tania 6 bulan


udah tanggal 30 lagi nih..itu artinya tania ulang bulan lagi..
cihuyyy... ulang bulan kali ini sangat spesial coz ini ulang bulan ke enamnya tania.. yang berarti tandanya tania udah hampir lulus S1 ASI..kenapa hampir?? aku ngga berani bilang tania lulus ASIX karena pas tanggal 25 kemarin tania udah nyolong start buat nyoba MPASI pertamanya...
aku memang sengaja memajukan MPASI nya karena aku pengen lihat tania pertama kali makan udah gitu kemarin pas liburan itu aku sakit demam, batuk n pilek jadi nya aku makin setuju MPASI nya di percepat daripada tania kekurangan asupannya, habis ASI ku menurun drastis produksinya karena sakit..

Alhamdulillah MPASI pertama nya tania berjalan lancar.. MPASI ini di mulai dengan maem pisang yang di suapin sama eyang uti nya coz mamanya lagi tepar..ya meskipun tepar mode on mama tetap mendampingi eyang waktu nyuapin tania.. upsss ternyata anak mama ini doyan banget sama pisang karena besoknya ketika di ganti dengan pepaya mukanya tania langsung aneh reaksinya dan dia malah GTM karena ngga suka pepaya.. wah kacau nih.. padahal pepaya kan bagus buat pencernaan.. trs tania juga suka jeruk dicampur sama biskuit farley..
aku memang sengaja ngga ngikutin aturan satu macem makanan dicoba 3 hari..abis kan kasian klo menunya itu-itu ajah lagian selama ini tania jarang alergi kok.. ya mudah-mudahan ga terjadi apa-apa sama tania ku..

udah bisa apa aja tania di umur 6 bulan???buanyaaaaakkk banget perubahannya..pokoknya semuanya makin bikin seru dan bikin ortu nya pengen buru- buru pulang kantor trus main sama dia..
  • tania udah bener-bener bisa bersosialisasi sama lingkungannya bahkan udaaah mulai milih-milih ketika mau di gendong.. maunya cuma sama ortunya or eyangnya or mbah nya..klo sama yang lainnya tergantung mood
  • tania udah makin ramah dan gampang ngeluarin senyumnya klo di tegor or di ajak becanda..pokoknya babbling nya udah jago banget deh
  • Alhamdulillah udah bisa balik badan sendiri alhasil sekarang udah makin sering guling-gulingan..mama harus ekstra hati-hati nih takut dia jatuh dari tempat tidur..mudah-mudahan jangan deh...
  • udah mulai angkat badan tinggi-tinggi alias posisi push up.. ini nih yang paling bikin ayahnya seneng...ga tau juga kenapa ayahnya seneng liat tania lagi push up..
  • udah makin pinter ngocehnya.. apalagi manggil mama nya.. udah makin jelas "mmmmaaamaaaa....mmmmbbbaaaahhh.....mmbbbaaapaaaakk....." itu tiga kata yang paling sering tania ucapin..
  • udah jago ngambeknya.. klo lagi megang mainan di ambil pasti langsung nangis..
  • udah sering berebutan sama mama nya.. kya kemarin waktu di kipasin pake katalog carrefour, tania mau ambil katalognya trus mau di gigit gituh akhirnya tarik-tarikan deh sama mama truuuss tanianya teriak-teriak gituh..tapi tetep menangan mamanya..hehehehe..
  • udah mulai pinter mamam nya...khususnya klo mam pisang cepet banget deh...mudah-mudahan makin gampang ya makannya..
pokoknya tania makin pinter,lincah, ngegemesin deh..semoga sehat terus ya nak...
selamat ulang bulan...

Musim sakit ya..

akhirnya besok libur panjang...seharusnya seneng mau libur panjang tapi sayang banget ternyata rencananya gagal deh.. gimana ngga gagal??satu rumah tepar semua...hiks..hikss..
berawal dari aku yang kena batuk duluan tapi asli deh ngga nularin ke yang lainnya kok..cuma agak lama baru deh si dede ketularan juga..tapi dikit sih.. yang paling sukses tuh si om danu yang flu berat..baru sehari dia flu besokkannya langsung nular ke Mas ku abis itu hari ini nular ke aku..seeeeeebbbeeeelll... cuaca nih yang bikin virus flu makin merajalela di indonesia coz bukan kita ajah yang sakit tapi pas lihat YM banyak juga status temen ku yang lagi kena flu.
sekarang sih aku berharap flu ini ngga menular ke tania..kasian dia baru sembuh dari demamnya.

ngomong-ngomong soal tania, ga kerasa sebentar lagi dia mau 6 bulan.. mau coba MPASI..mudah-mudahan dia doyan makan kya emaknya..hehehhehehe...
hari minggu kemarin, pas merah ASI sesi pagi aku cuma dapet sekitar 50ml..dikit banget deh di banding biasanya yang dapet sekitar 100-140ml. akhirnya timbul deh ide-ide yang aneh.. aku pengen coba kasih ke tania pake sendok aaahh.. sekalian ngelatih dia agar tahu fungsinya sendok..aku kan juga takut klo dia sedikit trauma sama sendok kecil gara-gara minum obat kemarin..

pas lagi mau pindahin ASI tania ke botol bersendok, tiba-tiba aku inget kemarin sempet beli Biskuit Farley buat persediaan tania nanti.. langsung deh aku ambil farleynya setengah keping trus di campur ke dalam ASIP itu.. jadinya encer banget bener-bener masih seperti ASIP teksturnya coz kebanyakan ASIP nya di banding Farleynya.. cuma yang bikin beda itu rasa ASIP nya jadi lebih manis gituh...

Selesai nyiapin ASIP + farley nya, aku langsung gendong tania trus dudukin di bouncernya..pas di mulai suapan pertamanya.. ternyata apa yang terjadi?? hehehehe.. taniaku memang lucu.. ASIP dalem sendok itupun di tiup-tiup sembari nyembur gituh...ternyata anak mama ini belum tahu ya klo dia harus nyeruput isi sendoknya bukan di sembur.. oke deh gpp nak, nanti kita latihan lagi yak...
aku pantang menyerah aku terus suapin ASIP itu..lama kelamaan tania mulai mau memasukkan isi sendok nya ke mulutnya trus dia mulai ngerasain rasanya dan ternyata mukanya berubah tapi sepertinya dia doyan..
intinya latihan kali ini gagal.. mudah-mudahan untuk nanti yang bener-bener MPASI pertama nya bisa sukses ya..

13 Hari menjelang...

Abis baca email sharing ibu-ibu menyusui di milis AFB bener - bener bisa menambah semangat buat tetap perjuangin ASIX buat anakku..
ternyata untuk ngasih ASI X buat para working mom itu berat bener perjuangannya..tapi tidak menutup kemungkinan buat yang FTM juga mengalami perjuangan yang keras juga ngasih ASIX buat anaknya..banyak cara digunakan dan disiasati agar tetep bisa kasih ASI ke anak mereka.. walaupun pastinya cara tersebut tidak mudah tapi para ibu-ibu itu tidak pernah menyerah..salut banget buat para mom yang masih berjuang.. tetap semangat ya...termasuk diriku sendiri yang masih berjuang...

ASI itu bener-bener berharga dan merupakan Hak setiap anak, sedih sih kadang denger ibu - ibu yang masih suka mengambil jalan mudah dengan kasih sufor ke anaknya sewaktu ditinggal kerja padahal ASI mereka itu berlimpah..bahkan mereka lebih memilih ASI terbuang percuma pada breastpad dari pada memerah nya untuk diberikan ke anak mereka... hiks..hiks.. mereka tidak tahu ya betapa berharganya setetes ASI itu untuk ibu yg berjuang kasih ASIX
hari senin kemarin aku baru merasakan lagi sedihnya gara gara ASI ku sebotol kebuang percuma..padahal waktu untuk memerah sebotol itu perjuangan banget..pokoknya rasanya kya kehilangan sesuatu yang berharga banget deh.. bagaikan kehilangan permata itu istilah yang dipakai seorang ibu dalam tulisannya disalah blog..

sebenernya perjuangan aku kasih ASI buat tania masih panjang coz niatnya mau sampai 2 tahun.. tapi untuk yang 6 bulan ASIX tinggal sedikit lagi.. ngga kerasa 13 hari lagi Tania bisa jadi sarjana ASI..gimana perasaan ku saat ini?? antara sedih, seneng plus deg degan..
sedih?? iya sedih karena bentar lagi aku di selingkuhin sama bubur susu..
seneng?? ya iyalah pastinya seneng banget akhirnya cita-cita untuk ASIX sebentar lagi hampir tercapai.. susah banget deh perjuangannya..
deg degan?? iya deg degan pastinya coz produksi ASI ku sedikit menurun padahal tania perlu mimi ASIP yang lumayan banyak...
tadinya aku hampir menyerah, tapi setelah ikutan milis aku jadi bangkit lagi semangatnya dan mencari cara untuk menyiasati agar tania ku tidak kekurangan mimi.. apapun aku lakukan untuk itu meskipun harus lebih cape pastinya..
Alhamdulillah Allah maha baik, disaat produksi ASI ku menurun.. aku terpaksa harus bolos kerja 2 hari karena tania demam.. bukannya aku seneng tania demam.. tapi disaat itu aku bisa memberikan ASI full untuk dia pada saat dia membutuhkan cairan emas itu... dan sebentar lagi ada cuti bersama menjelang natal..senangnya hatiku... cuti panjang tersebut akan melengkapi kesuksesan aku memberikan ASIX 6 bulan buat tania..rencananya di libur panjang itu aku mau nyolong start buat MPASI coz klo bener bner nunggu 6 bulannya itu tanggal 30 des di tanggal itu aku masuk kerja.. aku kan mau lihat reaksi anakku makan untuk pertama kalinya..pasti lucu banget.. untuk persiapan menjelang MPASI, alhamdulillah aku sudha dapet banyak artikel n resep dari milis, trus aku juga udh dapet tepung GASOL untuk bubur susunya.. yang belum adalah beli pancinya.. klo peralatan makannya sudah ada.. so semuanya doain yach biar tania ku bisa jadi sarjana ASI.. dan selamat datang MPASI...

Sakit pertama dan imunisasi DPT 3

Alhamdulillah semua sudah terlewati dengan baik.. minggu ini tania bikin mama nya deg - deg an..
Awalnya Hari minggu kemarin jadwalnya tania untuk imunisasi DPT 3 dan Polio, biasanya aku imunisasi tania di bidan deket rumah mama yang notabene temen baiknya mama tapiii karena minggu ini eyang nya tania nginep dan rencana mau lebaranan haji di rumahku...jadi nya aku memutuskan untuk imunisasi tania di bidan deket rumah.. tadinya aku sempet ragu tapi mama meyakinkan aku klo imunisasi di mana ajah sama.. so jadilah kita imunisasi di situ..Alhamdulillah tania tidak panas setelah di imunisasi dan BB tania masih naik jadi 8,2 Kg..walaupun aku sempat meragukan..ternyata semuanya berjalan dengan lancar dan seperti biasanya...Jadi tania tinggal imunisasi HIB n Campak deh..legaaaaa...

selang 2 hari setelah imunisasi, tepat nya rabu malam pas aku pulang ngantor.. aku lihat tania tidak seperti biasanya, pandangan matanya agak loyo gituh..ya meskipun ketika lihat aku dia seperti biasa langsung ngerengek minta gendong sambil ngomong.. "Mmmmmaaaa..maaa"
ternyata saat itu tania lagi ngga enak badan .. sedih deh ini pertama kalinya tania ku sakit yang lumayan serius.. badannya tania demam dan pas aku ukur suhu tubuhnya diatas 37 dc.. ammmpuuunnn.. kenapa nih?? panik pastinya..tapi aku berusaha tenang.. semalaman itu aku peluk tania dan terus menerus memberinya ASI coz yang aku tau ASI dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

paginya tania masih belum stabil suhu tubuhnya meskipun dia sudah mulai aktif..tapi suhu tubuhnya makin naik.. panik nya aku sampai akhirnya aku memutuskan untuk memberikan tempra.. pas aku coba kasih obat ini ke tania reaksinya adalah langsung muntah dan semua ASI yang sebelumnya dia minum keluar semua..hikss..hiks... 
ternyata pas aku coba lagi untuk kasih obat ke taniaku reaksinya masih sama lagi sampai 3 kali semuany di muntahin..hiks..hiks.. sedihnya.. aku yakin pasti BB nya turun lagi deh..dan yang bikin aku tambah sedih suhu badannya yang semakin meninggi sampai 38,7...panik mode on deh.. sampai nelp mama karena ngga tau lagi harus gimana..

sorenya eyang nya datang.. trus sama eyangnya tania di paksa minum obat lagi.. alhamdulillah yang kali ini berhasil walaupun udahannya tania ngoceh sambil marah - marah gituh...hihihihi..
klo kata mama ku ini sih sifatnya nurunin dari aku yaitu paling susah klo di suruh minum obat dan selalu ngomel-ngomel klo abis minum obat.. untungnya aku itu paling jarang banget dari yang namanya sakit...tapi sekali nya sakit kata mama ampun - ampun deh nyusahinnya..

tadinya kupikir tania akan mendingan setelah mimi obat tapi ternyata esok harinya tania masih belum stabil suhu tubuhnya alias naik turun.. klo abis minum obat turun tapi ngga seberapa lama panasnya akan naik lagi sampai akhirna pas jumat siang suhu tubuhnya naik sampai 39,5.. wah.. langsung deh aku n mama memutuskan untuk buru-buru ke dokter coz takut tania kejang.. siang itu juga kita pergi ke RSIA Hermina depok.. setelah di periksa oleh DSA katanya tania itu sedikit radang tenggorokkan ( kok bisa ya?? padahal tania kan belum makan macem - macem baru ASI ajah..klo kata DSAnya sih ini tertular dari virus gituh..)trus tania di kasih resep antibiotik.. kata DSAnya klo sampai minggu panasnya ngga turun juga tania akan di periksa darah takutnya kena DBD...hiks.. mudah-mudahan jangan sampe deh.. ngga tega aku klo liat bidadari kecilku harus di infus dsb..

Alhamdulillah setelah di minumin obat sekali dari DSAnya, taniaku langsung turun suhu tubuhnya jadi 36,7... fiiiuuhhh leganya diriku.. ternyata dokternya bagus juga..padahal sejujurya aku tidak suka dengan pelayanan DSAnya abis DSAnya kurang informatif ngga seperti DSA nya tania klo di RSIA Tambak..tapi ya sudahlah yang penting anakku sudah sembuh... 
besoknya tania sudah aktif seeprti biasanya dan suhu tubuhnya sudah bener-bener normal yaitu antara 35-36.. sekarang tinggal menghabiskan antibiotiknya ajah..tugas yang berat nih coz tania udah ngerti banget klo mau di kasih obat pasti mulutnya langsung di tutup rapet-rapet kya foto diatas itu.. abis itu pastinya langsung ngomel-ngomel.. lucunyaaaa....
cepet sembuh ya sayang... trus makin pinter lagi... 

Tania 5 bulan

cihuyyy... ga kerasa udah tanggal 30 lagi itu artinya anak mama yang cantik ulang bulan lagi...
senangnya..

berhubung di kantor baru ini aku ngga bisa internetan se enak pantatku..hehehe maklum anak baru.. jadi agak telat deh posting tentang ulang bulannya tania ku...

diusianya yang 5 bulan ini anak mama udah makin lincah,pintar , aktif dan pasti nya makin ngegemesin.. pokoknya makin bikin mama n ayahnya pengen cepet-cepet pulang kantor deh..

  • tania semakin menjadi ngocehnya.. ampun deh sekarang kerjaannya ngoceh mlulu.. trus klo udah kelamaan dia malah teriak - teriak gituh...kadang teriakannya nyeremin deh..coz mulut nya sampe kebuka lebar banget trus bisa sampe bikin dia sedikit ngotot dan hasilnya pasti jadi gumoh deh..
  • tania udah benar-benar mengenal lingkungan sekitarnya...rasa penasarannya juga makin tinggi banget.. klo ngeliat apapun pasti pengen di ambil trus di pegang trus pastinya langsung masuk mulut deh..
  • tania makin sering nge jambret kacamata dan narik-narik rambut orang - orang yang deketan sama dia..pokokna sekarang apa aja pasti disamber deh..
  • tania udah bisa mengungkapkan emosi dan perasaannya.. klo dia ga suka pasti akan ngamuk..apalagi klo mainannya di ambil pasti ngamuk deh..ngamuknya klo ngga teriak - teriak ya nangis kenceng gitu deh.. khususnya klo lagi deket-deket sma tante tika nya..pasti dia ngamuk deh.. tau tuh klo sama di tante itu dia pasti ngomel-ngomel..hehehehe
  • tania udah bisa di kudang ( ini istilah jawa) maksudnya udah bisa di ajak becanda gituh.. diajak ngobrol trus diajak main ciluk baaa.. pastinya tania udah bisa ketawa ngikik deh klo di kudang.. pokoknya sudah bisa ngerespon dengan baik
  • tania juga lagi belajar balik badan sendri dari posisi tengkurep..alhasil kerjaannya sekarang suka angkat pantat setinggi-tinggi nya tapi belom bisa balik sendiri juga.. gpp ya sayang belajar terus ya.. nanti juga pasti bisa...
  • tania Alhamdulillah miminya masih ASI X dan insya Allah akan mencoba MPASI..yg ini nih bikin mamanya jadi lebih sering browsing tentang MPASI dan cari-cari resep MPASI.. niatnya nanti klo long wiken mama mau belanja peralatan tempurnya..
  • tania jadwal bobonya udah bener-bener teratur..klo udah jam setengah sembilan pasti udah ngucek-ngucek matanya deh.. trus di kasih nenen sambil boboan pasti ngga lama dia langsung bobo.. Alhamdulillah anak mama ngga pernah bobo malem lagi..paling malam banget itu jam setengah sepuluh..klo telat gituh biasanya dia agak rewel.. oia jadwal pup nya juga udah mulai teratur yaitu pagi setelah bangun bobo.. biasanya bangun bobo anak mama ini ngasih senyuman paling manis trus langsung deh kira-kira 5 menit mulai kentut - kentut trus pastinya langsung pup.. eniwei anak mama ini klo bangun tidur di pagi hari matanya mendadak jadi bengkak dan makin sipit deh..lucu banget mukanya..
sehat terus ya sayang..semoga kamu makin pinter dan jadi anak yang sholeha.. met ulang bulan belahan jiwa mama...