Tania 3 Bulan

Hari ini tepat banget ulang bulannya si dede tania...ngga kerasa udah 3 bulan pas umur anak mama yang manis ini..aku seneng bisa merawat sendiri dan memperhatikan perkembangan dede selama 3 bulan ini, sedihnya adalah umur dede udah 3 bulan berarti udah waktunya aku harus kembali bekerja..hiks..hiks.. udah ngga bisa full ngabisin waktu sama anakku yang lucu..

diusia 3 bulan ini dede tania kemarin baru ajah imunisasi DPT 2, Hepatitis 3 dan polio 3.
BB nya udah 6800 Gr ( naik 800gram..alhamdulillah.. Asi ku masih mencukupi kebutuhannya)
TB 63 cm ( ngga nambah dari bulan kemarin)

untuk perkembangannya di usia 3 bulan ini :
  • ngoceh nya makin menjadi.. kadang suka teriak -teriak ngga jelas gituh..dan makin jelas ngomong " eenngggaaaaaakkkk'
  • aku udah bisa ngenalin nangisnya.. karena akhir-akhir ini dia sering nangis manja gituh..minta di gendong dan minta ditemenin.. ( kadang aku sedih deh.. karena aku harus kembali kerja sedangkan dede lagi manjan-manja nya)
  • udah sering ketawa ngikik klo becanda sama ayahnya..
  • udah sering miring-miring trus tengkurep.. tapi sayangnya anakku belum bisa angkat kepala..
  • udah makin jago ambil barang yang ada disekitarnya, trus suka narik-narik baju, rambut pokoknya sedapatnya lah.. klo aku perhatiin seh dia sudah bisa mengontrol gerakan tangannya..apalagi klo nenen, sekarang suka mijit-mijit daerah sekitar payudaraku.. udah kya anak kucing yang lagi nenen sama induknya.
  • Akhir-akhir ini sering ngajakin begadang lagi.. pola tidurnya mulai berubah lagi neh.. yang ada aku dan suami kecapean karena begadang terus.
sejauh ini semua perkembangannya sangat sangat aku nikmati.. aku semakin bahagia melihat anakku yang semakin lucu dan makin gemesin ajah..oia ini foto terbaru dede tania pake jilbab pemberian mbah nya... lucu kan kya boneka susan...hehehehhe..

but eniwey.. kemarin hari sabtu waktu mau imunisasi ke bidan yang notabene temennya mama.. aku, dede dan ayah nya pergi kerumah mama naik bus patas AC.. ini pertama kalinya dede tania naik bus.. untungnya anakku ini pinter deh.. sepanjang perjalanan dia terlelap dan tidak rewel sedikit pun sampai tiba di rumah mama.. yang aku bingung anakku kok klo abis di imunisasi DPT tidak pernah panas badannya.. padahal imunisasi DPT nya yang murah loh.. aku kadang jadi bingung.. ini normal ga yach?? tapi alhamdulillah sampai saat ini dede masih sehat -sehat ajah.. ya mudah-mudahan sehat seterusnya..

“Ya Allah, lindungilah anakku dari segala macam marabahaya dan jauhkanlah Ia dari penyakit. Berilah Anakku pertumbuhan dan perkembangan yang normal. serta jadikanlah anakku menjadi anak yang shaleha dan berbakti kepada orang tuanya”.
Amieeeennnn

Tania dan Jari nya..


Wiken kali ini

Hari jumat kemarin rasanya indaaaahhh banget..
dari pagi aku emang punya semangat yang tinggi ga tau kenapa..eh pas siangnya Masku telp katanya dia dapet insentif.. Alhamdulillaaaahhh.. makin tambah semangat deh...trus pas sorenya nyokap ma adik ku datang ke rumah..hehehe.. senang lagi neh berarti datang bala bantuan buat jagain dede tania..

Pas udah selesai buka puasa, masku ngajak ke toko buku mau cari kartu lebaran. tadinya mau ke gramedia depok tapi aku rekomen ke gunung agung yang di margo ajah sekalian jalan-jalan gituh..udah lama ngga keluar rumah mumpung ada eyang nya yang jagain jadi kita jalan-jalan berdua ajah yukssss...

abis beli kartu lebaran, rencanannya mau ke giant ada yang mau aku beli tapiii kok di lobby tengahnya margo ada yang lagi nyanyi.. eh ngga tau nya ada SO7 lagi live performance disitu.. langsung deh kita berdua nonton.. kereeeennn.. mana yang di bawain lagu-lagu lama lagi.. enak banget deh.. aku sama masku udh ngga inget anak deh.. ke asikkan nonton tau-tau pas liat jam udah jam 21.30..upppsss harus pulang neh...
senennng banget hari itu... coz dari dulu waktu masih pacaran aku sama masku pernah punya keinginan pengen nonton live gitu.. tapi ga jadi-jadi terus baru kemarin deh terlaksana.. live nya SO7 lagiii trus yang nonton juga ga terlalu banyak jadi nyaman bener deh nontonnya...bisa nyanyi kenceng-kenceng.. hihihiih

hari sabtu kemarin aku ada acara buber di PIM sama temen segank ku.. ini pertama kalinya dede tania jalan-jalan di Mall yang agak jauh udah gitu bawa stroller..ihhh si dede seneng banget loh jalan-jalan naik strollernya.. senyum-senyum gituh..emang seh akhir-akhir ini dia lagi seneng naik strollernya..gara-garanya aku biasain naik stroller trus aku dorong maju mundur gituh..jadi ga harus di gendong terus.. saking enaknya dia sampe udah 3 hari belakangan ini maunya bobo malam di stroller..klo di pindahin ke kasur pasti nangis.. ada ada ajah deh...tapi gpp aku jadi ngga terlalu cape harus gendong si dede klo lagi rewel mau bobo..

Hari minggunya aku ga kemana-mana yang ada kerja bakti bersihin rumah..untung si dede seharian bobo ajah jadi semuanya bisa rapih tanpa gangguan...pas sore baru dede tania bangun..tapi semuanya udah beres...
ya segitu dulu cerita wikennya..

Moment terindah

Aduh ternyata punya anak tuh bener cuapeknya minta ampun.. tapi emang she bener kata orang meskipun cape ketika kita melihat senyum anak kita semua capenya bisa hilang..aku setuju banget dengan pendapat itu..

Kali ini aku mau menceritakan tentang bagaimana proses persalinanku.. mumpung ada waktunya coz ada eyang uti yang lagi momong si dede Tania.

Begini neh ceritanya…
Di suatu pagi di hari Senin, 30 Juni 2008, pas mau sholat subuh aku melihat ada sedikit flek darah langsung panic pastinya tapiiii aku inget klo mau ngelahirin jangan panic pokoknya semuanya di bawa santai ajah biar ga berasa sakitnya. Aku lapor ma suami tercinta klo ada flek darah eh malah dia yang panic.. dia langsung mau bolos kerja takut eaku ngelahirin hari itu, “eits.. ga usah panik donk sayang..kamu mah kerja ajah, biar aku yang ga usah kerja hari ini.. nanti klo kenapa2 aku langsung telp kamu..” kataku
Setelah berdebat panjang lebar akhirnya suamiku setuju..trus dia masuk kerja deh..

Jam 1 siang
Aduuuhh kok flek nya masih ada sih.. trus pas lagi asik nge net kadang perutku terasa sakit dikit.. langsung telp suami ngajakin cek ke dokter nanti sore..

Jam 17.30 Sore
Pas suami pulang langsung otw ke RSIA TAMBAK.dan masih naik motor...pas sampai di tambak ternyata Dr. Irvan hari ini ngga ada praktek sore..gubrrraakkk gimana donk?? Akhirnya pindah dokter ke Dr. Onny.

Jam 18.30 Sore
Masuk ke ruang periksa dokternya.. ngomong keluhan yang di derita trus langsung di USG.. semuanya masih normal Cuma perut pas di periksa ada kontraksi sedikit..trus di periksa dalem deh..
Busssyyyeeett pas di periksa dalem..rasanya lumayan sakitt….tapi di tahan deh abis malu klo teriak..
Dokter rekomendasi aku utk di CTG.. buat tau kondisi detak jantung si dede dan kontraksi nya seberapa sering..

Jam 19.00
Masuk ruang bersalin buat di CTG..selama 20 menit..
Ayah : “ Klo harus di operasi malam ini gimana ?kamu siap kan?
Mama: “ emang ga bias ditunda sampe tanggal yang di tentukan yak? Belum siap mental neh…
Ayah : “ ya aku mana tau bias apa ngga..tapi klo baiknya sekarang gimana?
Mama : “ yak lo gitu mah siap ga siap kaleee… demi si dede aku harus siap.. aku pasrah ajah deh..”
Ayah : “ nah gitu dwonk…baru ibu yang baik ..”
Mama : “ hhhmm.. tapi klo udah selesai melahirkan beliin aku pizza yak..” (hehehhe.. masih aja mikirin makanan..)
Ayah :” ok boss..” (sambil ketawa trus geleng-geleng kepala)

Jam 19.30
Suster : “bu, saya mau konsultasi hasilnya ke Dr. Irvan via telp yach..”
Mama : “ iya sus.. “

Sekitar 15 menit berlalu

Suster :”bu, Dr. irvan bilang lebih baik di operasi jam 9 malam ini.. coz kondisi si dede udah siap dan bagus buat di keluarin.. gimana ibu mau??”
Mama:” hhhmmmm….” ( mikir sambil nbgelirik ke ayah)
Ayah :” gmn ndut??siap kan??
Mama :” iya deh…”( sambil tersenyum takut..)
“ trus dokternya gimana ?”
Suster :” saya akan telp Dr. Irvan .. rumahnya deket dari sini kok bu.. buat bapak silahkan urus administrasinya”

Jam 20.00
Suster datang bawa perlengkapan infus buat aku..aku mulai cerewet nanya-nanya ma susternya klo di infus sakit ga sih …maklum baru pertama masuk RS.. ternyata rasanya di infus Cuma gitu doank tohhh.. cieee sombong banget deh…
Ngga lama susternya masuk lagi kali ini bawa suntikkan buat ngetes apakah aku alergi obat atau tidak.
Suster :” bu, kali ini suntikkannya sakit bgt loh…klo mau teriak boleh kok…
Mama :” mudah-mudahan ga teriak ya sus..”
Pas di suntik, bussyyeett rasanya panas banget…

Jam 20.15
Suami masuk keruangan bersalin trus bilang ke aku klo keluarga udah di kasih tahu aku mau operasi malam ini.. mama panik banget katanya..

Jam 21.00
Di jemput suster untuk masuk ke ruang operasi..pisah deh ma suamiku..hik..hiks…
"Selamat berjuang ya sayang ku.." kata suamiku di depan pintu ruang operasi

Jam 21.05
Waktu diruang operasi, semua dokter udah berkumpul ada 2 dokter kandungan trus 1 dokter anastesi dan 1 dokter anak..
Pertama aku di suntik untuk bius local..trus di ruangan nya di dengarkan lagu Afgan, klo kata dokter anastesinya biar pada rileks.. trus aku diajak ngobrol oleh dokter anastesi sampai akhirnya tepat pukul 21.25 terdengar tangis putri kecilku..
Setelah di bersihkan sebentar putriku langsung di taruh diatas dada ku buat melakukan IMD tapi apa yang terjadi sodara-sodara.. ternyata nenen ku malah di buat bantalan sama sidede…gubraakkk…tapi alhamdulillah si dede sampai sekarang mimi dari nenen nya pinter kok…

Jam 00.00
Aku sadar dan sudah masuk ke ruang perawatan..trus lasung di kasih ucapan selamat ma semua yang dating…
Kata suamiku bayinya nangis terus ..dia minta persetujuan aku untuk ngasih sufor ke dede untuk sementara tapi aku tolak karena aku tahu bayi baru lahir akan bertahan selama 2 hari kok.. lagian aku yakin besok pagi pasti udah siap untuk nyusuin..dan alhamdulillah lagi pas jam 10 pagi aku udah bisa nyusuin.. trus tepat 24 jam setelah operasi aku sudah bisa berdiri dan mulai berjalan..
Kata orang sakit bgt klo abis operasi tapi kyanya aku ngga ngerasain tuh.. bukannya aku sombong tapi emang beneran rasanya tidak sesakit yang aku bayangin..makanya ibu-ibu yang lainnya klo mau melahirkan jangan takut yach.. coz sakit yang di alami oleh setiap ibu itu beda-beda.. pasrahkan ajah semuanya sama Allah SWT..

Tapi satu hal yang sama dia alami setiap ibu ketika melihat bayinya .. semua rasa yang ada di hati tidak dapat di ungkapkan deh .. bahagia, terharu dan takjub banget coz rasanya sempurna banget kita menjadi seorang wanita ketika udah ada bayi yang lahir dari rahim kita… subhanallahhh…

Indahnya menjadi ibu

Ngga kerasa neh bentar lagi cuti ku habis, kemarin udah di telp sama orang hrd katanya aku kembali masuk kantor tanggal 6 Oktober ini... Akhirnya si dede akan mulai minum ASIP meskipun sebelumnya si dede sudah aku latih minum ASIP dari umur 1 bulan. Alhamdulillah si dede sudah lancar minum ASIP pake botol dan hebatnya lagi anakku tidak mengalami bingung puting..dia santai ajah..mungkin yang penting bagi dia adalah bisa mimi susu...ga peduli pake dot or nenen..hehehe... aku melatih dede minum pake dot huki yg bukan regular alias yang gepeng..itu atas rekomen dari temanku.

Saat ini aku lagi rajin- rajinnya memerah susu buat stock nanti, duluuuuu aku memerah menggunakan pompa tapi sekarang setelah diajarin memerah pake tangan dan ternyata pake tangan itu lebih ekonomis so sekarang aku sudah mulai terbiasa pake tangan..sampe adeku bilang aku kya sapi ajah coz tiap dia lihat aku pasti lagi merah susu..ya mau gimana lagi demi anak gituh loh...

oia gara-gara lagi ngumpulin ASIP aku juga jadi pemulung neh ngumpulin tutup botol minuman green tea kecuali yang NU green tea trs aku juga ngumpulin botol UC1000 buat wadah nyimpen ASIP coz dari info yang aku dapet klo botol UC1000 + tutup botol plstik itu baik buat wadah ASIP.. alhamdulillah skrg udh ke kumpul 15 botol...kemarin aku sempet poto stock ASI ku..nih fotonya... ini poto stock ASI ku pas tanggal 4 September...udah lumayankan...insya Allah si dede ga kekurangan minum pas ditinggal kerja..


selain sibuk ngumpulin ASIP, sekarang ini aku juga udah beli tas buat bawa ASI nya nanti..udah hampir lengkap deh alat buat perangnya..hehehhe.. tapi sayang kmrn mau beli cooler bag yg merk medela ga ada..udh nyari kemana-mana semuanya kosong akhirnya beli yg merk lain deh..gpp toh di kntr ada kulkas jadi bisa titip sementara waktu...doain yach aku bisa kasih ASIX 6 bulan buat si dede... Amiennn

btw selama punya anak, aku sering sharing berbagai hal sama temen-temenku yang kebetulan juga para ibu baru.. wah..wah.. aku banyak banget dapet cerita yang macem-macem..dari mulai yang stress lah jadi new mom sampai yang anaknya diakasih makan yang macem - macem padahal umurnya sama kya si dede tania..
tetangga ku dirumah mampang anaknya udah dikasih maem pisang trus farleys juga padahal umurnya baru 2 bulanan..alhasil pencernaannya terganggu deh..ya iyalah.. gimana engga terganggu wong yang bagus dikonsumsi anak segitu itu ya cuma cairan sperti ASI or sufor..ya temen ku itu terlalu nurut dengan ortunya yang notabene cara merawat bayinya masih jadul banget trus dia juga ga bisa ngelawan or memberikan pengertian kepada ortunya.. untung mama ku bisa di ajak kerja sama walau awal-awalnya kita smepet berdebat masalah ASI eksklusif..

lanjut ke cerita yang kedua yaitu tentang temanku yang punya masalah menyusui.. ya kya aku juga dulu.. putting lecet pada awal-awal menyusui...

Temenku :" gileee... sakit banget nyusuin nya sampe-sampe mau nangis gw.. jadi ibu kok susah banget yak.. ngelahirin sakit.. nyusuin juga sakit..hiks..hiks.."
Aku : " wah.. gw juga dulu gituh.. sampe-sampe gw hampir nyerah..tapi nyokap bilang paling itu cuma 2 mingguan ntar juga biasa kok.. untungnya gw ngelahirin ga sakit..hehehehe"
Temenku : "rese lo.. trus gw harus gimana neh??? ada ide ga??"
Aku : " klo gw dulu kompres pake air hangat n kasih cream mommylen"
Temenku :" ok deh.. gw coba yak.."

Untungnya aku ngalamin masalah kya gitu ngga lama-lama..trus sekarang seh udah enjaoy ajah...malah moment nyusuin itu paling aku nikmatin..apalagi sekrang dede tania klo lagi nenen tangannya sudah rajin menjamah bajuku trs matanya juga mandangin aku.. so sweet deh ...

Kembali ke cerita pengalaman teman ku yang terakhir..masalahnya adalah anaknya ga mau minum dari dot..so sekarang temanku terpakasa berhenti kerja. kenapa bisa begitu?? itu karena dia tidak melatih anaknya untuk minum dari media lain selain dari nenen.. pernah dulu banget waktu baru lahir anaknya minum sufor tapi abis itu kembali lagi ke ASI... dari masalah temen ku itu aku baru sadar ternyata bener juga kata mama klo anak harus di biasain mimi dari media lain dan dede tania sudah lulus dari masalah itu.

dari hasil berbgai sharinng aku baru menyadari ternyata jadi new mom itu ga gampang loh.. bener-bener sempet bikin stress tapi sebanding kok sama nikmatnya.. pokoknya pengalaman jadi ibu bener-bener tidak ternilai harganya..ya klo kata semboyannya prenagen The joy Of Motherhood lah... so nikmatin ajah semua prosesnya..

My Birthday

Alhamdulillah... masih di kasih kesempatan tuk hidup di tahun ini..ga nyangka udah 26 tahun umurku sekarang..udah lewat deh tuh usia seperempat abad..

aku bersyukur diulang tahun kali ini dapet kado istimewa yaitu malaikat kecil yang sangat sangat lucu..trus dapet suami yang baik .. Moga aku terus diberi kesempatan untuk dapat terus menikmati kebersamaanku bersama keluarga kecil ini.. untuk mencintai dan dicintai.. dan moga aku juga bisa jadi good wife n good mother..amieeennnn

Ulang tahun kali ini juga agak spesial coz ultah pertama stlh berumah tangga..biasanya klo duluuuu waktu jamannya pacaran ngucapin nya pas jam 12 teng lewat telp tapi tadi malem Mas ku ngucapin dengan car a ngebangunin aku trs dia bawa tart kecil + lilin... so sweetttt... aku sempet kaget juga seh..hihihi ternyata dia bisa manis kasih kejutan buat aku... thanks ya mas... u'r d best deh...

buat semua sahabat,teman dan saudara yang sudah memberi ucapan dan mendoakan, makasih yach coz udah inget ma ultah ku.. buat yang ngga inget , gpp kok asal tahun depan harus inget..hehhehhee..

Tambah satu lagi..

Horee... bertambah satu lagi kemampuan baru si dede tania yaitu sudah mulai bisa menarik sesuatu entah itu bajunya dia sendiri atau baju orang - orang yang lagi berada dekat dengannya bahkan kemarin si dede juga udah bisa mengambil kaos kakinya yang aku taruh di sampingnya..seneng sihhh tapiiii aku sekarang sudah harus berhati-hati neh..udah ngga boleh naruh sesuatu sembarangan di dekat dia bisa-bisa nanti di samber sama dia kan bahaya tuh kalo misalnya yang aku taruh itu selembar tissue bisa-bisa langsung di samber dan langsung di masukkin ke mulutnya.. yang paling bikin aku seneng tuh sekarang klo lagi nenen si dede suka mainin baju aku..ihh seneng banget deh, pokoknya sekarang waktu menyusui adalah moment yang paling aku nikmatin..
oia kemarin aku sempet nyoba puasa dan dapat 5 hari tapip sayangnya produksi ASI ku menurun jadi aku putuskan minggu ini aku libur dulu puasanya sampe produksi ASI ku lancar lagi..

eniwei..ini foto si dede ketika asik bermain dengan menarik-narik bajunya

Come back to my home

Akhirnya setelah kurang lebih seminggu boyongan ke rumah mama, kita semua balik lagi ke istana tercinta alias rumah sendiri..
gara-gara suamiku positif kena thypus, aku memutuskan untuk semnetara tinggal dirumah mama abis klo dirumah sendiri aku kerepotan deh ngurusin bayi dua..masku sama manjanya sama si dede hehehe...
klo dirumah mama khan si dede tania ada yang jagain sedangkan klo dirumahku ngga ada lagi yang bisa jagain secara aku bener-bener ngurus semuanya sendiri alias tanpa pembantu.

selama dirumah mama semuanya agak ringan memang tapi tetep ajah.. home sweet home.. aku kangen juga ma rumahku sendiri walaupun kadang dirumah suka kesepian klo siang karena cuma berdua ma si dede..
Alhamdulillah semuanya sudah selesai, masku sudah sembuh dan waktu di rumah mama si dede juga sudah imunisasi dan aku juga sudah memasang alat kontrasepsi alias pasang KB jadi sekarang sudah aman...hheheheheh...

Ramadhan Tlah tiba

udah 2 hari neh memasukki bulan penuh berkah yaitu Ramadhan... aku kemarin masih rancu ttg puasa dan menyusui tapi sekarang aku udah makin tahu stlah tadi konsultasi sama bidan ternyata buat ibu menyusui yg udah lebih dari 40 hari puasa dan ibadah lainnya itu sudah wajib hukumnya..
alhasil besok aku niat ingin memulai puasa.. truss. kata bidannya klo emang pas tengah hari berasa ga kuat alias lemes baru boleh buka puasa.. tapi soal kelancaran ASI insya Allah klo kita yakin dan percaya pasti ASI nya cukup.. ASI kan dari Allah pastinya Allah juga udah memperhitungkannya..asal kita cukup makan makanan bergizi dan minum di waktu buka dan sahur ASI Insya Allah cukup deh buat dedenya... oia Aku juga akan minum suplemen untuk memperlancar ASI di waktu buka dan Sahur.. doain yach semoga puasanya lancarr dan dede nya ngga kekurangan minum...

Oia meskipun sudah telat aku dan keluarga mengucapkan

MET MENUNAIKAN IBADAH PUASA
&
MOHON MAAF LAHIR BATHIN
SEMOGA AMAL IBADAH KITA SEMUA DI TERIMA OLEH ALLAH SWT
Amieeennn...


Dede Tania 2 Bulan

horee... Tanggal 30 kemarin dede tania ulang bulan loh.. umur dede tania sekarang udah 2 bulan..
Sekarang si dede tania BB nya udah 6 Kg trs PB 63 cm trus di bulan ini si dede di imunisasi DPT 1 dan POLIO 2.. Mau tau si dede sekarang udah bisa apa ajah??... yuks mariii...
  • punya kebiasaan baru yaitu ngemutin jarinya.. hampir setiap bangun dari bobonya si dede ngga pernah nangis lagi tapi ngemut jarinya sampe pipinya basah kena ludahnya
  • setiap bangun tidur si dede udah hampir selalu tersyum manis...
  • Semakin manja tapi tetep lucu
  • ngocehnya udah makin pinter banget.. udah bisa ngucap " eeennnggggaaakkkk", "aaaaa aayyaaa", dan "eeeeyaaaaa"
  • minum susuna juga makin pinter dan makin sering melek daripada bobo..
  • udah bisa memperlihatkan emosinya.. klo marah or ga suka dia pasti nangis..
pokoknya makin tambah lucu deh... makin bikin orang-orang tambah sayang sama dia..
ini aku upload potonya dia pas umur 2 bulan dan poto2 pas umurnya kurang dari 2 bulan buat perbandingan...