada akhirnya hari minggu tanggal 26 july kemarin jadi juga ketemuan sama 3 orang sahabat aku dan ayah sewaktu masih kuliah dulu...FYI aku dan misua itu satu jurusan dan satu angkatan waktu di kampus.. jadi temen dia ya temen aku juga..hehehheheehee

mereka yaitu : hani, dini dan mei punya rencana keliling depok dan kebetulan saat itu kita lagi di depok jadi di bikin rencana ketemuan deh di margo city.. wah klo ngikutin acaranya mereka mah kasian tania coa mereka di depok wisata kuliner sambil nengokin kampus juga.. pake foto-foto lagi di kampuss.. ampun dehhh masih narsisdotcom juga..

janji ketemu di margo city jam 2 an, trus cari tempat ngobrol yang enak..karena mereka abis makan jadi kita milih cafe oh lala buat numpang duduk ngobrol ngadul ngidul ajah.. alhamdulillah salah satu temen kita udh punya rencana mau nikah tahun depan.. ya semoga semuanya di mudahkan dan dilancarkan amiiennn...


tau ga sih.. tiga temen ku ini dulu tuh klo sama ayahnya tania deket banget.. bisa di bilang mereka udh kya selir-selirnya si ayah deh.. abis mereka deket bener dan klo ada apa apa suka curhat sama si ayah..mungkin mereka merasa nyaman kali ya curhat ma si ayah..

back to kongkow nya.. kira dua jam ngobrol, aku pamit pulang karena masih ada acara lainnya.. tapi sebelum pulang aku sama ayah niat beliin tania bonek spongebob.. tapi pas mau bayar ternyata si tante-tante ini yang bayar...klo kata mereka ini hiutng-hitung kado buat tania... Alhamdulillaaahhhh... emang rejeki nya tania deh...

dan tuh boneka sekarang jadi boneka kesayangannnya tania.. sampe kmrn waktu di RS ajah bonekanya di bawa bawa..trus di peluk gituh sampe dokternya heran..paling sering si bob itu di peluk dan di cium sama tania..

Pengalaman Pertama Naik KRL

Satu lagi cerita yang tertunda, harusnya ini diceritain sekitar 2 minggu yang lalu..aku mau cerita pengalaman pertama tania naik KRL Ekspress.. sebenernya ini sih bukan yang pertama kali banget tapi udah yang kedua kali nya tapi waktu yg pertama kali tania dalam posisi bobo jadi dia tidak tau suasana sekitarnya..

Perjalan pertama menuju stasiun tanah abang tania tertidur sampe pas si mama dapet duduk di kereta tania juga masih tidur.. untungnya masih duduk.. dan cuma tinggal satu2 nya..
gila ya.. orang2 ngeliat ibu2 bawa anak juga pada cuek ajah ga ada yg mau berbagi tempat duduk sampe pada akhirnya aku telusuri gerbong demi gerbong dan dapat tempat duduk terakhir di gerbong satu.. aku mulai nyari tempat duduk dari gerbong 6..buseett parah kan tuh.. ga ada satu pun orang yg terketuk buat ngasih duduk.. pdhl saat itu aku cuma berdua ajah sama tania.. uuhhh kejam nya..

back to story ..setelah kereta nya jalan tania mulai gelisah dan akhirnya dia terbangun, awalnya dia bingung karena terbangun di situasi banyak orang..untungnya suasana kereta saat itu tidak terlalu padet walaupun itu jam pulang kantor.. tania celingak celinguk kanan kiri trus diem ketakutan gituh sambil memperat pelukannya ke mamanya..pokoknya mukanya tegang deh.. nih kya gini penampakannya..


tegang dan jadi diem mematung gituh...hehehe.. tapi itu ga bertahan lama sampai pada akhirnya dia mulai mainin tas ibu-ibu yang duduk disebelahku.... trus udh mulai bosen duduk dia minta turun dan berdiri sambil nyeder di pangkuan ku.. aku udah panik tuh..takutnya klo dia bosan lagi bisa2 ngajak jalan2 nih di kereta tapi ternyata tidak.. dia nyaman berdiri sambil pegangan lutut aku sampe tiba di stasiun pondok cina... fiuuhhh perjalanan selama kurang lebih 30 menit berjalan lancar... dan ketika turun dari kereta trus kereta nya jalan tania malah waving hand bilang da dah gituh... hihihhhihi....

setelah distasiun, kita sempet nunggu sebentar karena si mama ada janji ketemuan sama sahabatku yang pengen banget ketemu sama tania.. ya itung-itung sekalian nungguin si ayah jemput..

seru juga pergi berduaan ajah sama tania.. tapi sayangnya ketika hari minggu pulang dari depok tania mulai sakit lagi..hiks..hiks..

nanti lain waktu klo udah sembuh bener dan udah fit badannya kita cobain naik busway ya sayangku... mungkin kita ke ragunan naik busway tapi klo yang satu ini wajib ajak si ayah... ga kuat deh klo sendirian takutnya kena macet bisa tepar di bis si mama nya...

13 Bulannya Tania..

Postingan kali ini telat banget.. karena emang kemarin lagi ribet sama tania yang sakitnya tak kunjung sembuh...tapi alhamdulillah pagi ini anak mama yang satu ini bisa di bilang sudah lebih baik dari kemarin..tinggal penyembuhan batuk pileknya ajah dan penyebab demamnya alhamdulillah aku udah menemukan jawabannya setelah hampir 5 hari tania demam naik turun bahkan udah sempet konsultasi ke beberapa dokter..yaitu tania terkena roseola..fiiuhh hilang deh paniknya mama pas tau itu.. thanks to cicha yang udah mau diajak ngobrol dan konsultasi..

sakitnya tania kali ini bener-bener bikin semua panik..karena tania yang riwayat nya susah banget minum obat sampe pada akhirnya aku bawa dia ke RSIA Tambak jam 11 malem karena demamnya tinggi dan tania badannya gemeter gituh..panik mode on deh semuanya saat itu.. di RS tania di masukin obat melalui anus karena emang dia ga mau sama sekali nelen obatnya.. trus saat itu tania juga di uap biar encer lendirnya karena setiap batuk tania pasti muntah... sedih campur lucu waktu dia diuap, sedihnya aku ga tega ngeliat anakku nangis kejer entah karena kesakitan di uap atau karena dia tidak nyaman aku tidak tahu persis apa yang dia rasain, dan lucunya selama nangis itu tania ngoceh mlulu.. jadi nangis sambil ngoceh bilang " udah..udah..mama.. " atau " no..no.. " .

selesai di uap tania bisa bobo pules tapi pas paginya dia demam lagi..sampe pada akhirnya aku konsultasi sama dokter lain yaitu Dr. TOTO yang prakteknya di RS Harapan kita untuk minta obat lain yang rasanya manis supaya tania mau minum obatnya karena dari RSIA tambak obatnya pahit dan tania ga mau minum obatnya. akhirnya tania dikasih racikan obat AB , obat batuk dan obat pilek dicampur dalam satu sirup yang beneran manis dan beraroma nanas jadi agak mudah kasih obatnya karena cuma satu macam dan manis rasanya. oia waktu ke dokter ini aku semept kaget juga sih ternyata pasien dokter ini banyak bener.. katanya sih di dokter ini dia jarang kasih AB klo ga bener-bener terpaksa... dan Alhamdulilah setelah kurang lebih 3 hari rutin minum obatnya tania udah semakin membaik kondisinya sekarang..cuma masih rewel dan manja aja sama mama nya..

cukup segitu ajah cerita tentang sakitnya tania.. sekarang aku mau cerita tentang perkembangan tania di usia 13 bulan..


1. Untuk masalah jalan.. Alhamdulillah udah mulai belajar jalan sekitar 5-10 langkah.. dan udah mulai doyan banget di tetah...


2. udah bisa ngikutin apa yg diomongin orang pokoknya makin faseh bicaranya..kosakatanya juga makin banyak diantaranya:
  • Ja..tuh.. : jatuh biasa nya klo liat sesuatu yang jatuh
  • Ca..tu : Satu
  • mi..mi.. : minum biasanya klo minta minum or nyusu
  • no..no.. : no biasanya klo dia ga mau sesuatu dan diikutin dengan geleng2 kepala
  • enngaa.. : engga mau
  • mo..mo : elmo.. saat ini dia lagi suka sama elmo tapi tetep si bob jadi favorit
  • hus.. : kucing.. soalnya waktu itu aku liat kucing ngmgnya gituh jadi dia ngikutin hihihihihi...
  • owaaa: kecoa
  • hhiiii : iihhh klo dia jijik ngeliat kecoa dan sesuatu yg menjijikan menurut dia
apalagi ya? aduh aku lupa.. pokoknya segitu yang aku inget dan sisanya sekarang tania juga suka ngoceh bahasa bayi gituh..pokoknya ngoceh mlulu deh kya burung kutilang..hihihiihi...

3. udah bisa ngikutin nyanyian..klo dulu setiap ada lagu itsy bitsy spider dia langsung gerakin tangannya tapi klo sekarang lagi seneng dengerin lagunya elmo's world dan mba surip yg tak gendong.. kadang ikut nyanyi " tak..dong..tak..dong.. " dan " haa..haa..haa"

4. klo denger adzan atau ngeliat orang sholat pasti langsung tangannya posisi berdoa.

5. punya hoby baru yaitu dandan.. karena sering liat mama nya dandan dia jadi ikut-ikutan sekarang.. suka bedakan, sisiran, make lotion dan yg lucu nya eyang kakungnya pernah lagi bobo di bedakin sama dia :)

6. pas sakit nafsu makannya tania sebenernya tidak menurun cuma sering muntah jadi skrg tani terlihat langsing.. tanggal 27 kemarin pas di posyandu ditimbang masih 11,1 Kg tapi pas terakhir ke dokter kemarin di timbang beratnya 10,8 Kg.. sekarang nafsu makan dan nyusunya masih sama ajah cuma sekarang udh jarang muntah.. ya mudah-mudahan BB nya bisa kembali lagi.

selamat ulang bulan bidadari kecilku.. cepet sembuh ya sayang.. biar kamu fit lagi dan ceria lagi seperti biasanya..

Foto studionya tania

Sebenernya udah lama banget pengen fotoin tania di studio tapi karena aku belum menemukan studio foto yang pas ( pas hasil fotonya dan pas juga harganya dikantong hehehehe..) jadi nya ngga pernah terlaksana sampai ayahnya tania yang protes.. karena dia pengen banget men dokumentasikan tania pada masa bayi nya.

Akhirnya pas hari sabtu tanggal 27 Juni 2009 kemarin tania foto studio juga.. itu juga ga sengaja karena pas kebetulan waktu jalan di mall ciputra ada foto studio yang menawarkan foto dengan kostum.. dulu emang pernah nanya harganya tapi waktu itu masih ragu-ragu sampai akhirnya kemarin di desek sama ayahnya so jadi deh nyoba foto studio di situ.. dikarenakan mendadak jadi aku juga ga siap kostum lagian aku pikir disitu kan di sediain kostum yang lucu-lucu tapi kebanyakan kostumnya buat anak usia 3 tahun keatas..

setelah dicari-cari kostum yg buat bayi menurut ku cuma kostum labu yang paling lucu dan kyanya ngga ribet buat di pakenya.. trus sisanya tania pose tanpa kostum deh tapi tetep pake diapersnya..dan ternyata anak ku ini mau di pakein bando kelinci hehehe.. tumbenan nih..

urusan pilih kostum selesai langsung deh sesi pemotretannya.. ampun deh.. tania takut gituh.. bahkan dia nangis ngga mau jauh-jauh dari mamanya.. iki piye toh.. kan yang mau di foto cuma tania kok malah ga mau lepas dari mamanya.. klo soal foto mah mamanya udah pasti narsis..hahahhaha..

back to sesi pemotretannya, ribet banget semua berusaha ngajak bercanda tania dari mulai fotografernya trus asistennya sampe-sampe ayah dan mama nya yang standby di bawah panggung ( soalnya tempat tania di dudukin kya panggung kecil ) buat ngajak tania becanda biar dia tersenyum dan ga nangis.. tapi ternyata anak mama ini tegang banget susah banget dapet momen nya yang dia lagi nyengir.. tapi ternyata perjuangannya ngga sia-sia pas terakhir-terakhir sesi pemotretannya tania mengeluarkan nyengir gaya khasnya dia... good girl..

karena susah payahnya ini juga aku sampe lupa untuk gantiin kostumnya tania jadi kebanyakan fotonya yang dia cuma pake diapers deh.. tapi gpp aku sama sekali ga kecewa.. ternyata hasil fotonya lumayan bagus klo menurutku dan cukup bagus lah di banding dengan harganya.. oia untuk satu paket ini harganya seratus ribu saja trus dapetnya 5 foto 4R + 1 foto 8R + cd dari 5 foto tsb dan untuk ambil foto-foto lainnya ( jepretannya kan cukup banyak tuh posenya ) 1 fotonya di hargai 20 ribu.. Nah kemarin aku ambil totalnya 7 foto.. lumayan lah...
begini nih hasil foto-fotonya :


ket Foto : ini kumpulan pose tania dengan diapers dan bando kelinci nya..



ket foto : klo yang ini tania dengan kostum labunya..

oia hasil foto nya udah aku edit lagi biar ga terlalu berat ukuran filenya.. klo hasil yang bener-bener murninya ada ada di facebook aku tapi itu juga udah di kecilin ukurannya filenya..

like mother like daughter

sekedar intermezzo, aku mau kasih lihat foto aku dan tania....
banyak yang bilang tania itu mukanya si ayah banget.. tapi kali ini aku mau buktiin klo tania juga mirip aku.. yuks mareee...




tuh dapet di lihat kan klo tania mirip sama mama nya.. coba lihat bagian pipinya..itu hampir 100 % emaknya banget.. hehehehheehe

Tania 1st bday, berdiri sendiri dan sakit

klo di liat dari judulnya, kok kyanya postingan kali ini temanya banyak banget.. abis udh lama banget aku mau posting tapi ketunda mlulu..langsung mulai ajah ya ceritanya..

Tania 1st Bday

yipiiiee.. akhirnya anakku tiup lilin juga.. hehehe..
tepatnya sabtu tanggal 4 juli 2009, dirumah eyang diadakan acara kumpul keluarga untuk sedikit merayakan ultahnya tania.

untuk bday cake nya aku sengaja pesan di vicka dengan tema sponge bob karena tania kan spongebob mania..entah kenapa pas ngobrol lewat chat sama bakul kue yang satu ini aku langsung klop trus langsung order deh..ternyata untuk kuenya bukan hanya lucu tampilannya tapi rasanya ok bgt..trus klo goodie bag yang pengen di bagi-bagi buat sodara maupun tetangga aku pesennya di shendy, semuanya bagus dan sesuai udah gitu dikirim duluan padahal aku belum transfer thanks ya shendy atas kepercayaannya.. alhamdulillah semua nya

sesuai dengan yang aku mau dan sama sekali ga bikin kecewa..lucunya bday cake itu datang pas tania lagi bobo, lalu sewaktu tania bangun dia langsung teriak manggil bob dan nyengir-nyengir gituh.. apalagi pas di deketin dia gemes pengen megang figurine bob nya..

memang niat awal aku cuma mau bagi-bagi goodie ke tetangga dan tania tiup lilin di depan sodara-sodara ajah tapi karena acaranya dimulai pas jam 5 sore, eyang uti spontan manggil temen-temen nya tania yang lagi ngumpul-ngumpul ( biasanya emang jam segini di depan rumah eyang kumpul para baby2 ada yang sambil disuapin makan sore atau kadang cuma naik odong2 yang emang langganan lewat situ setiap jam 5an).

setelah beberapa temennya tania kumpul kira-kira ada 6 orang, acara tiup lilin pun di mulai..diiringi lagu selamat ulang tahun dan panjang umur tania tiup lilin di bantu sama mamanya..hehehhe... trus potong kue deh..tania juga nyobain loh potongan kuenya.. kan udh setahuuunnn :)

abis potong kue bagi2 goodie dan potongan kuenya ke para tetangga.. lalu acara terakhir ya makan-makan sama semua sodara deh..


di ultah pertama nya ini tania dapet kado lumayan banyak dan isi kadonya juga beragam tapi yang paling banyak ya baju.. khususnya baju spongebob sampe punya dua yg sama persis..hihihiihi...


Tania Berdiri Sendiri

Tepat sehari setelah tiup lilin yaitu tanggal 5 july 2009,tania akhirnya bisa berdiri sendiri..yippiiieee.. aku seneng banget..

Awalnya tania lagi main di kasur sama aku tiba-tiba dia bangun dari duduknya mau ke posisi berdiri sambil pegangan denganku tapi pas merasa badannya sudah pas dia langsung lepas tangannya dan taaa daaaa... dia bisa berdiri sendiri.. dan yang bikin aku senang dia memperlihatkannya di depanku sambil nyengir gaya khas nya dia.. aku spontan ikutan nyengir trus bilang.. cihuy anak mama udah bisa berdiri...tapi memang masih belum bisa bertahan lama paling sekitar 30 detikan abis itu dia oleng dan jatuh duduk..hehehhehee.. gpp ya nak..kita belajar teruss...

alhasil sejak bisa berdiri sendiri itu, menurut laporan eyangnya pas besoknya seharian tania berdiri sendiri mlulu sambil joget - joget tangannya..hehehehe.. tapi ya gituh masih ga bisa bertahan lama berdirinya sampe sekarang.. tapi aku ga khawatir kok, santai ajah.. aku yakin tania pasti bisa.


Sakit batpil

saat ini tania kondisi badannya masih sakit, udh hampir 1 minggu lebih anakku sakit batuk pilek dan udh beberapa hari dia batuk diwaktu menjelang subuh dan selalu muntah jadi hampir setiap hari ganti sprei deh sama persis kya vaya yg juga lagi sakit batuk..tadinya sabtu kemarin udah mendingan tapi ternyata pas hari minggu nya badannya tania malah demam lalu pas hari senin langsung aku bawa ke RSIA Tambak dan klo menurut diagnosa dokter kemungkinan demamnya di sebabkan adanya infeksi di tenggorokan karena batuk terus.. akhirnya diresepin obat lagi tapi sampai saat ini tania kadang-kadang masih suka sumeng-sumeng gituh.. klo sampe besok masih begini kemungkinan akan di bawa lagi ke dokter.. aku sih curiganya dia mau tumbuh gigi coz ngilernya banyak banget..tapi walaupun sakit perilaku tania ngga ada perubahansedikitpun dia tetep aktif dan selera makannya berkurang sedikit ajah tapi ya karena sering muntah jadi BB nya susut banyak.. kmrn terakhir timbang di RS cuma 10,2 KG turun 600 gram..hiks..hikss.. anakku jadi langsing sekarang.. tapi gpp yang penting bagiku sekarang adalah tania harus sehat
lagi...

mohon doanya ya temen-temen...semoga tania cepet sembuh..

Setahunnya Tania ku

Hari ini setahun yang lalu aku resmi jadi ibu.. Alhamdulillah hari ini bidadari kecilku tepat setahun umurnya.. bener-bener waktu cepat berlalu rasa nya baru kemarin aku melahirkannya tapi ternyata udah satu tahun aku lewati indahnya menjadi ibu.


Alhamdulillah lagi diusia satu tahunnya aku masih bisa memberikan ASI kepadanya walau mungkin porsinya lebih sedikit dibanding dulu. Untuk perkembangan tania lainnya akan aku ceritain setelah aku share dulu perubahan wajahnya tania dari dalam perutku sampai usia setahun ( tapi kurang 2 hari coz fotonya baru diambil hari sabtu kemarin..hehehe.. )


dilihat dari metamorfosisnya wajah tania bener-bener tidak mengalami perubahan yang banyak dari waktu aku USG 4 dimensi sampai sekarang..dia lebih mirip ayahnya klo kata orang..bagus deh mirip sama ayahnya di banding mirip sama orang lain..bisa repot aku nya hehehhehehee....

di usianya yang udah menginjak satu tahun ini ada beberapa perkembangan baru yang terjadi diantaranya adalah:

1. Masalah berdiri sampai saat ini tania belum bisa berdiri sendiri..anak mama ini bener-bener masih ketakutan dan belum PD berdiri sendiri..gpp ya sayang kita belajar terus..
hhhmm aku sih ga begitu khawatir tapi eyangnya itu lohhh yang sedikit khawatir terkadang bikin aku jadi panik juga.. tapi aku yakin emang tania belum waktunya ajah berdiri sendiri apalagi untuk jalan :)

2. Tania udah bener-bener ngerti apa yang di mau dan apa yang ga dia mau..biasanya dia geleng-geleng klo ga mau sesuatu.. tapi ada satu hal yang bikin aku bingung harus gimana.. banyak orang bilang tania ini adatnya keras banget..klo mau sesuatu itu harus di turutin kalo ngga ampuunn deh bisa teriak dan nangis kejer.. haduh nak.. mama bingung gimana ngajarin kmu supaya ngga kya gitu.. kan kadang malu klo lagi di tempat umum dia minta sesuatu tapi ga diturutin..hiks..hiks.. Tapi mama akan terus berusaha supaya kamu tahu bahwa itu ga baik.

3. Tania udah mengerti klo disuruh berdoa, pasti dia langsung angkat kedua tangannya dan ga lama kemudian mengusap kedua tangannya di mukanya...

4. Tania juga udh bisa waving hand sambil ngomong "da dah.." trus langsung kiss bye dengan bener yaitu tangan di taruh mulut trus bilang "mmuuaacchh"

5. Klo minta sesuatu dengan dia nunjuk-nunjuk tapi kita ngga kasih dia pasti langsung menadahkan kedua tangan nya sambil bilang "wwwwuuuunnnn..." orang jawa banget ya... :D

6.Tania udah makin jago mainin barang-barang mama nya kaya henpon dan dompet.. klo henpon biasa nya dia suka foto-foto sendiri trus nyengir gitu.. trus klo dompet dia pasti sukses ngeluarin semua isi dompetnya dari mulai kartu-kartu atm, duit sampai struk-struk belanja yang suka aku simpen di dompet pasti langsung bertebaran deh..

7. Tania suka main mobil-mobilan..yang ini diajarin sama ayahnya, jadi setiap ngeliat mobil-mobilan pasti tania ngomong " mbil...ngeng..ngeng.." sambil tangannya kya ngegerakin mainan maju mundur... meskipun begitu tapi tania juga suka sama boneka..klo main boneka pasti dia nyium-nyium boneka tapi lama kelamaan kadang tania suka gemes sendiri dan bonekanya di gigit atau dia teriak kegemesan..

8. Tania juga makin jadi copy cat.. ada orang batuk dia ikut-ikutan batuk trus ada orang teriak dia ikut-ikutan teriak trus ada orang ketawa dia juga suka ikut-ikutan ketawa maksa gituh..kadang pake di tutup mulutnya pake tangan sambil ketawa..halaaahhh centil banget sih de..

9. Klo untuk urusan ngoceh, kali ini kata-kata barunya cuma mobil yang kadang diucap sempurna mobil atau cuma mbil.. trus klo kakak atau dede itu udah makin sempurna diucapin dan tania udah bisa ngebedain yang mana kakak dan dede.. setiap ngeliat bayi dia selalu bilang dede trus klo ngeliat anak yg lebih besar di panggil kakak..hehehhee..pinternya anakku..

10. Untuk masalah makan dan minum..sekarang tania tau banget rasa klo makanannya berasa hambar dan ga enak menurut dia pasti langsung di lepehin..trus klo makan makanan orang gede kya nasi dgn lauk pauk dsb dia lebih tertarik di banding makan makanannya sendiri..mungkin karena lagi belajar mengenai rasa kali ya jadi dia penasaran sama rasa semua makanan.. untuk minum susunya masih sufor plus ASi tapi Insya Allah di umur yang udh setahun ini aku mau kenalin dia sama susu UHT.

11. Untuk giginya anak mama ini udh nambah 3 tapi memang belum keluar sempurna. jadi total gigi atasnya mau 5 sedangkan gigi bawah masih 2.

12. Alhamdulillah selama setahun ini tania bisa di bilang jarang banget sakit, selama setahun ini abru 2 kali dia ke DSA dikarenakan demam tinggi selebihnya paling cuma batuk pilek biasa dan kadang badannya sumeng gituh. klo penyakit ini sih biasanya cukup di kasih triaminic untuk pileknya, mucopet untuk batuknya dan praxion untuk demamnya dan sejauh ini semua obat ini cocok di konsumsi sama tania.

13. Nah ini yang terakhir dari perkembangannya untuk BB nya kemarin di timbang di POsyandu yaitu 10,8 ( naik 100 gram) padahal aku pikir dia ga akan naik BB nya soalnya 3 hari ini makannya sedikit karena lagi mau pilek.

di usia nya tania yang setahun ini tidak ada perayaan yang istimewa, mungkin hari sabtu nanti rencananya baru ada acara syukuran dengan keluarga deket ajah sekalian tiup lilin.

Selamat ulang tahun ya bidadari kecilku.. semoga kamu manjadi anak yang sholeha dan bisa menjadi kebanggaan kedua orang tua. semoga kamu sehat terus sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di iring cinta dan kasih sayang dari ayah dan mama...

Tania dan pojok favoritnya

Ternyata di rumah eyang, tania punya pojok favorit yaitu diantara pinggiran ranjang dan tembok di kamar eyang...emang tempatnya kecil mungil tapi tania nyaman tuh main-main disana dan klo udh di pojokkan nya itu tania betah bener, enak sih buat yg ngejagainnya ga perlu cape-cape ngikutin polahnya tania, tinggal duduk disampingnya sambil ngeliatin dia melakukan apa ajah di pojok favoritnya itu.. tapi sekarang tania sedikit
ekstrim gerakannya klo di pojok itu.. mau tau ngapain ajah tania klo di pojok favor
itnya??yuks di intip...




Tania in action..

begini nih gayanya anakku sekarang....ini foto-foto waktu kita lagi di solaria margo city

..

Berenang lagi..

Postingan ku kali ini bisa di bilang hampir basi karena aku mau menceritakan cerita yg terjadi seminggu yang lalu..

Jumat kemarin, suami ku cuti trus aku ikutan bolos juga deh...hehehhee... karena apa?
karena emang kita rencana mau jalan-jalan bareng.. mumpung ada mobil pinjaman punya kakakku yang lagi honeymoon... maka makin mat
eng deh rencana cuti barengnya..

Rencana awalnya mau ke Bon bin Ragunan trus kita berenang bareng di Pondok Indah.. tapi ternyata siang itu panas banget.. udah gitu karena satu dan lain hal akhirnya kita ga jadi ke bonbin nya.. trus di putuskan untuk berenang ajah.

Berangkat setelah Ayah sholat jumat, aku, ayah, tika dan tania langsung menuju Pondok Indah mall.. sampe disana sekitar jam 2 an.. tadinya mau langsung nyebur tapi karena tania bobo jadi diputuskan untuk jalan-jalan dulu di PIM sambil menunggu tania bangun.

Kira-kira sejam setelah jalan-jalan, akhirnya tania bang
un langsung deh kita menuju kolam renangnya.. ternyata sesuai yang di bayangkan suasana kolem renangnya siang itu sepi bangettt... udah serasa berenang di hotel deh.. aku memang dari dulu paling seneng berenang disini coz kolam nya juga lumayan banyak udah gituh bersih trus toiletnya juga bersih dan ada air panasnya segala.. jadi enak banget....

Abis isi perutnya tania sedikit, langsung deh si Ayah ngajak tania nyebur ke kolam arus... Awalnya tania takut tapi lama-lama dia baru merasak
an asiknya main air sampe-sampe ngga mau di angkat dari kolemnya..hehehehe....


Kira-kira satu jam lebih berenang dan udh sampe ngga kehitung berapa puteran deh tuh muterin kolem arusnya, aku memutuskan untuk menyudahi acara berenangnya.. lagian turun hujan yang lumayan gede juga. Langsung deh angkat tania dari kolem dan di bantuin sama tante tika aku mandiin tania..abis tania mandi dia aku dudukin distrollernya sambil minum susu dan dijagain ayahnya, giliran mama nya yang mandi.
Selesai mama mandi, si ayah laporan klo tania gatel pengen nyebur lagi.. abis liat anak-anak kecil yang pada berenang.. eh dia minta nyebur lagi...hehehehee.. jadi hobby ya nak main airnya..

Sekitar jam 5an semuanya udah pada selesai mandi awalnya kita mau sekalian belanja bulanan di giant point square..tapi karena tante tika bawel kelaperan akhirnya mampir sebentar di KFC pondok indah... disitu aku sempet ketemu seseorang tapi ga bisa negor soalnya lagi gantiin pampersnya tania... selesai makan akhirnya di putuskan langsung pulang ajah..soalnya udh kemaleman...untungnya jalanan ga terlalu macet jadi jam 8an kita udah sampe di rumah depok..home sweet home..dan malam itu sepanjang jalan tania emang bobo tapi begitu sampe rumah dia bangun dan langsung pecicilan trus baru abis baterenya jam setengah dua belas malem...capeeee dehhh...


lebaaayy...

Sore ini aku kok merasa ikutan bahagia ya klo sahabatku yang satu ini bahagia..
entah kenapa.. mungkin karena nasib kita hampir sama kali ya..udah gitu aku juga tau banget saat kesedihannya dia dulu.. saat rapuhnya dia sampe dia bisa bangkit seperti sekarang...ya walaupun dulu yang aku lakukan ngga seberapa tapi mudah-mudahan bisa membantunya..

pokoknya aku ikutan bahagia waktu dia bilang ada cowo yang mau ngelamar dia..dan ternyata cowo itu bisa terima dia apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihannya.. TOP dah..
trus ikutan bahagia lagi waktu dia bilang dia mau nikah tahun ini..semoga semuanya di mudahkan ya mba...

trus tadi barusan dia chat ma aku ngabarin bahwa tunangannya lagi di rawat, trus dia cerita ttg kekuatan yang dia dapetin disaat dia juga lagi tepar karena ngga enak badan tapi ternyata dia masih bisa ngejagain dan nemenin tunagannya itu.. kekuatan cinta tuh kayanya...
trus dia bilang klo dia cinta bener sama tunangannya ini.. busseeettt kok denger itu gw ikutan bahagia ya????anehhh...
lebay deh ih gw.. tapi emang beneran.. ikutan bahagia gituh dengernya...
ya semoga kebahagiaan yang dia peroleh saat ini akan kekal coz aku rasa udah saat nya dia bahagia.. Amieeennn

Ulang bulan yang ke 11

addduhhh udah telat nih mau posting tentang ulang bulannya tania.. maap banget coz emang kemarin pas tanggal 30 berbenturan sama acara pernikahannya abangku ( pakdenya tania)

30 mei 2009 ini , anakku udah 11 bulan..yipiiiee makin deket sama tiup lilin nih..bener-bener waktu rasanya cepet bener..

diusia yg memasuki 11 bulan ini tania semakin menjadi deh pokoknya.. yuks di update..

  • Udah bisa turun dari tempat tidur sendiri dan dengan sempurna.. jadi ga perlu khawatir banget sekarang..
  • merangkak dan rembetannya sih makin jago tapi sayang masih belum berani berdiri sendiri walaupun klo nyender kadang bisa berdiri sendiri..gpp ya nak kita belajar lagi..
  • udh makin bisa menunjukkan apa yang dimau.. bisa marah dan geleng-geleng kepala klo dia ngga mau or ngga suka..
  • untuk gigi belum nambah lagi.. tapi aku curiga akan nambah lagi coz dari kemarin tania bibirnya manyun mlulu trs gigit - gigit telunjuknya kya ada rasa gatel di gusinya..alhasil sekitar mulutnya selalu basah..
  • untuk urusan ngoceh..dia udh mulai jadi copy cat....udah bisa ngomong macem-macem yang kadang kita ajarin or bisikin..diantaranya : Yes jadi " ye..ye.." , nining (namanya eyang uti) jadi " ni..ni.." , Akung (eyang kung) jadi "akeng..akeng..", blue jadi "buuu..bwuu..". Kosakata baru dan paling faseh di sebutin adalah : kakak, papa ( hampir setiap orang dipanggil papa), dede, maem ( klo liat orang mkn)....trus klo kita ngomong " satu..dua.. tiii..." pasti langsung di jawab "gaaaa..." atau " ciluukk..." "baaaa..." emang sih kadang masih suka ketuker tapi gpp yang penting udah makin pinter ya nak.. Pokoknya anakku ini bawel deh.. kyanya lebih duluan ngomong nih dari pada jalannya.
  • Udah makin interaktif.. klo kita ngomong "tania mana ya.." langsung nepuk-nepuk dadanya trus klo disuruh nunjuk kepalanya mana juga udh jago.
  • tania juga makin lengket sama mamanya.. tau nih akhir-akhir ini dia pasti nangis klo tau mamanya pergi dari hadapannya.. apalagi klo mau berangkat kerja..huuuu.. bikin mama nya sedih deh sekarang...
  • tania juga udah bisa disuruh niup looohhh... aku sih yang ngajarin dia untuk niup kan biar bisa tiup lilin.. tapi sayangnya pas di sodorin lilin beneran dia malah takut..mudah-mudahan ntar pas tiup lilin beneran udah berani ya sayang..
  • tania udah bisa bedain yang mana sayang yaitu berarti dengan mencium trus bilang mmmuuuuaaahhh..trus klo gendong itu artinya memeluk dengan erat..biasanya aku ajarin klo dia lagi main sama bonekanya..
  • Untuk urusan makan.. memasuki buln ke 11 ini tania terkadang di kasih nasi lembek plus kuah sama eyangnya..trus klo aku makan juga kadang aku suka cuilin makanannya buat dia.. tapi ga semua makanan ya.. tapi yang kira-kira bisa dan pas dia makan.. abis tania klo lihat orang makan mukanya mupeng gituh.. kya kemarin waktu lihat ayahnya makan indomie goreng dia mupeng plus nafsu mau minta tapi ngga dikasih sama ayahnya karena itu ngga bagus buat tania.
  • Untuk urusan minum susunya wuuiihh udh makin berasa ngeluarin budget buat beli sufornya. emang sih sekali minum berkisar 125- 150 cc tapi sehari bisa ngabisin sekitar 5-6 botol bahkan lebih..wuaaahhh berasa banget pengeluaran buat susunya sebulan belakangan ini.. beda banget waktu masih dicampur ASi apalagi waktu masih ASI eksklusif.. ya walaupun sekarang masih nenen juga tapi itu paling cuma 20% perbandingannya...
  • Terakhir BB nya tania waktu tgl 27 mei 10.7 kg..buseett naik 500 gram dari waktu imunisasi kemarin..ya mudah-mudahan kmu doyan makan mlulu ya nak..

Sehat terus ya buah hatiku biar kmu bisa tumbuh kembang dan semakin pintar.. ayah dan mama selalu di dekatmu dan mengiringi mu dengan doa, cinta dan kasih sayang.. Amieeenn..


ps: barusan aku dapet kabar dari tante tita klo tania mecahin pajangan keramiknya eyang..huuuuaaaa...